Article

Homepage Article Fashion Design Cara Membersihkan Noda Maskara…

Cara Membersihkan Noda Maskara di Baju Kesayangan Kamu

Pernah dibuat kesal lantaran baju kesayangan yang kamu pakai tanpa sengaja terkena tumpahan noda maskara ketika kamu sedang terburu-buru memakainya?. Walaupun noda maskara tersebut pasti akan akan meninggalkan bekas saat mengenai pakaian, bukan berarti noda maskara tersebut tidak bisa dihilangkan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Maskara

Maskara termasuk ke dalam jenis produk kosmetik yang memiliki fungsi sangat penting untuk mempercantik bulu mata agar terlihat lebih panjang, tebal dan hitam pekat. Bentuknya sendiri bisa dibilang tampak seperti tabung kecil dan di dalamnya terdapat sikat kecil untuk mengambil dan mengoleskan produk maskara ke bulu mata.

Membersihkan Noda Maskara

Sumber : https://somethinc.com/

Sebagai salah satu peralatan make up yang memiliki fungsi penting bagi para wanita, maskara inipun umumnya mengandung pigmen warna dan bahan pengikat yang dapat menempel dengan kuat pada bulu mata. Bahkkan jika mengenai serat pakaian, pigmen warna yang dimilikinya bisa mengotori pakaian dan dapat mengganggu penampilan.

Membersihkan Noda Maskara

Sumber : https://silverbobbin.com/

Beberapa efek yang paling sering timbul dari adanya noda maskara pada pakaian yaitu:

  • Noda maskara dapat mengotori pakaian dan menyebabkan timbulnya bercak-bercak hitam yang mempengaruhi perubahan warna pada kain.
  • Bahan pengikat pada maskara dapat menyebabkan serat kain menjadi keras dan kaku, bahkan menjadi rusak atau patah jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

Membersihkan Noda Maskara

Berbicara mengenai noda maskara, lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk membersihkan noda maskara pada baju kesayangan yang kamu miliki?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan noda maskara pada pakaian.

Untuk mengikis noda maskara yang menempel pada pakaian kesayanganmu, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan pisau plastik yang tumpul atau pinggiran kartu yang tumpul agar sisa produk maskara terangkat.

Setelah noda maskara terangkat dari pakaian, selanjutnya kamu bisa mencoba metode berikut.

  • Pertama oleskan deterjen cair ke atas permukaan kain yang terkena maskara. Detergen cair ini akan lebih mudah melarutkan noda maskara pada kain dibanding detergen bubuk.
  • Diamkan detergen cair selama beberapa menit, kemudian gosok pelan dengan gerakan memutar menggunakan sikat gigi yang dibasahi.
  • Selesai disikat selanjutnya cuci pakaian kesayanganmu seperti biasa menggunakan detergen  untuk menghilangkan noda sepenuhnya lalu bilas sampai bersih.
  • Untuk menghilangkan noda maskara di Kain Katun, Kain Linen maupun kain sintetis yang berwarna putih dan terang gunakan air hangat atau air panas. Biasanya air hangat atau air panas mampu membuat noda lebih cepat hilang.
  • Tapi untuk pakaian yang bahannya halus, seperti wol, sutra, renda dan bahan yang bertanda dry clean sebaiknya cuci pakaian menggunakan air dingin saja.
  • Kalau nodanya sudah benar-benar hilang kamu langsung mengeringkan pakaian dengan bantuan sinar matahari. Tapi jika tidak, kamu bisa mengulangi langkah di atas sampai noda maskara benar-benar bersih.

Membersihkan Noda Maskara

Sumber : https://olaif.com/

Selain menerapkan sejumlah cara yang sudah disebutkan di atas kamu juga bisa membersihkan maskara dengan menggunakan make up remover dan juga kapas.

  • Cara penggunaannya yaitu tinggal tuangkan make up remover secukupnya pada kapas kering.
  • Tepuk-tepuk dan tekan-tekan area pakaian yang bernoda secara perlahan dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan make up remover secara perlahan hingga bersih jangan digosok. Kalau di gosok yang ada noda maskara di pakaian justru akan menyebar ke area lain.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi cara tersebut sampai seluruh noda maskara terangkat, lalu cuci pakaian seperti biasa.
  • Kalau kamu sudah mencobanya tapi masih tetap ada noda maskara yang tertinggal, maka kamu bisa menyemprotkan hairspray ke arah noda dan diamkan selama 5 - 10 menit. Kandungan alkohol yang ada pada hairspray bisa membantu memecah pigmen warna maskara.
  • Setelah selesai cuci dan bilas pakaian dengan air dingin untuk menghilangkan make up remover yang masih ada pada pakaian hingga benar-benar bersih.

Membersihkan Noda Maskara

Sumber : https://www.sehatq.com/

Alternatif berikutnya kamu bisa mengandalkan stain remover (oil free) untuk hilangkan sisa-sisa maskara pada pakaian dengan cara berikut.

  • Basahi pakaian yang terkena noda maskara dengan stain remover lalu diamkan selama satu menit agar noda tersebut jadi lebih mudah dihilangkan dan sisa minyaknya tidak menempel pada kain.
  • Tepuk-tepuk noda maskara yang ada di pakaian dengan kapas atau handuk sampai nodanya memudar.
  • Setelah noda yang ada pada pakaian terangkat, langkah selanjutnya tuangkan deterjen cair ke pakaian yang terkena noda kemudian kucek perlahan hingga nodanya hilang.
  • Jika semua noda maskara sudah hilang, sekarang saatnya kamu mencuci pakaian seperti biasa hingga bersih dan menjemurnya hingga kering.

Membersihkan Noda Maskara

Sumber : https://ecozone.com/

Sementara untuk pakaian yang bahannya lebih lembut coba juga bersihkan noda maskara dengan menggunakan sabun cuci piring.

  • Tuang satu sendok teh sabun cuci piring ke dalam mangkuk kecil, tambahkan satu cangkir air hangat lalu aduk perlahan untuk melarutkan sabunnya.
  • Celupkan spons baru yang bersih ke dalam air sabun lalu usap-usap noda dengan lembut menggunakan spons basah. Jika satu sisi spons sudah kotor beralihlah ke sudut spons yang baru.
  • Setelah selesai menghapus semua atau sebagian besar maskara, cuci pakaian sesuai petunjuk pada label perawatannya.

Membersihkan Noda Maskara

 

Sumber : https://www.aspenclean.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba untuk membersihkan noda maskara pada pakaian. Dengan menerapkan sejumlah tips yang disebutkan di atas semoga kedepannya kamu nggak perlu khawatir lagi kalau pakaian yang kamu miliki terkena noda serupa.

Hal terpenting yang harus diingat yaitu, jika pakaian kesayanganmu terkena noda ada baiknya segera bersihkan noda maskara dengan hati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan pada serat kain. Selain itu hindari pula penggunaan soda dan garam, bahan pemutih atau bahan kimia yang kuat karena dapat merusak kain.

Sekalipun soda dan garam memang dinilai dapat menghilangkan noda, tapi bahan ini tidak disarankan untuk mencuci noda bekas maskara karena kandungannya tidak dirancang untuk bahan kain tertentu, misalnya sutra atau renda.

  • Bukannya menghilangkan noda, penggunaan soda justru bisa membuat noda maskara akan semakin membesar.
  • Sementara penggunaan garam juga dapat mengubah warna kain dan menyebabkan kehitaman.

Kalau kamu sudah mencoba beberapa cara di atas tapi tidak juga berhasil untuk membersihkan noda maskara yang sulit dihilangkan, sebaiknya bawa pakaian ke tempat laundry profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.