Article

Homepage Article Batik Batik Karanganyar

Batik Karanganyar

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Tengah, sekitar 14 km sebelah timur Kota Surakarta. Kabupaten ini memiliki salah satu jenis produk sandang yang berkembang pesat di Kabupaten Karanganyar sejak beberapa dekade, bahkan beberapa masyarakat Indonesia telah mengenal batik baik dalam coraknya yang tradisional maupun yang modern. Pada umumnya batik digunakan untuk kain jarik, kemeja, sprei, taplak meja, blus, dress, dan lain-lain. Jenis Batik Karanganyar dipengaruhi oleh selera konsumen dan perubahan waktu maupun model, maka perkembangan industri batik di Kabupaten Karanganyar juga mengalami perkembangan yang cepat, baik menyangkut rancangan, penampilan, corak dan kegunaannya, disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pasar baik dalam negeri maupun luar negeri.

Batik Karanganyar Motif Usus-usus

Batik Karanganyar Motif Usus-usus

Sumber: http://batikgirilayu.blogspot.com

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Batik tradisional secara historis berasal dari jaman nenek moyang dalam abad sengkala tahun 1633 Masehi, yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Saat itu motif batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Sejarah dan pengembangannya batik di Kabupaten Karanganyar mengalami perkembangan yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini.

Batik Karanganyar Motif Wirasat

Batik Karanganyar Motif Wirasat

Sumber: http://batikgirilayu.blogspot.com

Sentra produksi batik di Kabupaten Karanganyar dijumpai di Kecamatan Matesih, Jaten, Gondangrejo dan Karanganyar. Jumlah produksi batik sebanyak 25.028 kodi per tahun. Dari sisi permintaan, peluang usaha di bidang industri batik masih terbuka luas dan sangat menguntungkan.

Batik Karanganyar Motif Debyah

Batik Karanganyar Motif Debyah

Sumber: http://batikgirilayu.blogspot.com

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Batik Karanganyar yang paling terkenal yaitu dari Desa Girilayu, Kecamatan Matesih. Batik yang dihasilkan di sini adalah batik halus kualitas tinggi yang melalui pencantingan oleh perajin yang telah turun temurun mengerjakan batik sejak zaman Kerajaan Mangkunegaran sehingga sudah teruji kualitasnya. Walaupun kebanyakan pekerjaan membatik sekarang ini masih merupakan pekerjaan sampingan, tapi pengerjaannya dilakukan dengan sepenuh hati sehingga kualitasnya tetap terjamin dengan baik. Motif batik yang terdapat di Sentra Pembatikan Girilayu banyak sekali. Sebagian besar mendapat pengaruh langsung dari motif batik Surakarta. Beberapa motif yang dihasilkan oleh pembatik di Desa Girilayu yaitu batik motif wirasat, motif wahyu tumurun, motif usus-usus, motif debyah, motif cakar, motif mahkota raja, motif kencar-kencar dan lain sebagainya. Proses pewarnaan menggunakan pewarna sintetis dan pewarna alam. Motif yang dihasilkan lebih banyak motif tradisi yang masih banyak dipakai di acara pernikahan dengan adat Jawa.

Batik Karanganyar Motif Mahkota Raja

Batik Karanganyar Motif Mahkota Raja

Sumber: http://batikgirilayu.blogspot.com

Batik Karanganyar Motif Kencar-kencar

Batik Karanganyar Motif Kencar-kencar

Sumber: http://batikgirilayu.blogspot.com

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Terdapat beberapa kendala dalam mengembangkan Batik Karanganyar ini, salah satunya masalah modal. Namun Pemkab setempat terus melakukan upaya agar Batik Karanganyar terus berkembang, salah satunya memberikan bantuan berupa alat produksi. Upaya lain yang dilakukan Pemerintah berupa menyelenggarakan lomba desain batik dan lomba busana berbahan batik khas Karanganyar untuk menggali potensi batik yang ada di Kabupaten Karanganyar.

Busana Berbahan Kain Batik Karanganyar

Busana Berbahan Kain Batik Karanganyar

Sumber: http://aviefiles.blogspot.com

Bagi sahabat Fitinline pecinta batik, anda bisa menjadikan Batik Karanganyar sebagai salah satu batik koleksi. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

Tags: jual kainjual kain batikjual batikjual kain batik murahtoko kaintoko kain batiktoko batiktoko batik onlinetoko kain batik onlinebeli kainbeli kain batikbeli batikbatik indonesiabelanja batikbelanja batik onlinemotif batikharga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.