Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Memasang Kancing

Cara Memasang Kancing

Selamat pagi sahabat Fitinline, hari ini kita akan bahas lagi mengenai kancing. Pastikan anda sudah membaca artikel sebelumnya mengenai sejarah kancing dan jenis kancing ya. Kancing biasanya dipasang pada kemeja, jaket, blus, kebaya, dan lain sebagainya. Memasang kancing dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu jahitan tangan dan mesin jahit. Cara memasang kancing dengan menggunakan jahitan tangan memerlukan waktu pengerjaan yang lebih lama, tetapi hasilnya lebih kuat. Sedangkan kancing yang dipasang menggunakan mesin jahit waktu mengerjakannya lebih cepat, tetapi hasilnya kurang kuat dibanding kancing yang dipasang dengan jahitan tangan.

Pemasangan kancing pada busana merupakan langkah terakhir dalam penyelesaian busana. Jenis kancing sangat bervariasi ada kancing lubang, kancing berkaki, kancing kait, kancing bungkus, dan lain sebagainya. Kancing dipilih dan dipasang menggunakan benang yang sama atau senada dengan warna busana.

Cara memasang kancing lubang dua dan empat yaitu, tentukan letak kancing yaitu membuat tusuk awal dengan menyisipkan ujung benang di antara dua kain dan membuat satu atau dua tusukan kecil sebagai penguat. Pasang kancing dengan meletakkan jarum pentul untuk memberi kelonggaran pada kain yang tebal sebagai penyangga atau pengganti kaki kancing. Tusukkan jarum jahit melalui kancing sampai menembus ke dalam kain, lakukan beberapa kali lilitan, setelah selesai ambil jarum yang telah digunakan untuk penyangga. Belit-belitkan benang pada bagian bawah kancing, penyelesaian akhir pada bagian buruk dengan trens.

Cara Memasang Kancing Lubang Dua dan Empat

Cara Memasang Kancing Lubang Dua dan Empat

Sumber: http://kancingtriinta.blogspot.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Cara memasang kancing berkaki atau bertangkai yaitu, tentukan letak kancing dengan memberi tanda menggunakan benang yang disisipkan. Tusukkan jarum jahit melalui kain dan tangkai kancing, tusukkan kembali ke dalam kain, lakukan beberapa kali tusukan. Lilitkan benang pada bagian tangkai kancing beberapa lilitan sehingga kancing dapat berdiri tegak. Benang yang tembus pada bagian buruk kain diselesaikan dengan tusuk feston, terakhir beri tusuk penguat. Cara tersebut juga bisa digunakan untuk memasang kancing bungkus pada pakaian.

Cara Memasang Kancing Berkaki

Cara Memasang Kancing Berkaki

Sumber: http://file.upi.edu

Cara memasang kancing kait atau hak yaitu, tandai posisi masing-masing lubang kancing kait untuk disesuaikan. Selipkan jarum pentul pada salah satu lubang dari kancing kait untuk menahan posisinya supaya tidak berubah, tusukkan jarum menembus kain di antara lubang, usahakan jahitan tersebut tidak tampak dari bagian baik kain. Selesaikan dengan tusuk feston yang memenuhi setiap lubang.

Cara Memasang Kancing Kait atau Hak

Cara Memasang Kancing Kait atau Hak

Sumber: http://makromatutorial.blogspot.com

Cara Memasang Kancing Kait atau Hak

Sumber: http://makromatutorial.blogspot.com

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Cara memasang kancing tekan atau kancing jepret yaitu, buat tusukan mula pada tanda letak kancing. Pasangkan kancing yang timbul dengan tusuk balut atau tusuk feston berkepala, setiap lubang dibuat 3-5 tusukan. Usahakan hasil tusukan tidak tembus ke bagian baik kain. Tekankan bagian kancing yang timbul pada tempat kancing pipih akan dipasangkan. Pasangkan kancing pipih seperti pada pemasangan kancing yang timbul. Untuk jenis busana yang berkualitas tinggi, kancing jepret dibungkus dengan bahan yang tipis dan sewarna dengan bahan busananya. Cara pemasangan sama seperti memasang kancing tindih yang tidak dibungkus.

Cara Memasang Kancing Tekan atau Kancing Jepret

Cara Memasang Kancing Tekan atau Kancing Jepret

Sumber: http://file.upi.edu

Cara memasang pengait dan mata kait yaitu, siapkan jarum dengan menggunakan satu helai benang, selipkan jarum menembus kain di antara cincinnya. Usahakan setiap tusukan tidak tampak dari bagian baik kain, selesaikan dengan tusuk feston rapat yang mengelilingi masin-masing cincin.

Untuk perusahaan garmen dan usaha konfeksi yang membuat pakaian dengan produksi massal, cara pasang kancingnya lebih baik menggunakan mesin jahit. Sedang untuk usaha penjahit yang membuat produksi satuan berdasarkan pesanan, cara pasang kancing baju lebih baik menggunakan jahitan tangan supaya lebih kuat dan lebih memuaskan konsumen pemesannya.

Semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.