Article

Homepage Article Pakaian Adat Deel Pakaian Khas Mongolia

Deel Pakaian Khas Mongolia

Mongol atau Mongolia merupakan sebuah negara yang berbatasan langsung dengan Rusia dan Cina. Kebudayaan dan kepribadian bangsa Mongol sangat dipengaruhi oleh cara hidup nomaden masyarakat setempat. Hal ini dapat dilihat dari desain baju dan model pakaian yang dikenakan oleh masyarakat Mongolia. 

Deel Mongolia

Sumber : http://www.myinternationaldepartures.com/

Sejak jaman kekaisaran, pakaian tradisional Mongol sendiri banyak mengalami perubahan. Hal ini disebabkan oleh kondisi lingkungan setempat yang didominasi oleh kawasan padang pasir dan juga pola hidup orang Mongol yang bersifat Nomaden. 

Deel Mongolia

Sumber : http://seeingthewoods.org

Deel atau Kaftan merupakan pakaian tradisional Mongol yang biasa dikenakan sebagai pakaian sehari-hari maupun hari-hari khusus. Meski sepintas terlihat sama, namun setidaknya terdapat beberapa perbedaan mendasar antara pakaian adat tradisional Mongol dengan pakaian adat Mongol modern.

Deel Mongolia

Sumber : http://www.mongoliatravelguide.mn/

Deel tradisional Mongolia didesain dalam bentuk longgar dan berlengan panjang dengan kerah tinggi dan dilengkapi aksen kain menumpuk di bagian depannya. Pakaian ini biasa dipadukan dengan selendang yang diikatkan di bagian pinggang. 

Deel Mongolia

Sumber : http://www.myinternationaldepartures.com/

Berbeda dengan deel tradisional Mongol, deel modern lebih memiliki variasi jahitan dekoratif, kerah yang lebih pendek dan terkadang lebih memiliki ornamen khas Mandarin.

Deel Mongolia

Sumber : http://www.mongolcom.mn/

Panjang dari Deel sendiri hanya seperempat bagian panjang kaki, sehingga orang Mongol juga memadukannya dengan celana panjang longgar. Bahkan tidak sedikit pula wanita Mongol yang memadu padankannya dengan penggunaan rok panjang.

Deel Mongolia

Sumber : http://www.myinternationaldepartures.com/

Disamping itu penggunaan perhiasan, jubah, tali pinggang dan sepatu boot juga menjadi bagian terpenting yang menjadi ciri khusus pakaian Mongol. Perhiasan kepala yang dikenakan oleh wanita Mongol biasa dibuat dari batu akik, batu mutiara, emas dan perak.

Deel Mongolia

Sumber : http://www.mongolia-travel-guide.com

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.