Article

Kain Voile

Terdapat berbagai jenis kain yang dijual di pasaran. Penamaan kain pun beraneka ragam, biasanya berdasarkan pada nama dagang dan teknik. Nama dagang dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya asal tenunan, nama orang atau perusahaan, nama mode, dan penggunaan. Salah satu jenis kain yang sering kita jumpai di toko yaitu kain voile (ada yang menyebut katun paris). Istilah voile berasal dari bahasa Perancis, yang berarti jilbab. Kain ini merupakan kain katun tipis, benang yang digunakan adalah benang halus, dengan twist berkisar 35 sampai 40 per inch.

Busana Berbahan Kain Voile

Busana Berbahan Kain Voile

Sumber: http://colorznsuch.blogspot.com

Kain voile tersedia dalam berbagai pola dan warna. Kain voile memiliki kualitas semi-transparan. Kain voile dijual dalam keadaan dicap, polos, maupun stripe yang dibentuk dengan tetal lusi yang lebih tinggi. Selain terbuat dari 100% katun, kain voile juga ada yang terbuat dari rayon, linen, sutera, atau polyester serta campurannya.

Kain Voile Motif Bunga

Kain Voile Motif Bunga

Sumber: https://www.fabric.com

Kain Voile Motif Stripe

Kain Voile Motif Stripe

Sumber: https://www.fabric.com

Kain Voile Polos

Kain Voile Polos

Sumber: https://www.fabric.com

Mencari kain tekstil murah dan berkualitas? Klik Disini untuk melihat katalog kain.

Penggunaan kain voile biasa diaplikasikan pada tirai, blus, tunik, rok hingga jilbab. Tekstur dari bahan voile yaitu halus dan lembut, hal ini membuat jenis jilbab yang mempunyai bahan voile sangat cocok dipakai pada siang hari. Kekurangan dari voile adalah susah dibentuk, hal ini karena bahannya yang tidak lentur seperti bahan lycra ataupun kaos. Kain voile hampir mirip dengan kain sifon, yang sering juga digunakan untuk pembuatan gaun. Kain voile digunakan dalam pembuatan gaun, baik dalam beberapa lapisan atau diletakkan di atas bahan kedua.

Jilbab Bahan Kain Voile

Jilbab Bahan Kain Voile

Sumber: http://www.tinihani.com

Kami memiliki beberapa tips dalam perawatan busana berbahan kain voile. Jika anda membeli kain voile masih dalam bentuk bahan atau kain, sebaiknya sebelum dijahit cucilah terlebih dahulu. Karena kain voile bisa menyusut beberapa persen. Hindari pencucian dengan dry cleaning karena dapat mengakibatkan penyusutan pada busana anda. Sebaiknya cucilah dengan tangan dan menggunakan detergen yang lembut. Pada saat penjemuran hindari matahari secara langsung, cukup diangin-anginkan saja. Saat penyetrikaan, gunakan suhu yang tidak terlalu panas.
Semoga bermanfaat.

Tags: busana wanita, busana wanita dan pria, busana batik, busana batik modern, busana wanita terbaru, baju batik, baju batik kerja, baju batik kantor, baju batik wanita, baju batik pria, kemeja batik, dress batik, dress batik modern

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.