Article

Homepage Article Kain Kelebihan dan Kekurangan…

Kelebihan dan Kekurangan Yang Dimiliki Kain Sprei Katun Jepang

Butuh bahan kain berkualitas yang bagus dipakai untuk membuat sprei, sarung bantal, bed cover dan duvet cover?. Untuk menunjang kenyamanan tidur anda coba gunakan kain sprei katun Jepang yang menawarkan banyak keunggulan sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Sprei Katun Jepang

Kain sprei katun Jepang merupakan bahan sprei yang lebih tebal dan lebih berat dibandingkan katun lokal tetapi tidak membuat gerah. Kandungan katun pada kain ini membuatnya jadi sangat lembut, memiliki daya serap yang baik dan dingin saat dipakai beristirahat.

Sprei Katun Jepang

Sumber : https://fitinline.com/

Sebagai salah satu jenis bahan sprei yang berkualitas, kain sprei katun Jepang yang terkenal lembut dan sejuk ini bisa juga dipakai untuk membuat sarung bantal, bed cover dan juga duvet cover lho. 

  • Bed Cover

Bed cover merupakan kain pelapis sprei dengan isian yang dijahit menyatu dengan sarungnya.

  • Isian bed cover yang berkualitas akan membuat bed cover jadi makin empuk, halus dan nyaman dipakai.
  • Sebaliknya jika isiannya kurang bagus maka bed cover yang dihasilkan juga kurang nyaman saat dipakai.

Sprei Katun Jepang

Sumber : https://www.bukalapak.com/

  • Duvet Cover

Duvet cover yang dikenal pula dengan nama lain quilt cover merupakan sejenis sarung atau kantung tanpa isi yang didesain khusus untuk lapisan luar duvet yang empuk.

Sprei Katun Jepang

Sumber : https://shopee.co.id/

Kelebihan Kain Sprei Katun Jepang

Beberapa kelebihan kain sprei katun Jepang yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya untuk pembuatan sprei, sarung bantal, bed cover maupun duvet cover diantaranya:

1. Lembut di Kulit

Kain sprei katun Jepang memiliki tekstur yang halus dan lembut saat bersentuhan dengan permukaan kulit jadi sangat nyaman digunakan untuk tidur.

  • Kain sprei katun jepang terasa sangat lembut karena terbuat dari serat alami.
  • Semakin lama digunakan kain sprei katun Jepang akan semakin nyaman.
  • Kainnya yang dingin dan lembut membuat tidur semakin nyenyak.

2. Kerapatan Bahannya Sangat Baik

Kain sprei katun jepang kerapatan bahannya sangat baik. Cara menganyam kain sprei katun Jepang yang saling silang antara 1 benang dengan 4/7 benang lain membuatnya semakin halus.

3. Bersifat Breathable

Kaini sprei katun Jepang bersifat sangat breathable dan tidak styffy (pengap), jadi akan membuat anda tetap merasa nyaman meskipun sudah bersentuhan dengan sprei dalam waktu yang lama.

Dengan karakteristik bahannya yang breathable tidak mengherankan jika kain sprei katun Jepang juga kerap dijadikan sebagai pilihan utama bahan sprei bagi orang-orang yang susah tidur.

4. Mudah Menyerap Keringat

Kain sprei katun Jepang memiliki daya serap keringat yang sangat baik jadi akan terasa sangat adem dan sejuk digunakan manakala cuaca panas.

5. Banyak Pilihan Warnanya  

Kain sprei katun jepang tersedia dalam berbagai variasi warna yang beragam. Warna dari kain sprei katun jepang juga lebih cerah dibandingkan katun yang lainnya.

  • Kain sprei katun jepang yang polos dapat memberikan kesan minimalis pada kamar tidur yang kecil.
  • Kain sprei katun jepang yang bermotif dapat memberikan kesan lebih playfull pada ruangan kamar.

6. Tidak Mudah Pudar

Kain sprei katun jepang warnanya cenderung tidak mudah pudar meski telah mengalami proses pencucian selama berulang-ulang, karena pada dasarnya kain yang dibuat dari serat alami mampu mengikat warna dengan cukup baik.

7. Aman Untuk Kulit Sensitif

Kain sprei katun Jepang sangat cocok dijadikan pilihan yang aman untuk anda yang memiliki kulit sensitif dan rentan mengalami iritasi maupun alergi.

  • Kain sprei katun Jepang secara alami bersifat hipoalergenik.
  • Kandungan yang terdapat pada kain sprei katun Jepang cenderung tidak memicu reaksi alergi.

8. Cocok Untuk Iklim Indonesia

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya kain sprei katun Jepang sangat cocok untuk dipakai di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia.

9. Perawatannya Relatif Mudah

Kain sprei katun jepang perawatannya relatif lebih mudah dibersihkan apabila kotor dan proses pengeringannya juga cepat.

  • Untuk merawat sprei yang dibuat dari kain katun Jepang misalnya, anda bisa bisa mengikuti langkah-langkah berikut.
  • Pisahkan lebih dulu sprei dengan cucian lain terutama pakaian.
  • Bila sprei yang anda pakai terpapar noda membandel sebaiknya bersihkan terlebih dahulu sebelum anda memulai proses pencucian.
  • Hindari menyikat sprei katun Jepang dengan sikat berbahan kasar.
  • Untuk meringankan proses pencucian, rendam sprei selama kurang lebih 30 hingga 45 menit dalam larutan air yang dicampur detergen berbahan lembut.
  • Kucek sprei dengan gerakan lembut kemudian bilas hingga bersih.  Jangan merasa cukup hanya dengan membilas sprei sekali saja.
  • Setelah dicuci keringkan sprei dengan cara diperas dan dijemur di tempat yang terbuka.

Kekurangan Kain Sprei Katun Jepang

Dibalik sejumlah keunggulan yang dimilikinya, kain sprei katun jepang sebenarnya juga memiliki kekurangan tersendiri . Salah satunya yaitu kain sprei katun jepang cenderung mudah kusut karena kandungan serat katun di dalamnya.

  • Untuk menjaganya agar tidak semakin kusut sebaiknya segera rapikan kasur setelah bangun tidur.
  • Cara lain anda juga bisa menyetrika perlengkapan tidur yang dibuat dari kain ini tiap kali usai mencuci dan mengeringkannya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah kelebihan dan kekurangan kain sprei katun jepang yang penting untuk anda ketahui. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang karakteristik yang dimiliki bahan lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Meski terkesan sepele dalam memilih sprei pada prinsipnya ada banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang karena akan sangat menentukan nyaman atau tidaknya sprei tersebut saat digunakan untuk tidur.

Butuh bahan kain sprei katun Jepang berkualitas untuk membuat sprei, bedcover dan juga duvet cover?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat koleksi Kain Sprei Katun Jepang (WS) yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.