Article

Boucle

Istilah boucle atau dalam bahasa Perancis lebih dikenal dengan nama boucler merupakan jenis bahan yang ditenun atau dirajut dengan tekstur berulang dari benang yang menampakkan permukaan bertunas. Untuk membuat boucle setidaknya dibutuhkan dua helai benang ikal yang memiliki panjang dan ukuran yang hampir sama, kemudian dirajut menjadi jalinan berulang mulai dari bentuk yang terkecil sampai besar. Boucle mulai populer sebagai bahan pembuatan jaket atau sweater sejak tahun 1950-an, dan menjadi sangat terkenal ketika  Chanel mempopulerkan style the boucle tweed jacket.

Boucle

Sumber : http://en.wikipedia.org/

Boucle

Sumber : http://stealherstyle.net/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Boucle dibuat dengan teknik pemintalan dua buah benang berupa serat wol atau campuran wol dengan serat lainnya dengan ketebalan dan tegangan yang berbeda, sehingga diperoleh hasil akhir menyerupai benang yang menggumpal. Pengaturan jarak pemintalan yang tepat akan menghasilkan boucle yang lebih indah dan teratur. 

Boucle

Sumber : http://global.rakuten.com/

Boucle

Sumber : http://sewingartistry.com/

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Pada dasarnya proses pemintalan pada semua jenis serat terdiri atas beberapa tingkatan berdasarkan variasi tipe serat dan hasil akhir yang dikehendaki. Dalam pembuatan boucle pertama-tama staple dibersihkan dengan cara disikat (carding) kemudian dipilah kedalam beberapa ikatan serat yang sejajar dengan cara disisir (combing). Proses ini bertujuan untuk memisahkan serat-serat berukuran panjang yang nantinya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan boucle dengan menghilangkan staple yang ukurannya lebih pendek. Selanjutnya serat-serat tersebut dipintal dengan cara ditarik dan diantih secara bersamaan.

Boucle

Sumber : https://jbanks35main.wordpress.com/

Boucle

Sumber : http://www.stitchpiecenpurl.com/

Untuk pembuatan bahan napped atau bahan yang memiliki tunas bulu seperti boucle, antihan diatur agak kendor untuk  mendapatkan tekstur kain seperti benang yang menggumpal. Sebagai variasi dapat ditambahkan dua atau lebih benang tunggal yang digintir secara bersamaan atau bisa juga berupa untaian benang tunggal dengan banyak variasi yang terdiri atas tingkat antihan atau garis tengah yang berbeda. 

Boucle

Sumber : https://jbanks35main.wordpress.com/

Boucle

Sumber : https://jbanks35main.wordpress.com/

Selain digunakan untuk membuat sweater dan jaket bahan boucle juga dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti sepatu dan sarung bantal sofa. Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.