Article

Homepage Article Kain Tekstil Tips Sederhana Merawat Kain…

Tips Sederhana Merawat Kain Denim

Denim atau yang lebih sering disebut jeans menjadi salah satu pakaian favourit yang sering dikenakan oleh semua orang dari berbagai kalangan dan usia. Pakaian dengan bahan denim tak pernah lekang oleh jaman. Denim lebih cocok dikenakan saat suasana non formal. Seringnya pemakaian jeans bisa mengakibatkan koleksi jeans Sahabat Fitinline bisa rusak dan gak tahan lama. Simak yuk tips sederhana dalam merawat koleksi kain denim anda.

Jangan terlalu sering mencuci jeans kesayangan anda, sebaiknya cuci setelah 2 kali pakai, kecuali terkena noda yang akan sulit dibersihkan. Karena dengan sering mencucinya akan membuat warna cepat pudar, merubah bentuk dan lebih cepat aus. Perhatikan cara perawatan yang tetera pada label. Karena tiap jeans memiliki cara perawatan yang berbeda-beda.

Sebelum merendam atau mencuci, pisahkan denim dari baju dengan jenis bahan lain, seperti katun atau chiffon. Sebaiknya pencucian jangan melalui proses perendaman karena sifat dari pada kain denim adalah mudah luntur. Kain denim bisa direndam menggunakan air hangat agar kotoran yang melekat mudah hilang. Jika pencucian dengan perendaman, hindari air panas karena akan menyebabkan kerusakan pada serat kain.

Denim

Denim

Sumber: http://glambistro.com

Mencari kain tekstil murah dan berkualitas? Klik Disini untuk melihat katalog kain.

Sebaiknya proses perendaman dengan air dingin yang telah dilarutkan dahulu dengan detergen, lama perendaman tidak lebih dari 2 jam. Hindari pencucian dengan pemutih (Sodium Hipoclorid) yang akan mengakibatkan terjadinya bercak-bercak putih pada kain dan membuat warna jeans pudar. Saat mencuci, pastikan untuk membalik sisi bagian dalam jeans saat merendam atau mencuci agar warna tetap terjaga. Jika menggunakan mesin cuci maka kancingkan dan kaitkan resleting jeans agar bentuknya tidak berubah.

Menghilangkan noda, jika kain denim terkena getah maka teteskan alkohol pada pada area yang terkena noda, diamkan selama 5 menit, gosok dengan ibu jari, lalu cuci dengan sabun dan air. Jika terkena permen karet maka taruh es pada area yang terkena noda, setelah permen karet membeku, kamu bisa mencucinya seperti biasa. Jika terkena lumpur, rendamlah kain jeans di dalam air hangat yang telah dicampur dengan detergen.

Saat mengeringkan, keringkan dengan cara dijemur di area terbuka yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, agar tidak merusak warna alami kain denim. Sebaiknya pengeringan dilakukan dengan cara membalik Jeans terlebih dahulu agar yang terkena sinar matahari adalah bagian dalam jeans.

Saat menyetrika, setrika denim dengan cara membalikkan sisi bagian dalam keluar, lalu setrikalah dengan suhu yang tidak terlalu panas. Hindari menyetrika dengan suhu yang terlalu panas karena bisa merusak serat-serat denim dan menimbulkan noda putih. Sebaiknya atur suhu pada 60º celcius. Jangan menyetrika denim dalam keadaan lembab, karena bisa menimbulkan jamur berwarna biru yang membuat bahan denim cepat lapuk.

Celana Jeans

Celana Jeans

Sumber: http://offersmart.in

Jangan terlalu lama menyimpan jeans dalam kondisi terlipat karena akan mengakibatkan terbentuknya garis kuning pada batas lipatan. Menyimpan Jeans sebaiknya dengan cara digantung dengan hanger agar tidak terjadi perubahan warna. Untuk menjaga keawetan warna jeans, rendam jeans ke dalam air yang telah dicampur dengan cuka, lalu lakukanlah pencucian seperti biasa.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat dan kain denim Sahabat Fitinline lebih awet dengan perawatan yang tepat.

Tags: busana wanita, busana wanita dan pria, busana batik, busana batik modern, busana wanita terbaru, baju batik, baju batik kerja, baju batik kantor, baju batik wanita, baju batik pria, kemeja batik, dress batik, dress batik modern

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.