Article

Homepage Article Kain Kain Jacquard

Kain Jacquard

Kain Jacquard merupakan kain yang memiliki pola yang ditenun menjadi kain, bukan dicetak di atasnya. Alat tenunnya menggunakan metode khusus dalam menenun kain berpola. Alat tenun tersebut awalnya ditemukan oleh Joseph Marie Jacquard. Oleh karena itu kain ini dinamakan Jacquard. Ia memberikan keleluasaan dalam menentukan corak tenunan di atas kain. Kain Jacquard memiliki ciri khas mengkilap dan licin. Banyak yang menyukai kain ini karena agak berkilau dan ringan. Bahan yang digunakan untuk membuat kain jacquard didominasi oleh polyester, selain itu terbuat juga dari katun, sutera, wol dan linen.

Kain Jacquard

Kain Jacquard

Sumber: http://blog.tuneeca.com

Saat ini terdapat mesin tenun jacquard teknologi timbul menjadikan kain jacquard biasa menjadi lebih cantik, yaitu dengan teknik finishing kerut atau timbul dan sebagainya. Kain jacquard yang telah difinishing dengan efek kerut atau timbul (emboss) disebut Jacquard Wrinkle Embossed. Kain jenis ini biasa dijadikan salah satu bahan untuk busana pengantin, dress, gaun malam, ataupun busana muslimah. Jacquard dengan tekstur kerut dan emboss motif paisley ini memberikan kesan mewah untuk setiap detailnya, selain itu kain ini juga sangat fleksibel.

Kain Jacquard Wrinkle Embossed

Kain Jacquard Wrinkle Embossed

Sumber: http://blog.tuneeca.com

Mencari kain tekstil murah dan berkualitas? Klik Disini untuk melihat katalog kain.

Terdapat juga jenis kain jacquard quilting yang biasa digunakan untuk bahan springbed. Kain ini memiliki serat yang tebal serat kain lebih padat dan terlihat lebih glossy dengan motif emboss (timbul) sehingga terlihat sangat mewah. Terbuat dari bahan 100% cotton sehingga sangat dingin, lembut, tidak luntur dan tidak berbulu. Memiliki warna yang sama antara motif dan background sprei.

Kain Jacquard Quilting

Kain Jacquard Quilting

Sumber: http://www.anekasprei.com

Selain bahan yang disebutkan, ada juga jenis kain jaquard motif timbul china yang disebut jacquard chinese. Kain ini biasanya digunakan untuk membuat busana khas China atau biasa disebut cheongsam.

Cheongsam Berbahan Kain Jacquard

Cheongsam Berbahan Kain Jacquard

Sumber: http://i00.i.aliimg.com

Sahabat Fitinline bisa menggunakan kain ini sebagai bahan busana sesuai model yang diinginkan, jangan sampai salah pilih bahan dan warna agar penampilan anda semakin cantik dan menawan. Ada hal yang harus diperhatikan dalam perawatan kain ini yaitu pada saat penyetrikaan. Sebaiknya hindari penggunaan setrika besi, kain jacquard lebih mudah disetrika dengan setrika uap.

Semoga bermanfaat.

Tags: busana wanitabusana wanita dan priabusana batikbusana batik modernbusana wanita terbarubaju batikbaju batik kerjabaju batik kantorbaju batik wanitabaju batik priakemeja batikdress batikdress batik modern

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.