Article

Homepage Article Kain Kain Taffeta

Kain Taffeta

Taffeta merupakan kain yang ditenun dari sutra atau serat sintesis yang halus. Berasal dari bahasa Persia yang berarti tenunan memutar. Kain jenis ini sering dianggap kain mewah karena cocok digunakan untuk gaun pesta dan pernikahan. Serat benang taffeta jauh lebih kaku dibandingkan organdi. Awalnya taffeta diproduksi dengan alat tenun manual, tetapi sejak tahun 1990, kain ini sudah bisa dihasilkan oleh alat tenun mesin di daerah Bangalor. Negara Cina dan negara-negara di Timur Tengah juga menghasilkan kain taffeta. Namun kain yang dihasilkan tidak pernah sebagus buatan India yang kini masih mendominasi dalam produksinya. Penghasil kain taffeta terbaik masih di Prancis, Italia, dan Inggris.

Kain Taffeta

Kain Taffeta

Sumber: http://maiimut.blogspot.com

Taffeta memiliki ciri khas kilau yang berserat dan tipis, sehingga biasanya harus digabungkan dengan kain lain. Namun ketebalan ini bisa menimbulkan sedikit keributan ketika dipakai bergerak. Tekstur dan berat kain ini menghadirkan model gaun yang khas juga, yaitu elegan, serbaguna dan sekaligus kontemporer. Alur tenunan taffeta biasanya terlihat jelas, menjadikannya motif yang sangat cantik. Kain silk taffeta memiliki keindahan yang sama, namun lebih lembut dan pada beberapa jenis lebih berkilau dari taffeta biasa atau satin. Kain taffeta paling sesuai untuk desain kontemporer dan minimalis, serta paling pas untuk pengantin big size.

Kain Silk Taffeta Wedding Dress

Kain Silk Taffeta Wedding Dress

Sumber: http://m.vemale.com

Mencari kain tekstil murah dan berkualitas? Klik Disini untuk melihat katalog kain.

Kain taffeta yang berbahan 100% Polyester memiliki sifat berkilau, tahan air, dan tahan angin. Kain taffeta juga bisa digunakan untuk pembuatan kebaya walaupun harganya relatif lebih mahal dan juga susah dibentuk. Namun, setelah diaplikasikan dengan jahitan bordir, kebaya yang dihasilkan sangat unik dan elegan. Apalagi pemakaiannya dikombinasikan dengan kain batik, pasti akan terlihat lebih cantik.

Kain Taffeta Untuk Kebaya

Kain Taffeta Untuk Kebaya

Sumber: http://mufidshop.com

Nah, sekarang bertambah lagi kan pengetahuan tentang macam-macam jenis kain. Masih ada lagi jenis kain tipis dan lembut, namun lebih kaku dari kain sifon, sedikit mirip kain taffeta namun lebih tebal, namanya kain organza. Kita akan bahas untuk artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat.

Tags: busana wanita, busana wanita dan pria, busana batik, busana batik modern, busana wanita terbaru, baju batik, baju batik kerja, baju batik kantor, baju batik wanita, baju batik pria, kemeja batik, dress batik, dress batik modern

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.