Jabot

Jabot merupakan dekorasi pakaian yang sangat populer sebagai atribut seragam kerja di kalangan hakim di negara Inggris pada abad ke-17 dan 18. Pada perkembangan berikutnya jabot mulai diaplikasikan untuk menghias busana baik pria ataupun wanita yang diperuntukkan bagi keluarga istana kerajaan sebagai simbol strata sosial bagi pada masa itu. Sampai pada akhirnya jabot mulai dirancang dalam bentuk dan model yang lebih stylish untuk memberikan aksen berrumbai pada bagian leher hingga dada untuk menutupi kancing kemeja. 

 

Jabot

Sumber : http://www.verymerryseamstress.com/

Jabot

Sumber : http://www.lacarmina.com/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Jabot ini biasanya didesain dalam berbagai variasi pola dan ukuran yang disesuaikan dengan  bahan yang digunakan dan dibuat menyatu maupun terpisah dengan pakaian. Pada prinsipnya bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jabot terdiri dari bahan renda, kain lace, mutiara sintetis, serta manik manik  yang dikreasikan menjadi sebuah hiasan leher yang menggantung. Proses pembuatan jabot ini dapat dikerjakan menggunakan tangan maupun bantuan mesin jahit membentuk pola-pola tertentu. 

Jabot

Sumber : http://pinkabsinthe.deviantart.com/

Jabot

Sumber : http://www.highlandxpress.com/

Penggunaan jabot sebagai pelengkap pakaian formal wanita mampu menampilkan kesan anggun dan elegan bagi pemakainya. Tidak hanya terbatas pada kemeja bergaris halus maupun blouse  jabot juga bisa dikenakan sebagai penghias baju atasan berbahan sifon atau satin untuk memberikan tampilan kasual. 

Jabot

Sumber : http://pinkabsinthe.deviantart.com/

Jabot

Sumber : http://easyfashion.blogspot.com/

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Penambahan jabot sebagai penghias busana mampu memberikan kesan mewah dan glamor, oleh karena itu sebisa mungkin hindari pemilihan busana yang berwarna mencolok atau bermotif penuh untuk menhindari kesan yang berlebihan. Pilih busana yang berwarna netral seperti warna putih, krem, hitam, dan abu-abu. 

Jabot

Sumber : http://kiltshop.scottishtartans.org/

Jabot

Sumber : http://www.365daysofcraft.com/

Sebagai alternatif gaya berbusana sahabat Fitinline juga  bisa menggunakan jabot dalam setiap kesempatan untuk memberikan tampilan yang berbeda. Semoga bermanfaat.

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.