Article

Homepage Article Kain Kain Pique

Kain Pique

Kain pique adalah jenis kain yang memiliki pori-pori. Kain ini juga sering disebut dengan kain lacoste, padahal lacoste adalah salah satu jenisnya. Kain pique biasanya terbuat dari bahan katun, polyester, atau kombinasi keduanya. Rata-rata jenis kain pique yang berbahan katun 100%, bisa susut dan prosentase susutnya tidak dapat diprediksi. Kurang lebih susut 2 cm dari ukuran yang sebenarnya. Penyusutan kain hanya terjadi pada pencucian pertama kali. Kain pique yang terbuat dari katun bisa menyerap keringat, sehingga lebih nyaman digunakan.

Kain pique atau pike biasa digunakan untuk membuat kaos yang memiliki kerah atau biasa disebut polo-shirt atau kaos wangki. Untuk membuat kaos kerah tersebut biasanya digunakan kerah jadi. Kerah jadi adalah bahan kerah yang sudah jadi diproduksi oleh pabrik dan tinggal jahit. Dan ada pula kerahnya yang dibuat sendiri oleh tukang jahit dengan menggunakan bahan yang sama dengan bahan kaos dengan menambahkan kain keras di dalamnya.

Cotton Pique

Cotton Pique

Sumber: http://greenmantaindonesia.blogspot.com

Bahan pique dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kain pique polo dan kain pigue lacoste. Kain pique polo memiliki pori-pori kecil sesuai dengan bahan brand POLO. Karena bahan polo memiliki pori-pori kecil, sehingga bisa dikombinasikan dengan sablon maupun bordir.

Kain Pique Polo

Kain Pique Polo

Sumber: http://s912.photobucket.com

Kain pique lacoste jenis ini berpori-pori lebih besar sesuai dengan bahan brand LACOSTE. Bahan lacoste merupakan bahan yang dirajut dan bercorak. Sifat rajutan tidak rapat, berteksture, bulat kotak dan segitiga. Karena bahan lacoste berpori besar sehingga lebih cocok jika dikombinasikan dengan bordir bukan dengan sablon. Ada 2 tipe kain lacoste yang terkenal yaitu lacoste polyester (PE) dan lacoste cotton. Perbedaannya adalah dari sisi menyerap atau tidaknya terhadap keringat. Kelebihan dari lacoste cotton, selain dingin bahannya juga lebih lembut dibandingkan lacoste PE. Tipe lacoste yang paling bagus adalah lacoste cotton. Kain lacoste sangat sesuai dijadikan t-shirt formal, bahan ini cocok untuk tampilan yang terlihat rapi tapi tetap terlihat fresh.

Kain Pique Lacoste

Kain Pique Lacoste

Sumber: http://www.ceriwis.com

Kain pique, baik yang jenis pique polo maupun pique lacoste bisa dikombinasikan dengan kain batik. Pilihlah kain batik tulis atau kain batik cap agar penampilan anda makin berkelas dan elegan. Kami menyediakan product keren dari bahan ini, jika anda menginginkannya silahkan menghubungi kami atau datang langsung ke workshop kami di Titibumi Mas Residence 2 No.B2, Jalan Godean Km 4.5, Yogyakarta.

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain berkualitas untuk membuat kaos?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Kain Kaos

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.