Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Membuat Canadian Smock…

Cara Membuat Canadian Smock Motif Panah (Arrow Pattern)

Motif panah (arrow pattern) termasuk ke dalam salah satu motif canadian smock yang cukup terkenal dalam dunia manipulating fabric. Meski dari segi tampilan terkesan rumit namun motif smock yang satu ini cara pembuatannya sangatlah mudah. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk...

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Canadian Smock Arrow Pattern

Canadian smock arrow pattern merupakan pola canadian smock yang memiliki bentuk / tampilan akhir seperti mata anak panah. Dengan tampilannya yang unik dan menarik motif ini sangat cocok diaplikasikan pada pakaian, cushion sofa, tempat tisu dan berbagai produk pelengkap rumah tangga lainnya.

Manipulating Fabric

Sumber : https://www.thesewingdirectory.co.uk/

Cara Membuat Arrow Pattern

Tertarik untuk membuat smock dengan motif mata anak anah (arrow pattern) tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Buat anda yang mau mencobanya pertama-tama siapkan dulu sejumlah alat dan bahan sebagai berikut.

  • Kain Katun, Kain Rayon, Kain Linen, Kain Satin, Kain Roberto Cavalli atau jenis kain yang lainnya sebagai bahan utama manipulating fabric.
  • Gunting untuk memotong bahan kain.
  • Penggaris lurus untuk alat bantu dalam memberi tanda pada bahan kain.
  • Kapur kain untuk memandai bahan kain.
  • Jarum jahit tangan dan benang yang berwarna sama dengan bahan kain untuk menjahit bahan kain.

Untuk membuat canadian smock dengan motif mata anak panah (arrow pattern) ini anda bebas mau memakai kain yang polos atau kain yang bermotif. Tapi ingat kalau anda ingin memakai kain yang bermotif sebaiknya pilih kain yang motifnya teratur  misalnya saja motif gingham atau motif polkadot.

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat smock selanjutnya buat pola kotak-kotak persegi yang berukuran 2x2 cm di bagian buruk bahan kain kemudian tandai dengan garis-garis diagonal didalamnya.

Untuk memberi tanda pada bahan kain ikuti langkah-langkah berikut dalam pembuatan polanya.

  • Mulai dari sudut kiri atas buat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri atas dan sudut kanan bawah kotak pertama, kemudian buat lagi garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri bawah dan sudut kanan atas kotak kedua.
  • Lewati dua kotak berikutnya dan ulangi lagi membuat garis diagonal pada dua kotak berikutnya seperti langkah pertama. Lewati lagi dua kotak berikutnya dan buat garis diagonal, begitu seterusnya sampai kolom terakhir di baris pertama.
  • Untuk menandai pola smock di baris kedua, lewati dua kotak pertama lalu buat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri atas dan sudut kanan bawah kotak ketiga. Jika sudah buat garis diagonal yang menghubungkan sudut kiri bawah dan sudut kanan atas kotak empat.
  • Beri dua kotak kosong kemudian buat garis diagonal pada kotak kosong di sebelah kanan seperti langkah sebelumnya. Begitu seterusnya sampai kolom terakhir di baris kedua.
  • Untuk menandai kotak-kotak yang ada dibaris ketiga, keempat dan seterusnya terapkan prinsip yang sama seperti cara di atas secara selang seling.

Manipulating Fabric

Untuk membantu mengenali bagian mana saja yang perlu dijahit dan juga arah menjahitnya, tambahkan keterangan  angka ataupun huruf pada bahan kain. Tapi jika anda sudah hafal anda bisa melewati langkah yang satu ini.

Selesai memberi tanda pada kain, ambil seutas benang jahit yang panjangnya kira-kira dua kali lipat panjang lengan bawah anda lalu masukkan pada lubang jarum jahit tangan. Satukan kedua ujungnya kemudian ikat menjadi satu.

Untuk memulai jahitan pada bahan kain ikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

  • Buat tusuk kecil pada ujung garis diagonal yang berada di bagian kiri atas kotak lalu tarik benangnya sampai habis.
  • Setelahnya buat tusuk kecil di ujung garis diagonal yang berada di bagian kanan bawah pada kotak yang sama sesuai garis bantu yang anda buat.
  • Tarik benang agar kedua ujung garis menyatu lalu jahit mati / kunci jahitan agar tidak mudah lepas.

Manipulating Fabric

Sumber : https://www.thesewingdirectory.co.uk/

  • Arahkan benang ke bagian atas kanan kotak berikutnya lalu buat jahitan kecil di bagian tersebut. Tarik benang agar menyatu dengan ujung garis diagonal yang berada di bagian kiri bawah  lalu jahit mati / kunci jahitan agar tidak mudah lepas.

Manipulating Fabric

Sumber : https://www.thesewingdirectory.co.uk/

  • Jika sudah potong benang dengan menggunakan gunting lalu ikat kembali kedua ujung benang menjadi satu.
  • Ulangi cara yang sama sampai anda menyelesaikan semua jahitan yang ada di baris pertama.

Selesai membuat jahitan di dua baris pertama bahan kain, ulangi kembali cara di atas untuk menyelesaikan motif mata anak panah sampai seluruh bagian kain terjahit dengan sempurna sesuai garis-garis pola yang sudah anda buat.

Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

Cara lain anda bisa langsung membuat jahitan kecil pada tiap ujung-ujung garis diagonal kemudian menarik benangnya dengan perlahan hingga semua ujung garis menyatu atau saling berdekatan. Jika sudah jahit mati / kunci jahitan agar tidak mudah lepas lalu potong benangnya dengan menggunakan gunting.

  • Caranya buat tusuk kecil pada ujung garis diagonal yang berada di bagian kiri atas kotak lalu tarik benangnya sampai habis.
  • Setelahnya buat tusuk kecil di ujung garis diagonal yang berada di bagian kanan bawah pada kotak yang sama dan juga ujung garis diagonal di bagian atas kanan kotak berikutnya.
  • Terakhir buat lagi tusuk kecil ditempat yang sama dengan titik awal dimana anda memulai jahitan hingga membentuk pola segitiga.
  • Tarik benang agar ketiga ujung garis menyatu, jahit mati / kunci jahitan agar tidak mudah lepas lalu potong benang dengan menggunakan gunting.

Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

Kalau anda malas memotong benangnya setiap kali hendak memulai jahitan baru maka anda bisa mensiasatinya dengan cara berikut.

  • Setelah menyelesaikan satu pola smock membuat jahitan mati / mengunci jahitan bawa jarum ke arah kanan kain namun tidak di tarik.
  • Buat tusukan kecil pada bahan kain dan amankan jahitan dengan ikat simpul.
  • Berikutnya anda bisa langsung menjahit bahan kain sesuai tanda pola seperti biasa.

Manipulating Fabric

Sumber : https://www.thesewingdirectory.co.uk/

Untuk melihat hasilnya balikkan kain hingga bagian baiknya berhadapan dengan anda, karena teknik manipulating fabric dengan motif mata anak panah (arrow pattern) ini melibatkan jahitan dari sisi belakang kain.

Manipulating Fabric

Sumber : https://shanniemakes.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuat canadian smock motif panah (arrow pattern). Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi sumber referensi bagi anda untuk lebih mudah dalam memilih cara manipulating fabric yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Download E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain dari kami kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik menjahit dan teknik mendesain yang dapat diaplikasikan pada berbagai produk jahit.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.