Article

Homepage Article Kain Ciri Khas dan Pemanfaatan…

Ciri Khas dan Pemanfaatan Bahan Kain Laminated Waterproof

Kain  laminated waterproof dikenal sebagai salah satu bahan kain yang sangat cocok dipakai untuk banyak keperluan. Buat anda yang mau tahu lebih detail lagi tentang karakteristik kain laminated waterproof dan pemanfaatannya langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengenalan Kain Laminated Waterproof

Kain laminated waterproof merupakan sejenis kain berbahan dasar poliester yang bagian dalamnya diberikan laminasi (lapisan anti air semacam balon) sehingga tidak tembus air, walaupun permukaan luarnya tetap terkena air. Selain itu kain ini juga terkenal kuat dan memiliki daya tahan yang tinggi lho.

Kain Waterproof

Sumber : https://fitinline.com/

Karakteristik Kain Laminated Waterproof

Tidak jauh beda dengan bahan kain yang lainnya, kain laminated waterproof pada prinsipnya juga memiliki keistimewaan tersendiri. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan bahan kain laminated waterproof diantaranya:

  • Kain laminated waterproof memiliki coating laminasi yang kuat.
  • Kain laminated waterproof memiliki kepadatan bahan yang tinggi.
  • Kain laminated waterproof memiliki karakteristik kuat dan tidak mudah sobek.
  • Kain laminated waterproof memiliki ketebalan dan kemampuan yang sempurna untuk menahan air agar tidak tembus.
  • Kain laminated waterproof tidak menerawang atau transparan.
  • Kain laminated waterproof aman bagi orang yang memiliki kulit sensitif termasuk bayi.
  • Kain laminated waterproof cenderung tidak mudah kusut karena memiliki kandungan serat poliester di dalamnya.

Pemanfaatan Kain Laminated Waterproof

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari kain laminated waterproof ini secara umum sangat populer untuk membuat bermacam-macam produk yang menarik seperti sprei waterproof. Tujuan utamanya tidak lain adalah untuk memberikan fungsi tahan air pada sprei yang dihasilkan.

Beberapa kelebihan sprei waterproof yang dibuat dari kain laminated waterproof diantaranya:

  • Dapat digunakan untuk melindungi kasur dan springbed dari keringat, ompol bayi, muntah atau tumpahan cairan agar tidak tembus ke bawah kasur.
  • Bisa dijadikan solusi yang ideal untuk menjaga kebersihan dan ketahanan kasur, sehingga umur kasur akan menjadi lebih panjang.
  • Berperan penting untuk melindungi kasur dari tungau dan debu yang berbahaya untuk kulit dan saluran pernafasan.
  • Bisa dipakai untuk menekan penggunaan pampers pada saat balita tertidur sehingga dapat mengurangi pengeluaran bulanan.
  • Dapat digunakan untuk mencegah adanya alergi sehingga kesehatan kulit keluarga dapat senantiasa terjaga.
  • Sprei waterproof  juga dapat meringankan beban para ibu dalam mengganti sprei.

Selain dipakai untuk membuat sprei waterproof, kain yang memiliki coating laminasi ini umumnya juga cocok digunakan untuk membuat berbagai kreasi seperti lunch bag, beach tote bag, wet bag, travel pouch, handbag, tirai dan lain sebagainya.

  • Lunch bag merupakan tas yang dapat dipakai untuk membawa bekal atau kotak makan. Selain bersifat anti air, lunch bag yang dibuat dari bahan kain laminated waterproof umumnya juga dapat menahan beban dengan sangat kuat.
  • Beach tote bag merupakan sejenis tas yang bisa digunakan untuk pelengkap gaya penampilan saat ke pantai. Tas ini dapat dipakai untuk menyimpan pakaian, alas kaki, topi dan berbagai keperluan lain.
  • Wet bag merupakan kantong yang didesain khusus untuk menyimpan sementara cloth menstrual pad, pakaian bayi yang kotor, cloth diaper pakaian yang basah sehabis berenang.
    • Wet bag dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti yang sangat baik dari plastik sekali pakai.
    • Dengan menggunakan wet bag berarti anda sudah turut serta mendukung program ramah lingkungan.
  • Travel pouch merupakan sejenis wadah multifungsi yang dapat dipakai untuk menyimpan bermacam-macam barang seperti halnya dompet, kunci, make up dan peralatan ibadah agar lebih rapi dan tidak berantakan.
  • Hand bag merupakan salah satu jenis tas yang memiliki ciri sangat khas yakni berupa tali untuk mengaitkannya pada lengan ketika digunakan. Salah satu contohnya yakni berupa totebag berbentuk kotak yang dilengkapi dengan pegangan di bagian atasnya.
  • Tirai merupakan potongan kain atau tekstil yang digunakan untuk menghalangi cahaya.

Merawat Kain Laminated Waterproof

Sekalipun bahan kain laminated waterproof memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menahan air, namun tetap saja kain ini juga perlu dirawat dengan cara yang tepat agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.

Untuk membersihkan sprei waterproof yang dibuat dari kain laminated waterproof misalnya anda dapat menerapkan beberapa cara sederhana sebagai berikut.

  • Segera bersihkan sprei waterproof bila terpapar noda terutama noda ompol, karena ompol sendiri merupakan cairan asam yang tajam.
  • Rendam sprei dengan detergent secukupnya (jangan terlalu banyak dan jangan terlalu lama).
  • Kucek sprei dengan menggunakan tangan terutama pada area yang terkena noda.
  • Bilas sprei sampai bersih kemudian jemur ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, bisa juga diangin-anginkan saja.

Biar sprei waterproof yang anda miliki tetap awet dan tidak mudah rusak, sebaiknya selalu lapisi bagian atasnya dengan sprei berbahan kain biasa saat digunakan. Dengan begitu setidaknya debu dan noda membandel akan menempel pada sprei biasa dan dapat dicuci dengan mudah.

Untuk merawat produk lain seperti halnya lunch bag, beach tote bag, wet bag, travel pouch, handbag, tirai yang dibuat dari bahan kain laminated waterproff terapkan juga prinsip yang sama seperti cara merawat sprei.

Simak juga pembahasan tentang Rekomendasi 10 Jenis Kain Sprei Terbaik dan Cara Merawatnya kalau anda mau tahu lebih banyak lagi mengenai jenis-jenis bahan kain yang biasa dipakai untuk membuat sprei.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah karakteristik bahan kain laminated waterproof (anti air) dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain laminated waterproof berkualitas dengan harga murah untuk membuat sprei dan berbagai produk lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Laminated Waterproof yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.