Article

Homepage Article Batik Batik Karawang

Batik Karawang

Karawang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Di kabupaten Karawang terdapat banyak pabrik serta berbagai aktivitas industri lainnya. Geografi Karawang terdiri dari, daratan, laut, dan gunung. Sejak masa lalu Karawang menghasilkan beras karawang merupakan daerah lumbung padi. Daerah ini juga menyimpan sejarah tentang kerajinan batik sejak lama. Dulunya, Karawang sebagai kota yang memiliki pelabuhan perdagangan maka masyarakat penduduknya merupakan masyarakat migrasi dan uban dari Cina-Melayu Siam, maupun dari India. Pada masa berikutnya telah berkembang turun-temurun menjadi penduduk asli. Awalnya batik dibuat oleh penduduk Cina pendatang yang telah menetap di Karawang.

Batik Karawang

Batik Karawang

Sumber: http://karawangbatikcomunity.blogspot.com

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Batik Karawang dulunya dikenal dengan nama Batik Tarawang atau Batik Tarum. Pada 1928 silam, jenis batik ini sudah dibuat dan diikutsertakan dalam Pameran Batik Jawa di Amsterdam oleh seniman dan pelukis Belanda. Batik Tarawang atau Batik Tarum ini dibuat oleh keluarga Tan Tjeng Kwat, etnis Tionghoa yang warga Rengasdengklok. Tahun 1880, Batik Tarawang ini telah diproduksi oleh Ny. Vincen Hegen istri pelukis Raden Saleh. Pada tahun 1931, Ir. PAI Mooyen, warga Belanda yang tinggal di Bandung, pernah juga mengadakan kegiatan pameran batik ke negara Hindia Belanda. Dia juga mengoleksi batik Tarawang atau batik Karawang ini. Koleksi batiknya berupa kain alas meja peribadatan yang biasa digunakan oleh penganut agama Budha yang disebut Tok Wi. Dan, koleksi batiknya insinyur dari negeri Kincir Angin inilah yang lalu jadi dasar bagi pengembangan dan produksi lebih lanjut.

Batik Karawang

Batik Karawang

Sumber: http://rumah-kreasi-taza.blogspot.com

Perkembangan motif Batik Karawang dari masa ke masa dengan dimodifikasi sedemikian rupa, disesuaikan ragam hias dengan memberikan aksen perlambangan masa kini yang berkaitan dengan kearifan lokal yang terkait dengan sosial budaya daerah Karawang.

Motif Batik Karawang tersusun dengan ragam hias berunsur simbolis filosofis. Ragam hias ini berupa: garis segi tiga disebut tumpal, tumpal mengandung arti ketuhanan yang maha esa. Bunga tarum (bunga vidas) bunga simbolik untuk agama Hindu Budha yang dibuat oleh pembatik Karawang. Bulir padi dan lumbung padi, lambang kemakmuran daerah Karawang. Ragam hias garis dan bidang geometrik, sebagai motif perlambangan yang dimiliki masyarakat suku buni sebagai masyarakat asli Karawang. Garis gelombang laut sebagai lambang daerah pantai memiliki laut.

Batik Karawang

Batik Karawang

Sumber: http://rumah-kreasi-taza.blogspot.com

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Motif Batik Karawang ini sangat banyak bisa mencapai 30 motif, tapi yang favorit hanya 4 motif yaitu motif panen raya, motif citarum, motif cigentis, dan motif pare sagedeng. Berbagai motif yang sangat identik dengan Kota Karawang, sehingga dengan motif-motif ini, batik khas Karawang berbeda dengan batik di daerah lain. Misal, batik motif Pare Sagedeng, pare dalam Bahasa Indonesia artinya padi, sedangkan sagedeng artinya satu ikat. Motif batik tersebut menunjukkan ciri khas Karawang sebagai Kota Lumbung Padi terbesar di Indonesia. Contoh lainnya, batik motif Cigentisan, nama ini diambil dan terinspirasi dari keindahan Curug Cigentis.

Batik Karawang

Batik Karawang

Sumber: http://rumah-kreasi-taza.blogspot.com

Jika sahabat Fitinline berkunjung ke Kota Karawang, sempatkan mampir ke salah satu lokasi pembuatan produk batik di rumah kreasi yang beralamat di Kaum I Jalan KH. Ahmad Dalan No. 20 Kelurahan Karawang Kulon, Karawang Barat. Di tempat ini bisa pesan batik dengan motif yang bisa disesuaikan. Untuk masalah harga batik motif karawang ini sesuai dengan bahan yang diinginkan konsumen ada sutra, katun dan bahan lainnya sesuai keinginan.

Batik Karawang

Batik Karawang

Sumber: http://rumah-kreasi-taza.blogspot.com

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Perkembangan Batik Karawang perlu adanya dukungan dari Pemerintah setempat agar batik ini semakin dikenal daerah lain. misalnya saja, selama ini para pelaku UMKM tidak terlalu memperhatikan tatanan manajemen usahanya. Sehingga, tatkala membutuhkan akses perbankan hal itu tidak dapat dilaksanakan dengan mudah. Sehingga Pemerintah mengadakan pelatihan manajemen, para perajin bisa menyusun dengan baik keuangannya sehingga perbankan pun tak sulit untuk memberikan suntikan dana. Dukungan lain ditunjukkan oleh Disbudpar, para pegawai menggunakan pakaian berbahan Batik Karawang. PMI juga akan memanfaatkan Batik Karawang untuk seragam pegawainya, batik tersebuat akan diberi tambahan logo PMI.

Semakin banyak ya kain tradisional di Indonesia ini. Semakin bangga kan sahabat Fitinline. Silakan jadikan kain Batik Karawang sebagai salah satu koleksi busana anda. Semoga bermanfaat.

Tags: jual kain, jual kain batik, jual batik, jual kain batik murah, toko kain, toko kain batik, toko batik, toko batik online, toko kain batik online, beli kain, beli kain batik, beli batik, batik indonesia, belanja batik, belanja batik online, motif batik, harga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.