Article

Garnitur

Garnitur merupakan jenis bahan yang biasa digunakan untuk melengkapi suatu busana wanita atau lenan rumah tangga sehingga tampilannya menjadi lebih indah dan menarik. Secara fungsional bahan-bahan yang digunakan untuk menghias busana diantaranya berupa aplikasi, kancing, badge, bunga korsase, bulu burung, bisban, pita, dan renda yang ditempatkan pada bagian tertentu dengan cara dijahit atau dilem. Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam memilih dan menempatkan garnitur adalah pastikan jenis bahan, ukuran dan bentuk garnitur sesuai dengan desain baju yang akan dibuat. 

Garnitur

Sumber  : http://www.tokyofaces.com

Untuk membentuk detail hiasan tertentu pada busana wanita, salah satu jenis garnitur yang dapat digunakan yaitu berupa badge. Badge merupakan bordiran atau ornamen dari bahan metal yang dipasangkan dengan cara dijahit atau dilekatkan pada busana

Garnitur

Sumber : http://hendratii.blogspot.com

Selain badge, garnitur berbentuk pita dengan tepian kain (selvage) di kedua sisinya, bunga korsase (corsage), bulu imitasi (faux fur), dan renda juga dapat dijadikan sebagai hiasan sebuah busana wanita. Pita yang digunakan sebagai garnitur umumnya memiliki lebar dan warna yang beragam. 

Garnitur

Sumber : http://prudentbaby.com/

Seiring dengan pertumbuhan industri tekstil, pada perkembangannya renda yang digunakan sebagai garnitur oleh para fashion designer saat ini mulai mengalami modifikasi kedalam bentuk yang lebih bervariasi baik secara konstruksi maupun bahannya. Renda yang sering digunakan umumnya terbuat dari bahan katun, sutera, nylon, dan polyester.

Garnitur

Sumber : http://foto.okezone.com

Unsur warna dan motif yang mendominasi suatu bahan busana wanita secara tidak langsung juga berfungsi sebagai garnitur. Oleh sebab itulah untuk meminimalisir kesan berlebihan yang mungkin akan ditimbulkan, sebaiknya penempatan garnitur disesuaikan dengan bentuk dan struktur bahan utama sehingga tidak terlalu memenuhi latar belakang kainnya. 

Garnitur

Sumber : http://kotaduniafashionterkenal.blogspot.com

Disamping itu, pertimbangkan pula keseimbangan antara garnitur dengan bentuk busana yang dihiasinya. Supaya terlihat lebih simetris, bagian yang satu dengan bagian lainnya harus dibuat dalam bentuk dan ukuran yang sama. Misalnya bagian kiri dibuat sama besar dengan bagian kanan atau bagian atas dibuat sama besar dengan bagian bawah. 

Garnitur

Sumber : http://www.vemale.com

Namun jika ingin ingin mendapatkan bentuk lain yang lebih bervariasi namun tetap terkesan seimbang, bagian-bagian tersebut dapat pula dibuat berbeda satu sama lain. Misalnya penempatan garnitur pada bagian kanan atas dan kiri bawah atau sebaliknya.

Garnitur

Sumber : http://www.davialee.com

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.