Article

Homepage Article Fesyen Muslim Anda Tidak Akan Percaya…

Anda Tidak Akan Percaya Kalau Tahu Asal Muasal Baju Koko

Tahukah anda jika baju koko yang lazim digunakan oleh pria muslim di Indonesia ketika mengikuti kegiatan keagamaan seperti beribadah ke masjid ternyata bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Tiongkok. Lantas bagaimana asal mulanya baju masyarakat Tionghoa ini bisa menjadi baju koko seperti yang kita kenal sekarang?. 

Sejarah Baju Koko

Sumber : https://www.blibli.com/

Kemunculan baju koko di Indonesia konon sangat erat kaitannya dengan adat masyarakat Tionghoa yang berbaur dengan penduduk pribumi dari berbagai suku di tanah air. Desain awal baju koko yang kita kenal sekarang ini sebenarnya berasal dari baju Tui khim yang biasa dikenakan oleh pria Tionghoa di masa lalu. 

Sejarah Baju Koko

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Akibat adanya akulturasi budaya Tionghoa dan masyarakat pribumi, lambat laun banyak pria di daerah Betawi yang mulai mengadaptasi baju Tui khim sebagai pakaian sehari-hari. Di kalangan warga Betawi sendiri baju Tui-Khim tersebut lebih dikenal dengan sebutan baju Tikim. 

Sejarah Baju Koko

Sumber : https://www.mudation.com/

Tidak jauh berbeda dengan baju koko modern yang kita kenal hingga sekarang, baju Tui-Khim yang biasa dikenakan oleh pria Tiongkok dimasa lalu konon juga memiliki bentuk yang sangat khas, yakni berkerah tegak dan dilengkapi dengan lima buah kancing bukaan di bagian tengah depan. 

Sejarah Baju Koko

Sumber : https://www.pinterest.se/

Pada masa itu orang yang kerap mengenakan baju tui-khim sebagian besar didominasi oleh para “engkoh-engkoh” (sebutan bagi lelaki paruh baya Tionghoa). Untuk menyingkat sebutan tersebut maka digunakanlah istilah “baju koko”. 

Sejarah Baju Koko

Sumber : https://m.bukalapak.com/

Setelan awal baju koko yang digunakan oleh para pria Betawi awalnya lebih sering dipadukan dengan celana batik khas Betawi yang berpotongan cukup longgar. Setelan ini seolah menjadi trademark kaum pria Betawi sekaligus umat muslim yang berpengaruh di Batavia.

Sejarah Baju Koko

Sumber : http://syafna.com/

Setelah melewati masa yang cukup panjang, baju koko yang selalu di identikkan dengan unsur Islam ini pun lambat laun berkembang semakin luas sebagai busana wajib bagi kaum muslim pria di Indonesia. 

Sejarah Baju Koko

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Tak hanya jenis dan bentuknya saja yang beragam tetapi baju koko yang berkembang saat ini umumnya juga memiliki warna yang lebih bervariasi. Warnanya pun tidak hanya terbatas pada warna polos saja, beberapa bahkan ada yang dihiasi dengan ornamen bordir.

Sejarah Baju Koko

Sumber : http://www.elevenia.co.id/

Semoga bermanfaat.

Tertarik untuk mempelajari cara membuat baju koko dengan pola yang sudah jadi?. Sahabat Fitinline bisa mendownload pola baju beserta panduan menyusun polanya Di Sini.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.