Article

Kain Aramid

Dalam industri garmen dan konveksi dikenal banyak sekali jenis kain tekstil yang dapat digunakan untuk membuat produk desain baju. Salah satunya yaitu berupa bahan sintetis bernama aramid yang memiliki karakteristik cukup kuat dan memiliki ketahanan tinggi terhadap panas. Jenis bahan nylon yang memiliki kesamaan sifat dengan aramid diantaranya berupa Nomex, Kevlar dan Tawron. Aramid (aromatic polymide) sendiri merupakan sebuah material yang ditemukan oleh seorang peneliti yang bekerja di perusahaan DuPont sekaligus ahli kimia berkebangsaan Amerika bernama  Stephanie Kwolek pada tahun 1964. 

Kain Aramid

Sumber : http://www.easycomposites.co.uk

Dalam dunia kedirgantaraan dan militer, aramid biasa digunakan sebagai bahan rompi anti peluru dan komposit balistik. Berbeda dengan kain tekstil pada umumnya, aramid memiliki struktur yang kuat, alot (tough), memiliki sifat peredam yang bagus (vibration damping), tahan terhadap asam (acid) dan basa (leach), serta dapat menahan panas hingga 370°C, sehingga tidak mudah terbakar.

Kain Aramid

Sumber : http://www.teicomposites.com

Penyempurnaan kain yang memiliki ketahanan tinggi terhadap api seperti kain aramid dimaksudkan untuk melindungi bahan tekstil yang mudah terbakar menjadi lambat atau sukar terbakar. Hal ini dapat dilakukan dengan cara merendam kain dalam larutan zat yang mengandung borak maupun natrium silikat sambil diperas (impregnasi).

Kain Aramid

Sumber : http://fire-retardant-fabric.ready-online.com

Zat-zat tersebut memiliki titik leleh yang rendah sehingga dengan adanya api, garam tersebut akan segera meleleh dan menutupi kain layaknya gelas yang tidak dapat terbakar dengan segera. Hal ini dikarenakan zat yang digunakan untuk melapisi kain mampu menghasilkan suatu gas yang tidak dapat terbakar sewaktu pemanasan. 

Kain Aramid

Sumber : http://indonesian.alibaba.com

Karakteristiknya yang kuat, tahan panas, dan tahan terhadap suhu tinggi, menjadikan aramid sebagai pilihan terbaik untuk membuat baju pemadam kebakaran, pembalap mobil dan motor. Selain itu aramid juga dapat digunakan dalam bidang pesawat terbang, tank, dan antariksa (roket).

Kain Aramid

Sumber : http://www.arvind.com

Produk aramid yang beredar dipasaran umumnya lebih dikenal secara luas oleh masyarakat dengan nama kevlar. Kevlar sendiri memiliki sifat yang ringan dan fleksibel, namun 5 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan besi.

Kain Aramid

Sumber : http://www.build-on-prince.com

Didukung oleh ikatan kimia dan rantai molekul berorientasi tinggi yang teratur sepanjang sumbu serat, aramid disebut-sebut sebagai bahan istimewa yang mampu meningkatkan kinerja dari berbagai produk konsumen, industry, maupun militer.

Kain Aramid

Sumber : http://www.easycomposites.co.uk

Meski memiliki spesifikasi yang begitu sempurna, namun sayangnya bahan ini kurang sesuai jika diaplikasikan sebagai pakaian sehari-hari.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.