Article

Homepage Article Cara Menjahit Teknologi Terbaru Yang Digunakan…

Teknologi Terbaru Yang Digunakan Pada Industri Garmen Di Tahun 2022

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin lama semakin canggih, tentunya teknologi ini tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Dengan adanya teknologi ini akan membuat kehidupan manusia yang semakin dipermudah. Teknologi sangat membantu aktivitas dan pekerjaan manusia dalam sehari-hari bahkan dengan adanya teknologi ini segala sesuatu bisa menjadi lebih cepat, salah satunya teknologi yang banyak digunakan pada industri garmen yang dapat membuat proses produksi semakin cepat dan lebih efisien. Dalam setiap tahun banyak teknologi yang semakin update dengan versi terbaru. Misalnya di industri garmen ini sudah menggunakan teknologi terbaru di tahun 2022. Apa saja teknologi terbaru di tahun 2022 dalam industri garmen ? Ya, simak terus artikel ini kita akan bahas di pembahasan berikutnya.

Beberapa hal yang akan kita bahas di artikel ini mengenai Teknologi Terbaru Yang Digunakan Pada Industri Garmen Di tahun 2022, diantaranya sebagai berikut :

Sekilas Definisi Tentang Teknologi

Sebelum kita membahas lebih jauh terkait teknologi terbaru yang digunakan pada industri garmen, baiknya kita mengenal dulu apa itu teknologi. Teknologi sendiri secara umum merupakan keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang atau fasilitas yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia sehingga akan mempermudah aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia dimulai dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana, misalnya  mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Untuk di industri garmen teknologi yang bisa membantu memudahkan pekerjaan manusia diantaranya seperti mesin potong, mesin cetak marker,dsb.

Teknologi Garmen

Sumber : https://www.maxmanroe.com/

Peran Teknologi Dalam Industri Garmen

Peranan teknologi dalam industri garmen ini sangatlah penting dan seluruh pelaku garmen disarankan untuk segera memiliki teknologi agar tidak tertinggal dengan industri yang lain. Ada beberapa peran teknologi yang membuat proses produksi di industri garmen ini berkembang pesat, diantaranya sebagai berikut :

1. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Produk Yang Dihasilkan

Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sebuah produk ini memang teknologi mempunyai peranan yang sangat penting. Dengan menggunakan mesin yang berteknologi tinggi dan canggih dalam proses produksi maka dapat membantu industri garmen untuk membuat kualitas produk tetap stabil dan baik. Selain kualitas yang stabil dan baik tentunya dengan mesin yang berteknologi tinggi ini akan menghasilkan produk garmen dengan kuantitas yang lebih banyak dan cepat.

2. Efisiensi Fixed Cost

Jika menggunakan mesin yang berteknologi tinggi pada industri garmen juga akan memeberikan dampak pada jumlah pekerja yang dibutuhkan pada industri garmen akan berkurang, karena dengan menggunakan mesin berteknologi tinggi maka jumlah pekerja yang dibututhkan lebih sedikit dan proses produksi menjadi lebih singkat.

3. Mempercepat Produksi Pakaian Jadi

Di industri garmen ini dituntut untuk bisa memproduksi pakaian jadi dengan cepat namun kualitasnya tetap  diutamakan dan terjaga. Untuk mencapai hal tersebut maka harus memanfaatkan teknologi yaitu software pola khusus (optitex), dan mesin-mesin otomatis seperti yang digunakan untuk proses potong, pergelaran kain, cetak pola, dsb guna untuk mempermudah dan mempercepat proses produksi sehingga pakaian jadi akan semakin cepat dipasarkan.

4. Mengurangi Jumlah Jam Kerja Untuk Produksi yang Sama

Dengan menggunakan mesin berteknologi tinggi pada industri garmen ini juga bisa berdampak pada pengurangan jumlah jam kerja untuk produksi yang sama.

Teknologi Garmen

Sumber : https://majoo.id/

Beberapa Teknologi Terbaru Di Tahun 2022 Pada Industri Garmen

Sebelumnya sudah kita bahas sedikit mengenai peran teknologi di industri garmen dan  ada beberapa teknologi terbaru di tahun 2022 yang digunakan pada beberapa industri garmen. Apa saja yang termasuk teknologi terbaru?

Berikut kita uraikan teknologi terbaru di tahun 2022 pada industri garmen, diantaranya sebagai berikut :

1. Block Chain

Teknologi block chain ini merupakan suatu sistem penyimpanan transaksi digital. Blockchain akan melakukan pencatatan secara permanen terhadap setiap transaksi yang dilakukan. Sistem tersebut terletak dalam sebuah database publik yang disebut dengan ledger atau buku besar. Penerapan teknologi ini dalam industri garmen adalah menambahkan sebuah chip atau tag ke produk pakaian jadi dimana nanti chip atau tag digunakan untuk menyimpan seluruh data yag relevan mengenai produk tersebut. Misal data pemasik, pelacakan pengiriman,dsb

Adapun beberapa keuntungan jika menggunakan teknologi ini dalam industri garmen, diantaranya sebagai berikut :

  • Penjualan barang palsu dapat dicegah dengan memanfaatkan teknologi blockchain
  • Adanya Radio Frequency Identification atau yang lebih dikenal dengan RFID pada pakaian serta inventaris untuk pelacakan secara instan dan lain sebagainya.
  • Penggunaan teknologi blockchain dapat mencegah pengeluaran sertifikasi ganda, seperti kapas organik.

Teknologi Garmen

Sumber : https://unida.ac.id/

2. Teknologi Manufaktur

Dengan teknologi ini membuat industri garmen menjadi lebih produktif dan efisien karena semua proses pembuatan pakaian jadi serba digital. Dampak dari adanya teknologi manufaktur ini menjadi proses produksi pakaian lebih cepat, limbah yang dihasilkan dari proses produksi menjadi lebih sedikit dan waktu menuju market jauh lebih pendek. Contoh untuk teknologi manufaktur di industri garmen seperti fitur mesin pemotongan laser, mesin lubang kancing, teknologi pencetakan 3D, teknologi pencetakan tekstil digital, dsb.

3. Cloud Computing

Teknologi ini memudahkan indusyri garmen dalam implementasi teknologi digital dan industri garmen tidak lagi mengeluarkan biaya yang besar dalam implementasi teknologi. Teknologi cloud computing memungkinkan data hingga laporan yang dimiliki industri garmen tersebut dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Ada beberapa contoh teknologi cloud computing yaitu sebagai berikut ini:

  • Software Management Skill, teknologi ini dirancang khusus untuk industri garmen yang berfokus pada digitalisasi pakaian
  • Machine Management Solution, teknologi ini dirancang agar tim manajemen dan tim pemeliharaan memiliki wawasan (insight) secara real time untuk seluruh proses manajemen mesin pada industri garmen.
  • Solusi Software Management Quality Berbasis Cloud, teknologi ini dapat membantu industri garmen meringkas pemeriksaan kualitas hasil produksi melalui proses yang didukung dengan tampilan yang sangat mudah diimplementasikan dan digunakan.

4. Big Data

Big data merupakan sekumpulan data yang sangat besar, dimana pengelolaan data yang besar tersebut sulit jika dikelola dengan aplikasi pemrosesan data secara tradisional. Kumpulan data yang sangat besar ini dapat menghasilkan intelijen bisnis yaitu sekumpulan teknik yang digunakan untuk mentransformasi data mentah kemudian menjadi informasi yang berguna untuk analisis bisnis. Teknologi big data dalam industri garmen dapat membantu untuk mengetahui preferensi hingga memprediksi tren fashion ke depannya. Hal ini sangat berguna karena membuat perusahaan dapat menawarkan produk dan layanan yang lebih akurat dan lebih fokus serta produksi pakaian jadi benar-benar dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan setiap pelanggan.

Teknologi Garmen

Sumber : https://bleuwire.com/

Demikian pembahasan di artikel Fitinline ini mengenai Teknologi Terbaru Yang Digunakan Dalam Industri Garmen Di Tahun 2022. Semoga setelah kamu membaca dan memahami artikel ini dapat menambah wawasan dan memberikan manfaat mengenai apa saja teknologi-teknologi terbaru yang sudah diterapkan oleh beberapa industri garmen.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.