Article

Homepage Article Batik Batik Magelang

Batik Magelang

Kota Magelang terletak di Propinsi Jawa Tengah, Magelang identik dengan Candi Borobudur. Kota Magelang, dulunya mendapat sebutan “tuin van java” atau kota kebun, karena begitu hijaunya kota ini. Selama ini Magelang memang bukan termasuk wilayah penghasil batik. Meski demikian jangan dikira kerajinan batik tidak hidup di daerah ini. Sekitar tahun 2007, sudah ada tiga jenis batik yang tumbuh di Magelang yakni batik cap, batik tulis atau canting dan batik kombinasi.

Batik sebagai warisan budaya terus maju dan berkembang. Terlebih setelah tahun 2009 lalu UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia, seluruh daerah berlomba menciptakan batik sesuai dengan identitas daerah masing-masing. Tak terkecuali di Magelang, beberapa tahun belakangan banyak bermunculan pengrajin yang berbasis di kampung-kampung menciptakan desain batik khas Magelang yang pada akhirnya motif batik ciptaannya diberi nama sesuai nama kampung mereka seperti Batik Bayeman (bermotif sayur bayam), Batik Jagoan (bermotif ayam jago), Kemirirejo (bermotif buah kemiri), dan lain sebagainya.

Batik Magelang Motif Kantil dan Motif Jagoan

Batik Magelang Motif Kantil dan Motif Jagoan

Sumber: http://narisbatik.blogspot.com

Batik Magelang Motif Bayeman dan Kemirirejo

Batik Magelang Motif Bayeman dan Kemirirejo

Sumber: http://narisbatik.blogspot.com

Walaupun setiap daerah mempunyai ciri motif yang berbeda, namun kebanyakan hanya sebuah sebuah imajinasi dan kreasi dari perajin batik yang ada. Saat ini setiap daerah cenderung latah membuat batik. Namun hal demikian justru akan merusak kebudayaan batik itu sendiri, karena makna yang tertuang dalam batik itu sendiri akan kurang mengena. Padahal sebenarnya, batik adalah budaya dimana di dalamnya terkandung filosofi dan ada pesan yang ingin disampaikan. Mengembangkan motif batik tidak salah, namun tetap harus ada budaya Indonesia. Magelang memiliki potensi batik yang bagus, yang dapat dikembangkan lebih serius.

Proses Membuat Batik Magelang

Proses Membuat Batik Magelang

Sumber: http://batikghani.blogspot.com

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Batik Magelang juga dikenal dengan motifnya water torn yang merupakan salah satu ikon Kota Magelang. Menara Air buatan Belanda yang berada di sebelah barat alun-alun Kota Magelang atau depan Masjid Agung. Ada juga motif kopi pecah, motif batik ini berbentuk daun-daun kopi, bunga dan buah kopi. Warnanya bisa hijau, biru, coklat, ungu dan aneka warna lain. Kopi kini menjadi bagian dari gaya hidup, gerai kopi menjamur dan sepertinya harga mahal bukan masalah. Sehingga kopi juga dituangkan dalam motif batik di daerah Losari Magelang.

Batik Magelang Motif Water Torn

Batik Magelang Motif Water Torn

Sumber: http://kub2010.blogspot.com

Batik Magelang Motif Kopi

Batik Magelang Motif Kopi

Sumber: http://kub2010.blogspot.com

Terdapat satu lagi motif yang unik dari Magelang yaitu Motif Candi Borobur. Motif batik ini biasanya digunakan sebagai sarung ketika pengunjung masuk Candi Borobudur.

Batik Magelang Motif Candi Borobudur

Batik Magelang Motif Candi Borobudur

Sumber: http://batikghani.blogspot.com

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Corak dan warna Batik Magelang terkenal karena berani memainkan warna sehingga cocok bagi mereka yang mau tampil prima dengan menggunakan kemeja atau busana batik. Selain menggunakan pewarna buatan atau sintetis, juga menggunakan warna berbahan dasar dari alam saperti kulit pohon mahoni, tingi, sabut kelapa, daun mangga, kulit buah manggis, kunyit, secang dan masih banyak lagi bahan alam lainnya.

Batik Magelang

Batik Magelang

Sumber: http://cahayabintangbaru.blogspot.com

Batik Magelang

Batik Magelang

Sumber: http://pusatpariwisatakotamagelang.blogspot.com

Batik Magelang

Sumber: http://batikghani.blogspot.com

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Sentra pembuatan Batik Magelang terdapat di beberapa desa di Magelang yaitu di desa Losari, desa Bayeman, desa Kemirirejo, dan lain sebagainya. Sahabat fitinline juga bisa mengunjungi Sekretariat Dekranasda Kota Magelang yang berada di Jalan Cempaka No. 6 Magelang.

Batik Magelang masih terkendala pemasaran, saat ini Batik Magelang masih dalam tahap mencari pasar. Pasar sendiri hingga saat ini masih dalam lingkup masyarakat Magelang dan beberapa kota besar seperti Jakarta dan Semarang. Selain pemasaran, pengembangan batik Magelang juga terkendala sumber daya manusia. Pemerintah Kota Magelang terus berupaya agar batik Magelangan dikenal di masyarakat. Salah satu dengan menjadikan batik menjadi salah satu seragam yang dipakai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Magelang. Selain itu sering diadakan lomba desain Batik Magelang untuk menggali lebih banyak lagi potensi yang akan dijadikan motif batik khas Magelang. Diadakannya pemilihan putera puteri Batik Magelang. Diadakannya pameran yang melibatkan pengrajin Batik Magelang karena bisa menjadi ajang promosi.

Pemilihan Putera Puteri Batik Magelang

Pemilihan Putera Puteri Batik Magelang

Sumber: http://buletinomahkayu.blogspot.com

Sahabat Fitinline bisa menjadikan Batik Magelang sebagai salah satu koleksi batik anda. Semoga bermanfaat.

Tags: jual kainjual kain batikjual batikjual kain batik murahtoko kaintoko kain batiktoko batiktoko batik onlinetoko kain batik onlinebeli kainbeli kain batikbeli batikbatik indonesiabelanja batikbelanja batik onlinemotif batikharga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.