Article

Homepage Article Cara Menjahit DIY : Kreasi Phone Charger…

DIY : Kreasi Phone Charger Holder Yang Unik Dari Bahan Kain

Bingung mencari sandaran untuk mengisi daya handphone / smartphone yang habis atau lowbat?. Buat sendiri yuk kreasi phone charger holder dari bahan kain biar kamu makin mudah untuk mengecas handphone / smartphone di stop kontak yang terdapat pada dinding.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Phone Charger Holder

Phone charger holder merupakan sebuah wadah yang didesain khusus untuk menggantung handphone / smartphone ketika daya baterainya sedang diisi. Jadi ketika handphone / smartphone yang kamu miliki kebetulan lowbat kamu bisa tetap mengecasnya di dekat stop kontak dengan mudah sekalipun kabel charger yang kamu pakai relatif cukup pendek.

Phone Charger Holder

Sumber : http://betulaloo.blogspot.com/

Cara Membuat Phone Charger Holder

Tertarik untuk membuat phone charger holder sendiri dengan memanfaatkan bahan kain sebagai material utamanya?. Sebagai referensi berikut kami bagikan panduan umum tentang cara membuat phone charger holder yang bisa kamu ikuti.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Untuk membuat phone charger holder yang memiliki desain sederhana pertama-tama siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Bahan kain katun, kain kanvas dan kain denim yang sesuai dengan selera kamu.
  • Kertas dan alat tulis untuk membuat pola phone charger holder.
  • Metlin atau penggaris untuk mengukur phone charger holder.
  • Gunting kain untuk memotong kain sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  • Kapur kain untuk menandai garis jahitan pada kain (opsional).
  • Mesin jahit untuk menjahit / menyatukan bahan phone charger holder.
  • Interfacing untuk melapisi phone charger holder biar menjadi keras dan kaku.
  • Setrika untuk menempelkan interfacing pada bahan kain.

2. Membuat Pola Phone Charger Holder

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah di sebutkan di atas sekarang kamu bisa mulai membuat pola phone charger holder dalam bentuk persegi panjang pada kertas yang sudah kamu siapkan.

Sebagai referensi, dalam pembuatan phone charger holder kali ini kamu bisa menggunakan ukuran 30 cm x 15 cm (12 inchi x 6 inchi). Tapi kalau kamu ingin membuat phone charger holder yang ukurannya lebih besar atau kecil kamu bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan.

Phone Charger Holder

3. Meletakkan Pola Pada Bahan

Letakkan pola phone charger holder pada bahan kain sebagai acuan dalam memotong bahan phone charger holder. Untuk menahan posisi pola agar tidak bergeser, sematkan jarum pentul dengan posisi arah kepala jarum menghadap ke dalam sementara bagian kepalanya menghadap keluar.

4. Memotong Bahan Kain

Setelah pola di letakkan diatas bahan kain, sekarang berilah tanda-tanda batas kampuh dengan menggunakan kapur jahit, lalu potong bahan kain sesuai pola yang sudah dibuat dengan menggunakan gunting yang tajam.

Untuk membuat satu buah phone charger holder sendiri setidaknya kamu perlu memotong 2 lembar bahan kain sesuai pola. Dalam hal ini bahan yang kamu pakai untuk membuat phone charger holder keduanya boleh sama atau berbeda.

  • Potong bahan kain mengikuti garis pola yang telah dibuat sebelumnya.
  • Pada waktu dipotong usahakan agar kain tidak terangkat atau diputar.

Biar bentuk phone charger holder yang dihasilkan nantinya lebih kokoh dan kaku jangan lupa tambahkan interfacing yang dipotong sesuai dengan pola, tanpa perlu lagi diberi tambahan kampuh.

Phone Charger Holder

Sumber : http://betulaloo.blogspot.com/

5. Menempelkan Interfacing

Selesai melakukan pemotongan bahan, sekarang tempelkan interfacing pada salah satu bagian buruk bahan kain dengan cara berikut.
Tempelkan interfacing pada bahan kain dengan posisi bagian buruk kain dan bagian interfacing yang memiliki perekat saling berhadapan.

  • Tekan interfacing secara perlahan dengan setrika yang panas dan pastikan semua bagian terkena gosokan.
  • Biar daya rekat interfacing lebih kuat kamu bisa juga menyetrika bagian kain utamanya.

6. Menjahit Phone Charger Holder

Apabila interfacing sudah terpasang pada salah satu bahan kain, sekarang kamu tinggal menjahit potongan-potongan bahan kain tersebut hingga membentuk phone charger holder yang cantik.

  • Tumpuk potongan bahan kain untuk phone charger holder dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan.
  • Jahit sekeliling bahan kain sesuai batas kampuh dengan tetap menyisakan sedikit celah untuk membaliknya.

Phone Charger Holder

Sumber : http://betulaloo.blogspot.com/

  • Balik bahan kain agar bagian baiknya berada di luar lalu press menggunakan setrika biar lebih rapi.

Phone Charger Holder

Sumber : http://betulaloo.blogspot.com/

  • Tindas sepanjang tepi bahan kain dengan pola jahitan berbentuk lurus untuk menutup celah dan memberikan tampilan akhir yang bagus.

Phone Charger Holder

Sumber : http://betulaloo.blogspot.com/

Phone Charger Holder

Sumber : http://betulaloo.blogspot.com/

  • Jika sudah lipat sepetiga bagian bawah persegi panjang untuk membuat kantung phone charger holder kemudian jahit sepanjang sisinya dengan pola jahitan berbentuk lurus.

Phone Charger Holder

Sumber : http://betulaloo.blogspot.com/

  • Selesai membuat kantung phone charger holder sekarang tempatkan steker untuk pengisi daya di bagian atas kantung phone charger holder lalu jiplak bentuknya dengan menggunakan pensil atau kapur kain.

Phone Charger Holder

Sumber : http://betulaloo.blogspot.com/

Phone Charger Holder

Sumber : http://betulaloo.blogspot.com/

  • Jahit zig zag sekeliling tepi lubang sesuai ukuran steker untuk pengisi daya biar tepi kainnya nanti tidak terurai lalu lubangi bagian tersebut dengan menggunakan gunting yang tajam.

Phone Charger Holder

Sumber : http://betulaloo.blogspot.com/

Phone Charger Holder

Sumber : http://betulaloo.blogspot.com/

7. Penyelesaian Akhir

Setelah kegiatan menjahit selesai dilakukan proses selanjutnya lakukan inspeksi untuk mengecek ada tidaknya jahitan yang terbuka, teknik jahit yang salah, benang yang tidak cocok dan benang yang kusut karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas produk.

Untuk menggunakan phone charger holder masukkan handphone / smartphone dan semua kabelnya ke dalam kantung sementara colokkan steker untuk pengisi daya diselipkan pada lubang phone charger holder.

Setelahnya kamu tinggal memasang colokkan steker untuk pengisi daya pada stop kontak yang terdapat pada dinding rumah.

Phone Charger Holder

Sumber : http://betulaloo.blogspot.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu terapkan untuk membuat phone charger holder. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline, semoga informasi yang kami bagikan lebih memudahkan kamu untuk membuat kreasi phone charger holder ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat phone charger holder?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi bahan Kain Kanvas dan Kain Denim yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.