Article

Homepage Article Kain Tekstil Kenali Ciri Khas, Kelebihan…

Kenali Ciri Khas, Kelebihan dan Kekurangan Kain Wolvis Serta Pemanfaatannya Pada Busana Muslim

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat busana muslimah yang syar’i namun tetap membuat anda merasa nyaman saat melakukan aktivitas?. Sebagai referensi mungkin anda bisa memilih bahan kain wolvis yang cukup tebal tetapi ringan, tidak transparan, bahannya cukup halus, bersifat tahan panas dan sangat mudah untuk disetrika.

Pengertian Kain Wolvis

Kain wolvis yang biasa disebut juga dengan kain Arab sebenarnya termasuk ke dalam jenis bahan kain berserat halus dan rapat yang telah lama populer terutama dalam pembuatan gamis atau baju muslimah. Bahan ini umumnya dibuat dari campuran serat alam maupun serat sintetis bahkan ada juga yang didapat dari campuran keduanya.

Kain Wolvis

Sumber : https://www.gobizkorea.com/

Ditinjau dari asal bahasanya nama wolvis sendiri sebenarnya berasal dari kata woolpeach. Namun karena tersublimasi dengan lidah Indonesia yang lebih suka menyebut sesuatu dengan cara mudah, lambat laun banyak orang yang jadi terbiasa menyebutkan kain woolpeach menjadi kain wolvis atau kain wolfis. 

Kain Wolvis

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Ciri Khas Kain Wolvis

Bagi anda yang belum begitu familiar dengan jenis-jenis kain dan masih suka kesulitan untuk menemukan kain wolvis ada baiknya bila anda mengenal lebih dulu ciri-ciri kain wolvis. Berikut beberapa ciri-ciri kain wolvis yang penting untuk anda ketahui.

1. Tidak Tahan Panas

Kain wolvis atau kain wolfis secara umum memiliki sifat yang tidak tahan panas. Jadi kalau anda memiliki pakaian berbahan wolvis hendaklah menyetrikanya dengan suhu yang tidak terlalu panas supaya kainnya tidak mudah rusak.

2. Mudah Ketika Disetrika

Sekalipun terkenal tidak tahan panas kain wolvis sebenarnya sangatlah mudah untuk diseteika. Karena itulah meskipun anda menyetrikanya dengan suhu yang tidak seberapa panas pakaian berbahan kain wolvis akan cepat rapi.

3. Tidak Mudah Kusut Serta Dingin

Tidak hanya mudah untuk dirapikan, kain wolvis ini juga memiliki ciri yang tidak merepot-kanyaitu tidak mudah kusut dan bisa memberikan sensasi dingin meski digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

4. Tidak Tembus Pandang

Kain wolvis atau kain wolfis ini bahannya dikenal tidak transparan sehingga akan tetap aman dan nyaman ketika digunakan untuk membuat busana muslim muslimah seperti halnya abaya, gamis dan baju koko.

5. Bobot Kainnya Sangat Ringan

Salah satu kelebihan yang juga menjadi ciri khas kain wolvis yaitu bahannya memiliki bobot yang sangat ringan. Dengan begitu jika anda mengenakan busana berbahan kain wolvis atau kain wolvis maka anda tidak perlu khawatir akan merasa keberatan.

6. Warnanya Terkesan Lebih Hidup

Kain wolvis terkenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang memiliki banyak sekali warna bahkan jika dibandingkan dengan jenis kain yang kain warna kain wolvis ini akan terkesan lebih hidup.

7. Tekstur Bahannya Cukup Halus

Bahan kain wolvis alias kain wolfis secara umum juga memiliki karakteristik bahan yang halus. Dengan adanya hal tersebut maka semua jenis pakaian yang dibuat dari bahan kain ini tidak akan menimbulkan rasa gatal.

Kelebihan Kain Wolvis 

Dari beberapa ciri khas kain wolvis yang telah disebutkan di atas terdapat beberapa poin juga men-jadi kelebihan tersendiri dari kain wolvis. Untuk mengetahui lebih lengkap lagi tentang kelebihan dari kain wolvis anda bisa menyimak pembahasan berikut.

1. Halus dan Lentur

Ciri khas pertama yang juga menjadi kelebihan kain wolvis atau bahan kain wolfis yaitu tekstur bahannya cukup halus dan juga lentur. Dengan sifat yang dimilikinya maka siapa saja yang mengenakan busana berbahan wolvis akan merasa nyaman.

2. Tidak Mudah Kusut

Kain wolvis terkenal tidak mudah kusut dan seantiasa tampak rapi. Karena memiliki bahan yang tidak mudah kusut kain wolvis akan semakin memudahkan penggunanya dalam mem-berikan perawatan.

3. Bahannya Tidak Transparan

Kelebihan kain wolvis atau bahan kain wolfis selanjutnya yaitu tidak transparan dan tidak menerawang. Dengan kelebihan yang dimilikinya bahan wolvis jelas menjadi pilihan yang cocok untuk busana muslim muslimah.

4. Punya Banyak Pilihan Warna

Kain wolvis hadir dalam beraneka ragam jenis warna yang berbeda, sehingga dapat dipilih secara bebas sesuai kebutuhan pemakainya.

5. Kainnya Terkesan Jatuh

Kain wolvis memiliki tampilan yang terkesan jatuh karena bahannya sendiri sangat ringan. Sekalipun efeknya tampak jatuh tapi bahan ini tidak sampai memperlihatkan bentuk tubuh manakala digunakan sebagai bahan busana muslim dan muslimah.

6. Harganya Cukup Terjangkau

Harga kain wolvis atau kain wolfis bisa dibilang cukup terjangkau, jadi anda bisa tetap mem-belinya tanpa perlu khawatir uang tabungan anda akan terkuras habis.

7. Mudah Untuk Didapatkan

Selain murah kain wolvis juga bisa dengan mudah ditemukan dan didapatkan di toko kain manapun. Tapi kalau anda ingin mendapatkan kain wolvis yang berkualitas pastikan untuk memilih toko kain yang benar-benar sudah terpercaya. 

Buat anda yang kebetulan sedang mencari bahan kain wolvis berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai macam busana muslim dan muslimah, anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain wolvis kami Di Sini.

Kekurangan Kain Wolvis

Dibalik sejumlah kelebihan dari kain wolvis yang sudah disebutkan di atas terdapat pula beberapa ciri khas dari kain wolvis yang juga menjadi kekurangannya. Berikut beberapa kekurangan dari kain wolfis anda bisa menyimak pembahasan berikut.

1. Warna Kain Wolvis

Dikenal sebagai bahan kain yang memiliki banyak pilihan warna, ternyata hal ini justru men-jadikannya sebagai kelemahan. Sebab meskipun nama serta warna kain tersebut sama tapi an-tara kain yang dijual saat ini dengan tiga bulan yang akan datang bisa saja berbeda.

2. Tingkat Ketebalan Kain

Kain wolvis atau bahan kain wolfis memang cenderung tebal, akan tetapi perlu diketahui juga jika bahan ini terdiri dari beragam tingkat ketebalan. Maka dari itu bila anda hendak membeli kain wolfis, selalu perhatikan dengan seksama ketebalan bahan kainnya.

3. Kualitas Kain Wolvis

Dari segi kualitas ada produsen yang memproduksi bahan wolvis dengan kualitas bagus dan ada juga yang memproduksi bahan wolvis dengan kualitas yang kurang bagus. Untuk menyi-kapi hal tersebut sebaiknya selalu periksa bahan wolvis dengan seksama sebelum membelinya.

4. Bahannya Tidak Elastis

Kain wolvis secara umum tidak memiliki sifat elastis seperti halnya bahan kain yang lainnya, karna tingkat keelastisan wolvis sangat terbatas.

Jenis Kain Wolvis

Seperti halnya kain katun, kain satin dan berbagai jenis bahan lain yang biasa dipakai untuk mem-buat pakaian, kain wolvis secara umum juga memiliki grade kualitas yang berbeda-beda. Secara garis besar kain wolvis premium dan kain wolvis yang murah perbedaannya sangatlah mencolok.

  1. Kain wolvis premium merupakan jenis kain wolvis yang memiliki karakteristik jatuh, halus serta tidak transparan.
  2. Sebaliknya bahan wolvis murah memiliki karakteristik jatuh halus namun seratnya cukup longgar dan transparan.

Perbedaannya kedua kain tersebut akan terlihat sangat nyata sekali manakala dibandingkan secara bersamaan. Maka dari itu jika anda ingin mendapatkan kain wolvis yang benar-benar berkualitas sebaiknya perhatikan dengan teliti keseluruhan detail kain wolvis mulai dari tekstur warna hingga tingkat jatuhnya kain.

Untuk memudahkan anda dalam membedakan kain kain wolvis premium dan kain wolvis standar anda bisa menyimak pembahasan berikut. 

1. Serat Bahan

Kain wolvis premium umumnya memilki serat bahan yang rapi, kokoh dan halus bahkan sulit untuk diraba seratnya. Sementara serat pada wolvis standar terlihat tidak rapi, kurang kokoh dan seratnya lebih mudah diraba

2. Tekstur Kain

Kain wolvis premium bahannya terasa halus, lembut, tidak bertekstur, tidak licin dan tidak kasar sama sekali. Sementara untuk wolvis standar bahannya terasa tidak licin dan agak keset.

3. Karakteristik   

Kain wolvis premium bahannya cukup ringan, jatuh dan tidak menerawang. Sementara untuk wolvis standar bahannya tetap ringan tapi terkadang ada yang cenderung menerawang.

4. Daya Serap

Baik kain wolvis premium maupun kain wolvis standar keduanya sama-sama memiliki daya serap terhadap keringat yang kurang begitu bagus.

Kain wolvis juga hadir dengan tingkat kualitas yang berbeda-beda. Beberapa penjual biasanya membedakan kain wolvis berdasarkan tingkatan atau biasa dikenal dengan sebutan grade.

  1. Kain wolvis dengan kualitas grade A umumnya memiliki tekstur bahan yang paling halus dengan karakter kain yang paling jatuh.
  2. Untuk kualitas grade B tekstur bahannya kurang halus dan karakter bahannya kurang jatuh.
  3. Sedangkan grade C memiliki tekstur bahan yang sedikit kasar dengan karakter bahannya yang kurang jatuh.

Dari ketiga grade kain wolvis yang sudah disebutkan diatas, hampir dapat dipastikan bahwa kain wolvis denga grade A memiliki harga bahan yang paling mahal dibandingkan grade bahan lainnya.

Pemanfaatan Kain Wolvis

Berbicara mengenai kain wolvis sahabat Fitinline pasti penasaran bukan, sebenarnya untuk apa saja kein wolvis tersebut digunakan?. Jadi sebenarnya dalam industri fashion banyak sekali kegunaan atau pemanfaatan bahan dari jenis kain wolvis. Buat anda yang mau tahu lebih jelasnya langsung simak pembahasan berikut yuk. 

1. Abaya

Kain wolvis dengan lebar 150 cm sangat cocok digunakan untuk membuat busana abaya tanpa sambungan kain. Di Indonesia sendiri abaya pernah mengalami proses akulturasi dan menjadi bentuk pakaian wanita yang memiliki style tersendiri. Busana muslim yang satu ini memiliki ciri khas simpel, longgar serta tidak membentuk tubuh.

Kain Wolvis

Sumber : https://www.bukalapak.com/

2. Gamis Syar’i

Pemanfaatan kain wolvis dalam dunia fashion yang tidak kalah banyak yaitu untuk membuat gamis syar’i bagi wanita muslim karena bahan kainnya tidak terlalu tebal, tidak berat, tapi jatuh dan tidak transparan.

Sebagai salah satu pakaian muslim yang kian mendunia, secara umum gamis banyak diciptakan dalam bentuk terusan yang lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki.

Kain Wolvis

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Tertarik untuk membuat gamis sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau pakai cara yang praktis download saja pola baju gamis wanita dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya  memiliki lekukan pinggang.

3. Baju Koko

Kain wolvis atau bahan kain wolfis pada prinsipnya juga bagus digunakan untuk membuat aneka baju koko pria. Seperti model baju koko biasa seperti yang banyak dijual dipasaran, baju koko Pakistan dan juga jubah ikhwan.

Seperti halnya seperti kemeja yang didesain untuk para pria, baju koko ini umumnya juga dapat dijumpai dalam dua macam varian yakni dalam bentuk lengan panjang dan juga lengan pendek.

  • Baju koko lengan panjang akan membuat lengan pemakainya lebih terlindungi dari debu, panas maupun gigitan serangga.
  • Baju koko lengan pendek akan memberikan kesan lebih rapi, lebih dinamis dan modis pada tampilan pria.

Kain Wolvis

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Tertarik untuk membuat baju koko sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau pakai cara yang praktis anda bisa mendownloas Pola Baju Koko Ala Dude Herlino dari kami.

5. Hijab Syar'i

Kain wolvis bisa diguanakan untuk membuat hijab syar’i panjang. Sebagai bahan utama hijab kain wolvis juga relatif lebih mudah untuk dijahit karena bahannya tidak licin dan tidak melar seperti bahan jilbab panjang spandek sutra.

Kain Wolvis

Sumber : https://ootdhijabcasualgemuk.blogspot.com/

5. Cadar

Kain wolvis sangat cocok digunakan sebagai penutup muka karena bahannya tidak terlalu membuat sesak pemakainya. Sebagai pelengkap busana muslim kain wolvis ini dapat disulap ke dalam bentuk cadar, baik cadar dengan model tali, cadar bandana, maupun purdah dua atau tiga lapis.

Kain Wolvis

Sumber : https://www.blanja.com/

Produk pakaian yang dibuat dari kain wolvis umumnya terkenal lebih nyaman dan lebih murah biaya pembuatannya. Selain lebih murah bahan kain wolvis ini pada prinsipnya juga terenal lebih nyaman dan tidak panas saat digunakan.

Merawat Pakaian Berbahan Wolvis

Punya sejumlah koleksi pakaian berbahan wolvis?. Penting untuk diketahui bahwa pakaian berbahan wolvis sebenarnya tidak bisa disetrika dengan suhu yang panas. Maka dari itu proses mencuci dan menjemurnya juga harus disiasati dengan cara-cara tertentu supaya kualitas pakaian tetap terjaga dengan baik.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pakaian yang tidak diinginkan coba terapkan beberapa tips sederhana sebagai berikut untuk merawat pakaian wolvis yang anda miliki.

  1. Pakaian yang dibuat dari bahan kain wolvis sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci.
  2. Untuk membersihkan pakaian dari bahan wolvis, sahabat Fitinline cukup  merendamnya se-bentar dalam larutan detergent kemudian menguceknya secara perlahan. Rendam pakaian berbahan wolvis secukupnya jangan terlalu lama.
  3. Selesai melakukan proses perendaman bilas pakaian wolvis dengan air bersih. Jika dibutuhkan tambahkan pula pelembut pakaian agar hasilnya menjadi lebih maksimal.
  4. Pakaian berbahan dasar kain wolvis boleh dikeringkan dengan mesin cuci, tetapi jangan dicampur dengan pakaian yang berbahan tebal atau kasar.
  5. Untuk mengeringkan pakaian berbahan kain wolvis alias bahan kain wolfis sahabat Fitinline bisa menjemurnya dengan cara digantung menggunakan hanger baju.
  6. Setelah kering pakaian berbahan wolvis tersebut bisa langsung disimpan dalam alemari tanpa harus disetrika terlebih dahulu.
  7. Tetapi jika pakaian tersebut sudah terlanjur terlipat dan menjadi kusut, anda bisa me-nyetrikanya dengan cara dilapisi dengan kain tipis agar suhu panas yang terdapat pada setrika tidak merusak permukaan pakaian berbahan wolvis.

Semoga dengan menerapkan cara perawatan yang baik dan benar, pakaian wolvis yang anda miliki akan menjadi awet dan selalu terlihat baru.

Demikian pembahasan singkat mengenai ciri khas kain wolvis, kelebihan dan kekurangan, pem-anfaatan serta cara perawatannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan bahan kain dan tips perawatan yang direkomendasikan untuk bahan lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.