Article

Homepage Article Pakaian Adat Pakaian Adat Mantenan Dan…

Pakaian Adat Mantenan Dan Pesaan

Jawa Timur merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang terletak di sebelah timur pulau Jawa. Selain dikenal dengan kebudayaan ludruk, propinsi yang beribukota di Surabaya ini juga memiliki pakaian adat yang di sebut dengan mantenan. Pakaian ini umumnya di kenakan untuk upacara pernikahan. Karena mendapat banyak pengaruh kebudayaan dari Jawa Tengah, sepintas pakaian adat yang dikenakan oleh masyarakat Jawa Timur hampir mirip dengan pakaian adat Jawa Tengah. Perbedaan paling mencolok yang terdapat pada pakaian adat tradisional Jawa Timur adalah penggunaan penutup kepala atau odheng, arloji rantai, sebum dhungket atau tongkat, serta kain yang di selempangkan dari bahu kanan ke bahu kiri dengan motif hitam dan merah.

Pakaian Adat Jawa Timur

Pakaian Adat Jawa Timur

Sumber : http://abdulradzak.wordpress.com/

Pakaian Adat Jawa Timur

Sumber : http://nyobietoys.blogspot.com

Berbeda dengan pakaian adat Jawa Tengah yang melambangkan kesopanan serta tata krama yang baik dalam berperilaku dan bertutur kata, motif dan corak yang terdapat pada pakaian adat Jawa Timur lebih mencerminkan ketegasan namun juga tetap berkesan sederhana dengan menjunjung tinggi etika.

Pakaian Adat Mantenan

Pakaian Adat Jawa Timur

Sumber : https://djangki.wordpress.com/

Pakaian Adat Jawa Timur

Sumber : http://kampoengjutawan.blogspot.com/

Selain busana Mantenan, terdapat pula pakaian tradisional khas Madura yang disebut dengan pesa’an. Pakaian pesa’an tidak hanya digunakan untuk acara pernikahan atau acara khusus, namun juga dapat digunakan sebagai pakaian keseharian pada jaman dahulu kala. Pakaian yang diperuntukkan bagi kaum pria Madura ini terdiri atas celana longgar dan kaos bergaris merah putih sehingga terkesan sangat sederhana, sementara untuk kaum wanita biasanya menggunakan kebaya dengan warna cerah yang mencolok.

Pakaian Adat Madura

Pakaian Adat Jawa Timur

Sumber : http://jawatimuran.wordpress.com/

Pakaian Adat Jawa Timur

Sumber : http://www.azamku.com/

Warna cerah dan kuat dalam busana madura digunakan sebagai perlambang karakter masyarakat Madura yang berani, tegas, tidak pernah ragu-ragu dan terbuka dalam menyampaikan pendapatnya. Sementara untuk bangsawan madura umumnya menggunakan jas tutup polos dan kain panjang, lengkap dengan atribut yang menunjukan derajat kebangsawanan seseorang yakni dengan pemakaian tutup kepala atau odheng.

Pakaian Adat Madura

Pakaian Adat Jawa Timur

Sumber : http://www.antarafoto.com/

Pakaian Adat Jawa Timur

Sumber : http://jualbajuadat.blogspot.com/

Keberadaan pakaian adat daerah merupakan salah satu warisan budaya yang patut untuk dilestarikan. Semoga artikel hari ini bisa menambah pengetahuan Sahabat Fitinline mengenai jenis pakaian tradisional Indonesia. Semoga bermanfaat.

Tags: jual bajujual baju batikjual baju onlinejual pakaian wanitajual pakaian onlinetoko baju batiktoko baju batik onlinetoko baju batik wanita dan priatoko baju onlinetoko baju wanitatoko busana onlinebeli baju batikbeli baju batik wanita dan priabeli baju onlinegambar baju batikdesain baju batikfashion batikfashion wanitafashion baju terbarufashion designfashion designerdesigner indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.