Jas

Jas merupakan busana resmi model Eropa sejak tahun 1890-an. Jas berasal dari bahasa Belanda, dalam bahasa Inggris biasa disebut suit atau setelan jas yang terdiri dari sebuah jas dan sebuah celana panjang yang dibuat dari kain yang yang sama. Di Amerika dikenal dengan sebutan tuxedo. Jas merupakan busana berlengan panjang dan dipakai di luar kemeja. Berdasarkan jumlah baris kancing di bagian depan, jas terdiri dari jas kancing sebaris (single breasted) dan jas kancing dua baris (double breasted).

Variasi desain jas, model, jenis kain, rompi, dan jumlah baris kancing di bagian depan menunjukkan fungsi sosial dan kegunaan pakaian. Sejak dulu hingga sekarang, jas umumnya dipakai sewaktu mengenakan kemeja berkerah dan dasi. Hingga sekitar 1960-an, pria memakai topi ketika berada di luar ruang. Seperti halnya semua jenis pakaian, jas dulunya hanya dijahit oleh tailor berdasarkan pesanan. Ketika ingin membuat jas, orang datang ke tailor untuk diukur, memilih bahan, dan menentukan model. Sejak Revolusi Industri, jas diproduksi massal dalam berbagai ukuran dan dijual sebagai pakaian jadi. Penjahit misalnya hanya perlu menyesuaikan ujung bawah pipa celana dengan tinggi badan pemakai.

Jas

Jas

Sumber: http://www.josbank.com

Bagi pria, jas adalah pakaian kebesaran yang melengkapi penampilan resmi mereka. Seorang pria akan tampak gagah dan berwibawa saat mengenakan jas. Itu pula sebabnya pria memilih mengenakan jas, pada upacara penting seumur hidupnya, yaitu di hari pernikahannya.

Jas

Jas

Sumber: http://tailorsingsae.blogspot.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Jas termasuk pakaian resmi, lazim digunakan untuk bekerja di kantor, untuk rapat dan acara resmi lainnya. Pola dasar pakaian jas tidak sama dengan pola baju kemeja, bedanya antara lain sambungan pola tidak terletak di samping kiri dan kanan, tetapi digeser sedikit ke arah depan dan belakang, sehingga bagian samping jas tidak ada jahitannya.

Peredaan lain terletak pada pola krah dan pola lengan jas. Lengan jas dibuat naik di bagian pundaknya agar dada tampak bidang. Selain itu jahitan sambungan lengan tidak melalui ketiak, tetapi digeser ke depan dan belakang. Gambar pola lengan jas dibuat bengkok mengikuti posisi tangan. Jelasnya, pola jas jauh berbeda dengan pola kemeja pria. Pada bagian depan bagian bawah disisi kiri dan kanan ada saku berkantong dan bertutup, sedangkan di bagian dada kiri ada saku yang tidak bertutup. Lebar bibir saku jas yang dibawah dan bertutup adalah 17 cm, sedangkan lebar bibir saku yang di dada adalah 13 cm.

Jas

Jas

Sumber: http://www.kinowear.com

Jas

Sumber: http://www.brooktaverner.co.uk

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Pria yang memakai busana setelan jas bisa tampil lebih rapi dan berwibawa, kalau model jas yang dipakainya serasi dengan postur tubuh si pemakainya. Sebaliknya, kalau model jas yang dipakai tidak serasi dengan postur tubuh pemakainya, hasilnya malah terkesan kurang rapi dan dapat mengurangi kewibawaannya. Penjahit yang akan membuatkan jas harus tahu model jas yang serasi dengan postur tubuh calon pemakainya, agar hasilnya bisa bagus dan dapat memuaskan pemesannya.

Jas

Jas

Sumber: http://www.sierratradingpost.com

Jas sekarang ini umumnya dijual dalam tiga bentuk yaitu pertama, jas dibuat atas dasar pesanan, sebelum bahan dipotong, penjahit membuat pola jas agar pas badan. Kedua, jas menurut ukuran yang dimodifikasi sesuai ukuran badan pemesan berdasarkan pola dan pilihan kain yang ada. Ketiga, jas siap pakai yang harganya relatif tidak mahal.

Untuk Sahabat Fitinline, untuk artikel selanjutnya kami akan memberikan tips untuk memilih jas pria yang sesuai dengan postur tubuh. Simak terus ya, semoga bermanfaat.

Mencari Kain untuk pakaian formal? Klik Di sini.

Kain Seragam

Tags: jual bajujual baju batikjual baju onlinejual pakaian wanitajual pakaian onlinetoko baju batiktoko baju batik onlinetoko baju batik wanita dan priatoko baju onlinetoko baju wanitatoko busana onlinebeli baju batikbeli baju batik wanita dan priabeli baju onlinegambar baju batikdesain baju batikfashion batikfashion wanitafashion baju terbarufashion designfashion designerdesigner indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.