Article

Homepage Article Fashion Design Cara Merawat Jaket Fleece…

Cara Merawat Jaket Fleece Agar Warna Tetap Cerah dan Seratnya Tidak Menggumpal

Jadi salah satu jenis jaket yang punya karakteristik sangat khas yakni tampak sedikit berbulu, lembut serta menghangatkan, jaket fleece sebenarnya cenderung mudah kotor, warnanya cepat memudar dan serat kainnya bisa menggumpal jika tidak dirawat dengan cara yang benar lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Fleece

Jaket fleece adalah jaket yang dibuat dari bahan fleece, sejenis bahan kain yang permukaannya agak berbulu dan saat disentuh akan terasa hangat. Dari segi desain, jaket fleece inipun tersedia dalam berbagai ketebalan dan gaya, mulai dari jaket fleece dengan ritsleting penuh, setengah ritsleting dan jaket fleece yang dilengkapi dengan hoodie.

Jaket Bahan Fleece Jaket Bahan Fleece

Sumber : https://www.decathlon.co.id/, https://shopee.co.id/

Tidak hanya modelnya saja yang beragam, untuk pembuatan jaket sendiri terdapat beberapa variasi kain fleece yang dapat digunakan sebagai bahan utamanya. Bahan kain yang dimaksud yaitu:

  • Kain fleece cotton / bahan fleece cotton yang terbuat dari campuran antara katun dan polyester namun komposisi katunnya lebih besar.
  • Kain fleece PE / bahan fleece PE (polyester) yang terbuat dari campuran serat polyester dan katun, namun komposisi polyesternya lebih banyak.
  • Kain fleece CVC / bahan fleece CVC yang terbuat dari campuran katun dan viscosa.
  • Kain fleece bamboo / bahan fleece bamboo yang dihasilkan dari perpaduan fleece dengan serat bamboo.

Jaket Bahan Fleece Jaket Bahan Fleece

Sumber : https://www.cuddleplushfabrics.co.uk/,  https://www.ebay.com/

Dengan menggunakan kain fleece sebagai bahan utamanya, jaket yang dihasilkan juga memiliki banyak keunggulan. Beberapa diantaranya:

  • Jaket fleece sangat ringan sehingga nyaman dipakai dan tidak memberatkan saat dibawa.
  • Jaket fleece mampu memberikan kehangatan yang cukup baik dan cocok dipakai untuk cuaca dingin.
  • Jaket fleece memungkinkan sirkulasi udara yang baik, sehingga dapat mencegah rasa lembab dan menjaga kenyamanan tubuh saat beraktifitas.
  • Jaket fleece cepat kering setelah dicuci atau terkena air, sehingga praktis untuk digunakan dalam berbagai kondisi.
  • Jaker fleece fleece memiliki tekstur yang lembut dan nyaman di kulit.
  • Jaket fleece tersedia dalam berbagai desain dan ketebalan, sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan selera.
  • Jaket fleece mudah dicuci dan tidak memerlukan perawatan khusus. Meski demikian tetap saja ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mencuci jaket fleece.

Cara Merawat Jaket Fleece

Mau tahu bagaimana cara terbaik yang dapat diterapkan untuk merawat jaket fleece agar warnanya tetap cemerlang dan serat kainnya tidak menggumpal?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk merawat jaket bahan fleece.

  • Pertama-tama pisahkan jaket fleece dari pakaian yang memakai velcro. Alasan mengapa jaket fleece tidak boleh bersentuhan dengan velco yaitu, bagian velcro yang kasar berpotensi menarik serat kain fleece dan membuatnya mudah menggumpal.
  • Sebelum dicuci secara manual, rendam jaket fleece dengan campuran air dingin dan detergen berbahan lembut. Jika pada jaket fleece terdapat noda cukup oleskan detergen pada noda.
  • Gosok secara perlahan dengan kedua tangan kemudian diamkan selama beberapa menit hingga kotoran yang menempel dapat terlepas dengan sendirinya. Hindari penggunaan sikat yang berbulu kasar karena bisa membuat serat kainnya menggumpal.
  • Peras jaket fleece dengan menggunakan tangan dan hindari menggunakan pengering karena panas yang dihasilkan dapat merusak serat bahan pada jaket fleece dan memperburuk tampilan jaket.
  • Jemur jaket fleece ditempat terbuka dan diangin-anginkan saja. Jangan menjemur jaket bahan fleece di bawah sinar matahari secara langsung, karena panas yang dihasilkan bisa membuat warna jaket fleece cepat pudar.
  • Setrika jaket fleece dengan suhu rendah, tapi kalaupun kamu tidak sempat menyetrikanya juga tidak masalah karena jaket cenderung tidak mudah kusut.
  • Untuk menyimpan jaket fleece hindari menyimpannya dengan dilipat. Lebih bagus simpan jaket fleece dengan menggunakan gantungan baju dan jika perlu gunakan plastik penutup supaya tetap bersih.

Jaket Bahan Fleece Jaket Bahan Fleece

Sumber : https://www.bhg.com/, https://peeces.de/

Untuk mengatasi serat jaket fleece yang sudah terlanjur menggumpal kamu bisa mencoba cara berikut.

  • Pertama gunakan bantuan alat cukur manual untuk memotong serat kain yang menggumpal  pada permukaan jaket kemudian angkat gumpalan tersebut dengan menggunakan tangan.
  • Kedua gunakan gunting kecil yang tajam untuk memotong gumpalan serat pada jaket fleece tapi jangan sampai merobek baju.
  • Ketiga gunakan sisir kain khusus untuk menyikat gumpalan serat kain yang terbentuk pada permukaan jaket fleece.

Simak juga 11 Tips Mengatasi Munculnya Serat Kain Yang Menggumpal di Baju.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk merawat jaket fleece. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Buat kamu yang membutuhkan kain fleece untuk membuat jaket atau model pakaian lainnya, kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain fleece terbaik di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.