Article

Homepage Article Tenun/Lurik Kain Tenun Doby

Kain Tenun Doby

Kain tenun doby biasa disebut kain tenun timbul, kain tenun doby dihasilkan melalui pola yang dibuat pada sebuah susunan kayu selebar 2 cm x 20 cm. Kayu-kayu tersebut disusun hingga puluhan jumlahnya. Tiap kayu memiliki 16 titik yang ditutup besi semacam paku sesuai motif yang diinginkan. Fungsinya sama dengan pola kain strimin. Sebenarnya, doby adalah alat tambahan mekanis yang berada di atas ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Doby berfungsi mengontrol penganyaman benang pada perkakas tenun lain, sehingga membentuk motif-motif sesuai dengan pola yang diinginkan. Mesin tenun doby dapat membuat anyaman lebih dari satu yang disebabkan oleh pengangkatan gun dimana digerakkan oleh doby dengan program dari kartu doby. Variasi dobby maksimal rata-rata 18 heald frame kemudian baru pengulangan. Dalam satu rapot (pengulangan) terdapat anyaman paling banyak ada 10 helai lusi. Mesin doby juga digunakan untuk menenun anyaman yang lebih rumit (1 rapot anyaman terdiri dari 11 sampai dengan 25 lusi).

Mesin ATBM Doby

Mesin ATBM Doby

Sumber: http://tenunikat.etalasekediri.com 

Mesin ATBM Doby

Sumber: http://tenunikat.etalasekediri.com

Dilihat dari sistem pengangkatan, doby terbagi menjadi 2 jenis yaitu sistem pengangkatan tunggal (Single Lift) dan sistem penangkapan rangkap (Double Lift). Pada doby single lift, pisau penggerak kamran bekerja secara bolak-balik, dimana yang satu bekerja kekanan sementara yang lainnya bekerja kekiri untuk setiap kali peluncuran benang pakan, sehingga gerakan dobby sama cepatnya dengan putaran poros engkol. Sedangkan doby dengan sistem pengangkatan rangkap, dipergunakan 2 pisau yang terletak dibagian atas dan bawah doby untuk menggerakkan kamran. Pisau bekerja bolak-balik, dimana pisau yang satu kekanan dan yang lainnya kekiri untuk setiap peluncuran dua benang pakan. Untuk tiap gun dibutuhkan dua buah platina, dan dua buah platina tersebut bekerja bergantian sesuai untuk tiap benang pakan yang ganjil dan genap.

Dilihat dari letaknya, doby dapat dibedakan menjadi Doby Kiri dan Doby Kanan. Doby kiri adalah doby yang dipasang pada sebelah kiri mesin dimana kita melihatnya dari bagian penggulungan kain. Pada doby kiri handle terletak pada sebelah kanan untuk menjaga keseimbangan mesin. Kartu pada doby kiri dimulai dari kanan ke kiri. Sedangkan doby kanan adalah doby yang dipasang pada sebelah kanan mesin tenun dimana kita melihatnya dari bagian penggulungan kain. Pada doby ini handle terletak pada bagian kiri untuk keseimbangan mesin. Kartu pada doby kanan dimulai dari kiri ke kanan.

Menurut jenis kartu, doby dibedakan menjadi dua yaitu doby kayu (kartu dibuat dari kayu) dan doby plastik (kartu dibuat dari plastik). 

Kartu Doby

Kartu Doby

Sumber: http://semuatentangtekstil.wordpress.com

Tenun doby banyak diproduksi di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra, dan Sulawesi. Kain doby yang terdapat di pasaran adalah katun doby dan sutra doby. Kain katun dobi adalah campuran dari bahan katun dan polyester. Terdapat juga yang berbahan 100% benang cotton misris bakar bulu (cotton yang melalui proses bakar bulu). Namun ada juga yang terbuat dari bahan benang sutra. Ciri utama dari kain ini adalah terdapat motif serat yang menarik (kotak, garis, abstrak). Ada beberapa tingkatan seperti halnya katun prima dan primissima dari yang kasar hingga halus, ciri khas doby terletak pada tekstur kasarnya. Jadi pada doby yang paling haluspun akan terasa serat-seratnya yang menonjol.

Kain Batik Katun Doby

Kain Batik Katun Doby

Sumber: http://callulabatik.blogspot.com

Kain Sutra Doby

Kain Sutra Doby

Sumber: http://pdsidojaya.indonetwork.co.id 

Kain doby banyak dimanfaatkan untuk pembuatan batik karena memiliki tekstur berbeda dengan kain katun biasa. Perajin batik biasa menggunakan kain ini untuk segmen menengah ke atas. Kain batik doby seperti dari serat nanas, hanya doby lebih banyak diminati karena kainnya halus. Bahan kain batik doby juga identik dengan warna gradasi pada batik. Kain batik doby sering dipakai untuk membuat blus, kemeja, rok, dan lain sebagainya. Bagi yang hendak membentuk busana dari kain ini sebaiknya dicuci dahulu mengingat kain dobi akan menyusut 2 hingga 10 %, dengan dicuci akan jelas ukuran kain sebenarnya. 

Batik Doby

Batik Doby

Sumber: http://www.deutzyg.com

Kain Tenun Ikat Kombinasi Doby

Kain Tenun Ikat Kombinasi Doby

Sumber: http://kaintenuntroso.blogspot.com

Mencari bahan kain dobby berkualitas dengan harga murah untuk membuat batik?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Katun Dobby

Tags: jual kain, jual kain batik, jual batik, jual kain batik murah, toko kain, toko kain batik, toko batik, toko batik online, toko kain batik online, beli kain, beli kain batik, beli batik, batik indonesia, belanja batik, belanja batik online, motif batik, harga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.