Article

Homepage Article Desain Fesyen Fungsi Binder Pada Proses…

Fungsi Binder Pada Proses Sablon Manual

Dalam proses pembuatan sablon manual terdapat beberapa macam bahan campuran yang diperlukan, salah satu diantaranya yaitu berupa binder. Sejenis bahan berbentuk cairan yang memiliki warna seperti susu sapi meski sebenarnya tidak mengandung bahan pewarna. Lantas apa fungsi dari bahan tersebut?.

Binder Sablon

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Binder merupakan suatu bahan yang berfungsi untuk mengikat beberapa jenis bahan yang dicampur dalam pembuatan sablon. Binder ini umumnya bersifat lengket dan berbau agak menyengat, namun apabila kering akan menjadi seperti karet bening yang sangat lentur.

Binder Sablon

Sumber : http://alatsablonlengkap.blogspot.co.id/

Saat menyablon dengan menggunakan tinta karet warna maupun extender medium yang sudah pasti harus dicampur dengan pigmen warna misalnya, binder diperlukan sebagai pengikat agar kedua jenis tinta yang digunakan bisa menyatu.

Binder Sablon

Sumber : http://andalasclothing.co.id/

Pemberian cairan pengingat (binder) pada campuran tinta dengan pigmen warna itu penting namun harus diikuti juga dengan perbandingan yang sesuai, dalam artian tidak berlebihan ataupun kurang.

  • Bila sebuah sablon dibuat tanpa menggunakan binder sudah pasti pigmen atau pewarna yang digunakan akan terlepas dari tinta karena tidak ada bahan pengikatnya.
  • Jika pemberian cairan binder kurang maka beberapa warna akan terlepas dari tinta yang digunakan, meski tidak semuanya.
  •  Namun jika pemberian cairan binder ini berlebihan maka pigmen atau pewarna yang digunakan akan semakin terikat kuat pada tinta.

Binder Sablon

Sumber : https://makezine.com/

Penambahan binder ke tinta karet yang memiliki daya ikat terhadap pigmen warnanya kurang, sudah pasti dapat terbantu sehingga warnanya tidak akan luntur bila di cuci. Namun bila binder yang digunakan berlebihan maka akan menyebabkan tinta karet menjadi lebih lengket dari biasanya. 

Binder Sablon

Sumber : https://undergroundshirts.com/

Supaya hasil sablon yang didapatkan lebih maksimal, jadi jangan sampai mencampurkan binder secara berlebihan ya. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik sablon yang biasa digunakan oleh pengusaha garment atau konveksi, anda bisa mendownload E-Book kami Di Sini

E-Book Sablon

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.