Article

Houndstooth

Houndstooth merupakan sebuah motif kain yang memiliki ciri khas berbentuk menyerupai gigi belakang anjing dalam bentuk kotak-kotak yang abstrak. Motif kain yang berasal dari berasal Skotlandia ini umumnya didominasi warna hitam dan putih maupun perpaduan warna kontras lainnya. Meski pada awal kemunculannya houndstooth hanya dibuat dari tenunan wool, namun pada perkembangan berikutnya motif ini mulai diaplikasikan pada berbagai material kain

 

Houndstooth

Sumber : http://i.ebayimg.com/

Istilah houndstooth konon mulai dikenal secara luas sejak novelis Sir Arthur Conan Doyle mencantumkan karakter anjing pemburu dalam cerita Sherlock Holmes pada salah satu novel berjudul The House of Baskervilles yang diterbitkan pada tahun 1901. Karya-karya Doyle yang cukup populer disebut-sebut turut memegang peranan penting dalam membuat istilah houndstooth yang terkenal hingga saat ini. 

Houndstooth

Sumber : http://www.namelessfashionblog.com/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Sepanjang tahun 1930-an, 1970 dan awal tahun 2000 motif houndstooth sudah beberapa kali menjadi tren dikalangan pecinta fashion khususnya untuk membuat shift dress maupun jaket dan kembali memeriahkan runway melalui koleksi Marc Jacobs di tahun 2008 dan koleksi Alexander McQueen pada tahun 2009. 

Houndstooth

Sumber : http://www.thefashionspot.com.au/

Tampilannya yang sederhana namun tegas, membuat gaya berpakaian dengan motif houndstooth banyak digemari oleh kaum pria sebagai perlambang pakaian musim dingin. Hal ini dikarenakan rajutan woll yang menampilkan motif houndstooth selalu diaplikasikan sebagai pakaian penghangat di musim dingin tiba.

Houndstooth

Sumber : http://www.fashionmagazine.com/

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Pada perkembangan berikutnya, nyatanya motif houndstooth tidak hanya digunakan sebagai pemanis pakaian musim dingin namun juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat yang bermukim dinegara tropis untuk membuat berbagai item fashion seperti dasi, kemeja, vest, sepatu, scarf, clutch atau produk lain. 

Houndstooth

Sumber : http://www.hautefashionafrica.com/

Beberapa selebrity Hollywood seperti Gwyneth Paltrow, Kim Kardashian, Lady Gaga, Fan Bing Bing dan Teresa Palmer bahkan kerap kali tampil dalam busana bernuansa houndstooth pada berbagai kesempatan. 

Houndstooth

Sumber : http://www.tracysnotebookofstyle.com/

Tertarik untuk mengenakan busana bermotif houndstooth, ada baiknya hindari penggunaan aksesoris yang terlalu mencolok karena motif houndstooth sendiri sudah terkesan penuh dan ramai.

Semoga bermanfaat.

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.