Article

Homepage Article Fashion Design Benarkah Bahwa Baju Warna…

Benarkah Bahwa Baju Warna Putih Lebih Sejuk Dibanding Baju Warna Hitam?

Jadi salah satu warna baju yang memiliki daya tarik tersendiri, benarkah bahwa baju berwarna putih bisa membuat tubuh lebih sejuk dibanding baju berwarna hitam?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu yuk simak penjelasan berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Warna Putih

Warna putih yang dihasilkan dari gabungan semua warna dalam spektrum cahaya tampak dapat dikategorikan ke dalam jenis warna baju yang dapat memberikan ilusi menarik pada penampilan seseorang, bahkan tidak jarang sering dikaitkan dengan kesegaran dan kebersihan.

Baju Warna Putih

Sumber : https://id.pinterest.com/

Benarkan Baju Putih Lebih Sejuk

Berbicara mengenai warna putih, lantas benarkah jika baju warna putih bisa membuat tubuh lebih sejuk?. Jika dilihat dari daya serapnya terhadap panas matahari, memang benar jika baju warna putih umumnya lebih sedikit menyerap panas sehingga membuatnya lebih sejuk di kulit dari pada warna hitam.

Baju Warna Putih

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa kelebihan lainnya yang juga menjadi alasan mengapa baju warna putih dikenal lebih sejuk dibanding baju warna hitam yaitu:

  • Baju warna putih memiliki kemampuan untuk menyerap panas lebih rendah dibandingkan dengan baju warna hitam sehingga membuat tubuhmu tetap sejuk saat cuaca panas.
  • Baju warna putih bisa membantu memantulkan sebagian besar sinar matahari, sehingga dapat mengurangi jumlah panas yang diserap oleh serat baju.
  • Baju warna putih dianggap sebagai opsi yang baik untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dihasilkan matahari.
  • Baju warna putih bisa menciptakan efek visual yang menarik dan membuat penampilanmu terlihat lebih terang.

Baju Warna Putih

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tapi meskipun secara teori baju berwarna putih mungkin terasa lebih sejuk karena memantulkan lebih banyak sinar matahari dari pada menyerapnya, terdapat pula beberapa faktor lain yang juga berperan penting untuk memberi kesejukan pada tubuh lho.

Baju Warna Putih

Sumber : https://id.pinterest.com/

Mau tahu apa saja faktor-faktor yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap tingkat kesejukan sebuah baju?.

1. Bahan Baju

Selain dipengaruhi oleh warnanya, sejuk tidaknya sebuah baju dapat juga dipengaruhi oleh bahan dasar yang digunakan untuk membuat baju itu sendiri.

  • Bahan-bahan seperti katun, linen dan rayon biasanya cenderung breathable dan memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga membuat pemakainya merasa lebih sejuk.
  • Sementara bahan-bahan sintetis seperti polyester atau nylon mungkin cenderung membuat tubuh lebih panas karena kurang bernapas dan tidak menyerap keringat dengan baik.

2. Ketebalan Baju

Ketebalan kain juga dapat mempengaruhi kesejukan baju. Sebab jika dibandingkan dengan baju-baju yang tebal, baju-baju dengan kain yang tipis biasanya cenderung lebih dingin dan sejuk karena memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik.

3. Desain Baju

Baju dengan potongan longgar atau baju yang dilengkapi dengan ventilasi di bagian tertentu (misal di bagian ketiak, bagian punggung atau bagian lain) juga memungkinkan sirkulasi udara yang baik dan meningkatkan kesejukan pada tubuh.

Jadi ketika kamu memakai baju yang memiliki ventilasi cukup baik, perbedaan suhu antara memakai baju hitam dan putih mungkin tidak terlalu besar karena udara masih dapat beredar dengan baik di sekitar tubuh.

4. Persepsi Individu

Meski tidak terlalu signifikan, persepsi seseorang tentang seberapa sejuk atau hangat suatu baju bisa juga dipengaruhi oleh faktor psikologis akan kehangatan atau kesejukan sebuah baju.

  • Secara psikologis seseorang mungkin merasa lebih sejuk saat memakai warna putih karena warna tersebut sering dikaitkan dengan kesegaran dan kecerahan.
  • Budaya dan lingkungan tempat seseorang dibesarkan bisa juga memengaruhi persepsi mereka tentang kesejukan atau kehangatan sebuah baju.

Selain dipegaruhi oleh beberapa faktor yang sudah disebutkan di atas, daya serap keringat dan perlindungan dari sengatan sinar matahari yang diberikan pada kulit juga sangat berpengaruh pada tingkat kesejukan pakaian saat digunakan lho.

Kesimpulan

Itu dia jawaban singkat mengenai pertanyaan apakah benar jika baju berwarna putih bisa membuat tubuh lebih sejuk dibanding baju berwarna hitam. Setelah menyimak pembahasan di atas, sekarang kamu jadi makin tahukan kalau efek tersebut mungkin tidak terlalu signifikan tergantung pada faktor-faktor lain seperti bahan dan ketebalan kain.

Dengan tingkat ketebalan yang sama dan bahan dasar yang sama, memang benar jika baju yang berwarna putih cenderung lebih sejuk jika dibandingkan dengan baju yang berwarna hitam. Tapi jika serat penyusunnya dan ketebalan kainnya sudah berbeda bisa jadi baju warna hitam justru lebih sejuk dibandingkan baju warna putih.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju pria dan baju wanita?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik yang ada di katalog kain kami.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.