Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Menarik Motif Tartan…

7 Fakta Menarik Motif Tartan Balmoral Yang Dikenakan Ratu Elizabeth II

Tampil mempesona di hadapan publik untuk terakhir kalinya dalam balutan cardigan panjang berwarna abu-abu dan rok tartan yang berwarna senada pada Selasa 6 September 2022. Tahukah anda bahwa rok motif kotak-kotak yang dikenakan oleh mendiang Ratu Elizabeth II kala itu ternyata bukan sembarang rok tartan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Motif Tartan

Motif tartan yang juga dikenal dengan sebutan “Scottish Plaid” termasuk ke dalam salah satu motif kotak-kotak yang terbentuk oleh garis-garis dengan lebar yang bervariasi. Penggunaan motif tartan yang paling umum dan bersejarah yaitu pada kilt Skotlandia.

  • Motif tartan tercipta dari susunan garis horizontal dan vertikal yang saling berpotongan dan secara keseluruhan membentuk berbagai ukuran kotak pada kain.
  • Motif tartan secara umum dibuat dengan tenun benang yang terdiri dari warp dan weft yang kemudian digabungkan.
  • Ketika benang di warp melintasi benang di weft yang berwana sama maka akan menghasilkan warna yang solid.
  • Sedangkan ketika benang di warp melintasi benang di weft dengan warna yang berbeda maka akan menghasilkan campuran dari dua warna dan terciptalah motif tartan.
  • Motif tartan biasanya menampilkan tiga atau lebih warna sebagai tambahan dari warna dasarnya.

Motif Tartan Balmoral

Sumber : https://www.tartanregister.gov.uk/

Khusus untuk aplikasinya pada produk fashion kekinian, motif tartan sendiri kebanyakan hadir dalam warna-warna yang cerah seperti merah, hijau, biru dan kuning. Padahal selain didominasi oleh sejumlah warna tersebut, ada juga motif tartan yang tersusun atas berbaga variasi warna lain yang tidak kalah menarik.

Salah satu diantaranya yakni berupa motif tartan Balmoral khas Kerajaan Inggris yang konon dirancang sesuai warna granit Aberdeenshire, tempat Balmoral Estate berada sehingga tampilannya tampak eksklusif dan sarat akan makna.

Motif Tartan Balmoral

Sumber : https://nivord.artstation.com/

Fakta Motif Tartan Balmoral

Berbicara mengenai motif tartan Balmoral lantas apa saja hal-hal unik yang membedakannya dengan motif tartan yang lain?. Untuk menjawab rasa penasaran anda, berikut kami bagikan beberapa fakta unik dan menarik dari motif tartan Balmoral khas Kerajaan Inggris yang penting untuk anda ketahui.

1. Didesain Oleh Pangeran Albert

Motif tartan Balmoral menjadi satu-satunya motif tartan yang didesain oleh seorang anggota keluarga Kerajaan Inggris yakni Pangeran Albert, suami dari Ratu Victoria.

2. Diciptakan Khusus Pada Tahun 1853

Motif tartan didesain secara khusus pada tahun 1853. Pangeran Albert, suami dari Ratu Victoria menamainya tartan Balmoral sesuai dengan nama kastil yang menjadi kediaman anggota kerajaan di Royal Deeside, Aberdeenshire, Skotlandia.

3. Dikenakan Sejak Ratu Victoria

Motif tartan Balmoral khas Kerajaan Inggris yang menghiasi rok Ratu Elizabeth II saat tampil dihadapan publik untuk terakhir kali sudah dikenakan oleh para anggota kerajaan sejak zaman kekuasaan Ratu Victoria.

Ratu Victoria kemudian mewariskannya ke generasi-generasi berikut sampai akhirnya ke tangan cicit anaknya, yang tidak lain adalah Ratu Elizabeth II. Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II pun diketahui memang suka memakai rok tartan ketika menghabiskan waktu di Skotlandia.

  • Pada tahun 2017 Ratu Elizabeth II diketahui pernah mengenakan rok motif tartan Balmoral saat menerima kunjungan Julie Payette selaku Canadian Governor General Designate bertamu.
  • Belum lama ini rok serupa juga sempat dikenakan oleh Ratu Elizabeth II ketika tampil di hadapan publik untuk terakhir kalinya saat melaksanakan tugas resmi kenegaraan, yaitu audiensi dengan Perdana Menteri baru Inggris, Liz Truss.

Motif Tartan Balmoral

Sumber : https://www.theguardian.com/

Tak diketahui berapa banyak rok tartan serupa yang dimiliki oleh Ratu Elizabeth II. Namun beberapa sumber menyebutkan rok tersebut sempat dipamerkan di Kastil Balmoral dalam rangka perayaan 70 tahun Ratu mengabdi (Platinum Jubilee) beberapa bulan lalu.

Motif Tartan Balmoral

Sumber : https://www.rct.uk/

4. Terinspirasi Dari Granit Aberdeenshire

Warna abu-abu, hitam dan merah yang khas pada motif tartan Balmoral konon dirancang sesuai warna granit Aberdeenshire, tempat Balmoral Estate berada.

  • Motif tartan Balmoral memiliki ciri khas berupa kotak-kotak yang bergaris tepi merah dan hitam.
  • Motif tartan Balmoral memiliki latar abu-abu sebagai warna dasar.
  • Terdapat pula garis putih dan hitam yang dijahit bersamaan sehingga tampilannya menyerupai tekstur granit kastil Balmoral.

5. Memiliki Konstruksi Yang Unik 

Motif tartan Balmoral memiliki konstruksi yang unik. Untuk mencapai tampilan granit kasar yang akrab dengan Royal estate, benang hitam dan putih yang menghiasi motif tartan Blmoral dipilin menjadi satu / dicampur dalam proporsi yang berbeda.

6. Aplikasi Motif Tartan Balmoral

Motif tartan Balmoral banyak diaplikasikan pada rok untuk wanita dan kilt untuk pria. Selain itu motif tartan Balmoral juga terlihat indah menghiasi banyak perabotan di Istana Balmoral.

Kilt sendiri merupakan kain yang melingkar di pinggang dan diikat dengan belt serta dilengkapi dengan sporran (tas kecil yang menggantung pada bagian depan).

7. Tidak Boleh Digunakan Sembarangan

Meski aplikasinya cukup luas, motif tartan Balmoral tidak boleh digunakan sembarangan. Sebab hanya orang-orang yang mendapat izin dari Ratu Inggris yang boleh mengenakannya.

  • Motif tartan Balmoral telah menjadi milik pribadi Keluarga Kerajaan dan tidak boleh dikenakan sembarangan tanpa izin dari Ratu Inggris.
  • Satu-satunya orang lain yang diizinkan untuk memakai motif tartan Balmoral adalah Piper to the Sovereign dan piper dari perkebunan Balmoral.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta unik dan menarik seputar motif tartan Balmoral khas Kerajaan Inggris yang dapat kami bagikan untuk anda. Sterlah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan mengapa motif tartan Balmoral dianggap eksklusif daripada motif tartan yang lainnya.

Yang pasti meskipun sudah menjadi motif tradisional bangsa Skotlandia yang diciptakan sejak ratusan tahun lalu tepatnya sejak abad ke-16, motif tartan tetap bertahan menjadi motif yang digemari oleh banyak orang sampai hari ini.

Untuk mengetahui lebihdetail lagi tentang aplikasi motif tartan dalam berbagai fashion item modern, simak juga pembahasan berikut.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.