Article

Homepage Article Jahit Menjahit Fungsi Bulu Kuda atau Canvassed…

Fungsi Bulu Kuda atau Canvassed Dalam Proses Pembuatan Jas

Pada artikel terdahulu Fitinline sebenarnya sudah pernah membahas sedikit mengenai teknik pembuatan jas dengan metode canvassed. Lalu canvassed itu sendiri sebenarnya apa sih dan mengapa jas pria harus diberi canvassed atau bulu kuda tersebut?. Cari tahu jawabannya yuk... 

Canvassed

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Bulu kuda atau canvassed sebenarnya merupakan sejenis bahan yang biasanya digunakan untuk melapisi bagian dada jas, mantel, atau jenis pakaian berkualitas tinggi lainnya seperti jas yang dijual oleh Hugo Boss. Bentuknya kurang lebih hampir sama dengan lembaran kain tipis yang berwarna agak kecoklatan. 

Canvassed

Sumber : http://kingsman.mitchatnim.co.il/

Seperti halnya viselin atau kain pelapis pada umumnya bulu kuda ini beberapa ada yang mempunyai lem. Lem yang terdapat pada bulu kuda atau canvassed pada dasarnya juga akan mencair jika diseterika pada bahan yang akan dilapisi.

Canvassed

Sumber : http://lenoeudpapillon.blogspot.co.id/

Teknik canvassed yang diterapkan dalam proses pembuatan jas sendiri sebenarnya dapat dibagi kedalam dua macam kategori, yaitu berupa half canvassed dan full canvassed. Tetapi konstruksi jas yang dibuat dengan full canvassed adalah yang paling nyaman meski harganya juga cukup mahal. 

Canvassed

Sumber : http://blog.knotstandard.com/

Half Canvassed

Half canvassed merupakan teknik pembuatan jas pria yang hanya menggunakan canvassed atau buntut kuda pada sebagian badannya. Teknik half canvassed ini cukuplah detail dan membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi dalam proses pengerjaannya karena harus dibuat mengunakan jarum khusus dan disom satu persatu. 

Canvassed

Sumber : https://www.linkedin.com/

Full Canvassed

Full canvassed merupakan teknik pembuatan jas pria yang menggunakan canvassed atau buntut kuda secara menyeluruh di bagian badan. Dari beberapa macam teknik pembuatan jas, teknik inilah yang paling sulit dan hanya tailor tertentulah yang bisa mengerjakan dengan baik. 

Canvassed

Sumber : https://www.linkedin.com/

Teknik full canvassed terbaik umumnya dikerjakan secara manual atau handmade. Dimana dalam proses pembuatan jas full canvased, setelah pemasangan canvassed akan ada extra lagi dalam pemasangan lengan dan krah. Jadi cukup rumit juga ya cara pembuatannya.

Canvassed

Sumber : http://www.cadandthedandy.co.uk/

Canvassed

Sumber : http://www.graziaa.com.sg/

Setelah menyimak pembahasan di atas sahabat Fitinline jadi makin tahukan apa yang dimaksud dengan canvassed atau bulu kuda yang biasa digunakan pada jas pria.

Semoga bermanfaat.

 

Mencari bahan kain yang berkualitas untuk membuat jas atau blazer?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Kain Seragam Jas Blazer

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.