Article

Homepage Article Desain Fesyen Cara Mudah Memilih, Membuat,…

Cara Mudah Memilih, Membuat, Merawat Serta Memadupadankan Jaket Puffer

Jaket puffer dapat dikategorikan ke dalam jenis jaket yang sangat identik dengan musim dingin karena sejak awal memang diciptakan untuk memaksimalkan kehangatan pada tubuh. Meski fungsi utamanya sebagai pakaian hangat, bukan berarti jaket puffer ini tidak bisa digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan yang keren lho.

Definisi Jaket Puffer

Jaket puffer yang juga termasuk ke dalam model quilted jacket sebenarnya merupakan jenis jaket yang bahannya bergelembung karena ada lapisan di dalamnya. Dengan modelnya yang sedemikian unik, jaket puffer sangat cocok untuk digunakan untuk menahan udara dingin serta menjaga tubuh agar tetap hangat ditengah cuaca ekstrim.

Jaket Puffer

Sumber : https://www.endclothing.com/

Khusus di Indonesia sendiri jaket puffer mungkin tidak sepopuler di negara-negara Eropa atau negara lain yang setiap tahunnya mengalami musim dingin. Tapi kalau anda ingin tampil keren dengan jaket puffer tidak ada salahnya jika anda mengenakan jaket tersebut sebagai pelengkap busana kerja maupun keperluan lainnya.

Jaket Puffer

Sumber : https://www.zalora.com.ph/

Keistimewaan Jaket Puffer

Dibalik tampilannya yang memang cukup unik, jaket puffer sebenarnya terkenal sangat tangguh ketika digunakan saat musim dingin. Selain bersifat menghangatkan tubuh, jaket puffer sendiri umumnya juga menawarkan banyak keistimewaan yang mungkin tidak dimiliki jenis jaket lainnya lho.

Jaket Puffer

Sumber : https://www.skateshop.gr/

  1. Jaket musim dingin model puffer biasanya memiliki tampilan yang lebih bervolume dibandingkan jaket pria maupun jaket wanita lainnya.
  2. Jaket puffer ini juga dikenal sebagai padded jacket. Tapi karena modelnya yang puffy atau menggembung, jadi jaket ini juga disebut sebagai jaket puffer.
  3. Jaket puffer dinilai paling efektif untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin yang ekstrem. Karena memang jaketnya didesain untuk menahan angin dan memberikan rasa hangat pada tubuh pemakainya.
  4. Jaket musim dingin model puffer kebanyakan memiliki karet ataupun bur pada bagian lengan, jadi anda tidak perlu takut untuk mengenakannya di cuaca ekstrem karena jaket ini sudah pasti aman dan nyaman.
  5. Jaket puffer saat ini sudah menjadi salah satu jenis jaket yang memiliki sifat unisex. Modelnya yang simple namun tetap terkesan eksklusif bisa dikenakan oleh semua gender baik peia maupun wanita.
  6. Jaket puffer hampir sebagian besar dilengkapi dengan dua buah saku yang terdapat pada sisi depan. Saku ini tidak hanya berfungsi untuk menyimpan barang-barang seperti dompet dan handphone, tapi juga berfungsi sebagai pengganti sarung tangan.
  7. Pada keseluruhan jaket puffer hampir sebagian besar pembuka dan penutupnya dilengkapi ritsleting, dengan demikian jaket ini jadi lebih mudah untuk dipakai dan dilepas setiap waktu.

Tips Memilih Jaket Puffer

Tertarik untuk menjadikan jaket puffer sebagai fashion statement anda?. Sebelum memutuskan untuk membeli jaket puffer simak dulu yuk beberapa hal penting yang wajib untuk anda jadikan bahan pertimbangan.

1. Desain dan Potongan Jaket

Rumus utama yang dapat anda jadikan acuan dalam memilih jaket puffer yaitu pilih jaket yang cocok dengan tubuh dan penampilan anda.

  • Pertimbangkan konstruksi jaket puffer, termasuk tekstur bahan dan tingkat ketebalan kainnya.
  • Bayangkan pakaian apa yang hendak dipadukan dengan jaket itu dan penampilan macam apa yang hendak anda hadirkan.

2. Bahan Jaket

Cari tahu dulu jenis bahan kain apakah yang direkomendasikan untuk membuat jaket puffer tersebut. Sebab bahan-bahan yang dipakai untuk membuat jaket puffera biasanya berbeda dengan jenis bahan kain yang sering digunakan jenis-jenis jaket lainnya.

  • Jaket puffer umumnya banyak dibuat dari bahan kain nylon, down dan bahan kain parasut yang memiliki karakteristik lembut dan empuk.
  • Untuk lapisan dalamnya biasa ditambahkan dakron lembaran yang dijahit menyatu dengan bahan utama jaket menggunakan teknik quilting.

3. Warna Jaket

Berlanjut ke unsur berikutnya yakni unsur warna. Untuk mendapatkan jaket puffer yang tepat, warnanya bisa disesuaikan dengan warna rambut atau kalau mau aman pilih saja jaket yang berwarna netral agar lebih mudah dipadupadankan dengan keseluruhan outfit.

  • Pilihlah jaket puffer yang berwarna netral supaya anda lebih mudah memadu padankannya dengan warna kaos atau kemeja yang anda gunakan.
  • Kalau anda ingin tampil sedikit beda maka anda bisa memilih jaket puffer yang warnanya lebih terang atau kontras dengan ouftit yang anda kenakan.

4. Ukuran Jaket

Jaket puffer yang dijual di pasaran biasanya dibuat dengan standar ukuran tertentu yang sudah ditetapkan oleh produsen, karena itulah penting bagi anad untuk memperhatikan kesesuaian ukurannya dengan badan anda.

  • Pilihan terbaik kenakan ukuran jaket yang pas dengan postur tubuh agar tampilan anda terkesan semakin menarik.
    • Ukuran jaket puffer yang pas baiknya tidak kebesaran atau kekecilan.
    • Panjang jaket puffer idealnya memiliki ukuran sebatas pinggang.
  • Sementara untuk panjang lengannya jangan sampai melebihi telapak tangan karena akan nampak kebesaran.
  • Jangan mencari ukuran jaket puffer yang terlalu longgar atau terlalu besar apalagi jika anda memiliki postur tubuh yang cenderung kurus.

5. Sesuaikan Budget

Untuk menghemat pengeluaran sebaiknya sesuaikan harga jaket yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan anda. Jangan hanya kerena ingin tampil gaya terus anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain.

6. Jahitan Jaket

Untuk memastikan bahwa jaket puffer yang anda beli memang benar-benar berkualitas baik perhatikan bentuk jahitanya. Jaket puffer yang bagus seharusnya dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus.

  • Jahitan jaket puffer yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng,  tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Obrasan pada tepi jaket harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang, resleting maupun pelengkap pakaian lainnya.

Tips Membuat Jaket Puffer

Ingin membuat jaket puffer untuk keperluan menghangatkan tubuh sekaligus pelengkap gaya penampilan. Sebagai bahan pertimbangan berikut kami bagikan beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat jaket pria dan wanita dengan model puffer.

  1. Tentukan desain jaket puffer yang diinginkan, dalam hal ini anda bisa membuat sketsa terlebih dahulu di media kertas atau langsung di aplikasi desain.
  2. Untuk membuat jaket puffer tentukan pula variasi warna yang digunakan, tapi sebaiknya jangan terlalu banyak.
  3. Setelah menentukan desain dan warna selanjutnya anda bisa membawa desain tersebut ke konveksi jaket yang sudah terpercaya untuk mengerjakan jaket anda.
  4. Tanyakan pada pihak konveksi pakaian mengenai kain dan bahan-bahan yang ditawarkan untuk pembuatannya. Dengan demikian maka akan ada produk jaket yang nyaman dipakai tanpa melebihi budget yang ada.
  5. Tidak masalah bila anda menggunakan bahan kain parasut atau bahan kain lain yang lebih bagus sekalipun. Asal pola jaket yang digunakan sudah sesuai dengan aturan dan rumus pembuatan pola jaket puffer maka pasti hasilnya akan tampak bagus.
  6. Ketika membuat jaket puffer perhatikan pula material pendukung yang akan ditambahkan pada jaket, misal ritsleting, dskron lembaran sebagai pelapis hingga kain furing.
    • Untuk jaket yang lebih awet, maka bisa memilih jenis material yang berkualitas.
    • Jangan tergiur harga murah pastikan dulu kualitasnya agar terjamin awet dan tahan lama.
  7. Lihat contoh produk yang didisplay atau ditawarkan penyedia jasa konveksi untuk mengecek kualitas produk yang pernah dibuatnya.
  8. Lihat kerapian jahitan jaket bila anda ingin mendapatkan jaket yang lebih awet dan tahan lama. Jahitan yang dimaksud tidak hanya terbatas pada jahitan dalam jaket tetapi juga mencakup jahitan saku dan resleting pada jaket.
  9. Bila memungkinkan, sebelum memesan jaket puffer dalam jumlah banyak sebaiknya buat dulu satu sample jaket kemudian tinjau kembali untuk melihat kesesuaian hasil jahitannya dengan desain anda. Ciri paling utama yang menandakan bahwa jaket pria dan jaket wanita dengan model puffer memiliki kualitas yang baik diantaranya:
    • Jahitan jaket puffer yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
    • Semakin kecil stik yang digunakan untuk menjahit jaket pria dan jaket wanita maka semakin halus juga hasil jahitannya.
    • Semakin banyak jumlah kerapatan jahitannya maka semakin bagus kualitas jaket pria maupun jaket wanita yang dihasilkan.
    • Obrasan pada tepi jaket puffer harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
    • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang, elastis, resleting, dakron maupun pelengkap pakaian lainnya.
    • Resleting, elastis maupun bur pada jaket puffer harus terpasang dengan baik.
  10. Hindari menambahkan detail yang terlalu ramai pada jaket puffer bila anda kurang begitu suka memakai jaket yang telalu banyak ornamen. Supaya lebih aman sebaiknya pilihlah jaket tanpa hiasan sekalipun.

Lebih tertarik untuk membuat jaket puffer sendiri untuk keperluan pribadi?. Untuk memudahkan anda dalam membuat jaket puffer anda bisa mendownload pola jaket puffer dari kami Di Sini. Berikut standar ukuran jaket puffer di Fitinline yang bisa anda pakai.

Jaket Puffer

Pola jaket puffer ini pada prinsipnya bisa dipakai untuk konsumsi rumahan, dimana pola yang dimaksud disajikan tersedia dalam bentuk file PDF. Pola jaket puffer sendiri dibuat dalam ukuran yang sebenarnya dan dipecah dalam kertas A4 sesuai dengan ketersediaan printer rumahan.

Tips Merawat Jaket Puffer

Meskipun memiliki bahan yang sepertinya tahan dengan segala cuaca cara perawatan jaket puffer pada prinsipnya tidak tidak boleh dilakukan sembarangan lho. Untuk mempertahankan keunggulannya pastikan anda mencuci dan mengeringkan jaket tersebut dengan cara yang benar.

Mau tahu lebih detail lagi tentang cara perawatan jaket puffer?. Supaya jaket puffer yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya anda bisa mencoba cara berikut.

  1. Biasakan untuk selalu membersihkan jaket puffer sesegera mungkin saat terkena noda dan kotoran. Jangan menunda-nunda, karena bisa menyebabkan timbulnya bekas noda yang sulit untuk dihilangkan.  
  2. Untuk jaket puffer yang terkena kotoran, debu atau noda kecil anda tidak perlu mencucinya dengan air, cukup bersihkan dengan tisu kering dan tisu basah.
  3. Kalau untuk membersihkan jaket puffer yang terkena noda berat gunakan deterjen berbahan lembut atau detergen khusus yang memang diciptakan untuk membersihkan jaket puffer.
  4. Cara mencuci jaket puffer pada prinsipnya bisa dilakukan dengan dua cara yakni menggunakan tangan atau mesin cuci. Tapi kalau bisa utamakan untuk mencuci jaket puffer dengan menggunakan tangan.

Langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk membersihkan jaket puffer dengan tangan yaitu:

  • Untuk cuci dengan tangan, langkah pertama adalah tutup semua ritsleting dan kancing, serta kendurkan tali elastisnya jika ada.
  • Rendam jaket puffer di dalam air hanya beberapa menit saja lalu kucek pada bagian yang bernoda.
  • Setelah kotoran yang menempel pada jaket terlepas, bilas jaket puffer dengan menggunakan air bersih.
  • Puff jacket sangat tidak disarankan direndam dalam jangka waktu yang lama, karena bisa merusak jaketnya.

Jika anda lebih nyaman menggunakan mesin cuci untuk membersihkan jaket puffer anda perlu memperhatikan suhu air sesuai dengan label perawatan, yang pasti gunakan putaran mode rendah agar tidak merusak jaket puffer.

5. Selesai melakukan pencucian jemur jaket puffer di tempat yang teduh hingga benar-benar kering.  Tapi jangan langsung jemur jaket puffer saat keadaan jaket masih begitu basah, lebih baik jaket puffer dijemur dalam keadaan setengah kering.

  • Keringkan puff jacket dalam keadaan terlentang sambil ditekan-tekan sedikit hingga airnya keluar dan jaket dalam keadaan setengah kering.
  • Jangan juga menggunakan mesin pengering karena bisa merusak tekstur jaket.
  • Setelah jaket dalam keadaan setengah kering, gantung puff jacket menggunakan hanger.
  • Angin-anginkan jaket di tempat teduh hingga kering dengan menggunakan bantuan suhu udara sekitar. Hindari kebiasaan menjemur jaket puffer di bawah sinar matahari langsung karena bisa merusak warnanya.

6. Ketika jaket sudah benar-benar kering jangan pernah menyetrika jaket puffer. Jika anda memaksakan diri untuk menyetrika jaket pria maupun jaket wanita dengan model puffer dikhawatirkan hal ini dapat merusak jaketnya.

7. Simpan jaket puffer di tempat yang bersih dan bebas dari lembab agar jaket yang anda miliki tetap awet dan tidak berjamur.

  • Untuk menjaga bentuknya agar tetap stabil anda bisa menyimpan jaket puffer dalam lemari menggunakan hanger.
  • Jangan simpan puff jacket dalam keadaan terlipat, hal ini untuk minimalisir resiko jaket rusak dan menjaga bentuk puff jacket.

Cara Memadupadankan Jaket Puffer

Terkait dengan cara penggunaannya, jaket puffer pada prinsipnya juga akan tampak stylish bila dikenakan dengan cara pemakaian yang tepat. Buat anda yang ingin mencoba memakai jaket puffer sebagai pelengkap gaya penampilan sehari-hari mungkin anda bisa mencontek tips berikut.

  1. Puffer jacket dalam warna-warna terang seperti hijau, kuning dan biru tampilannya akan terlihat semakin menawan bila dipadukan bersama kemeja putih dan celana jeans berwarna hitam.
  2. Untuk memberikan sentuhan yang elegan anda bisa mengkombinasikan jaket puffer berwarna hitam dengan skinny jeans yang berwarna senada. Tambahkan pula aksesori berupa tas yang bertali panjang serta topi rajutan berwarna gelap.
  3. Untuk alternatif lainnya anda juga dapat mengenakan puffer jacket bermotif kotak-kotak bersama kemeja tanpa lengan dan celana pantalon warna fuschia menyala untuk memberikan kesan lebih trendy dalam setiap kesempatan.

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih, membuat, merawat dan memadupadankan jaket puffer yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline tahu lebih banyak tentang tips dan trik seputar fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.