Article

Homepage Article Fashion Design Anatomi Tubuh untuk Desain…

Anatomi Tubuh untuk Desain Fesyen

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa perbandingan tinggi dan lebar tubuh biasanya diukur berdasarkan tinggi kepala, misalnya tinggi tubuh 8 ½ kali tinggi kepala. Jika tinggi kepala 3 cm maka tinggi tubuh adalah 8 ½ x 3 cm = 25 ½ cm. Untuk menggambar anatomi tubuh untuk desain busana ini, selain ukuran dan perbandingan tinggi kepala 3 cm, bisa juga memakai 2 ½ cm atau 2 cm dan dapat pula lebih dari 3 cm tergantung pada gambar yang diinginkan.

Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu, pertama buatlah garis pertolongan tegak lurus dan beri nama titik O dan X. Titik O terletak pada bagian ubun-ubun dan X terletak pada ujung kaki. Panjang garis O-X adalah tinggi tubuh berdasarkan tinggi kepala. Misalnya tinggi kepala yang diinginkan 3 cm maka panjang O-X = 8 ½ x 3 cm = 25 ½ cm. Jadi panjang O-X = 25 ½ cm dan jarak 0 – 1 = 3 cm. Bagi titik O-X menjadi 8 ½ bagian.

Tabel Anatomi

Tabel Anatomi

Sumber: http://anaarisanti.blogspot.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Langkah kedua, tandai titik 0, 1, 1 ½ , 2, 3, 4, 4 ¾ , 5 3/4, 7, 8, 8 1/6, 8 ½ seperti letak-letak bagian tubuh pada tabel di atas. Hubungkan garis-garis tersebut menggunakan garis lurus untuk garis pertolongan seperti gambar di bawah, sehingga terbentuk sketsa tubuh yang belum sempurna atau belum berdaging.
0-1 = tinggi kepala dan lebar kepala adalah 2/3 x tinggi kepala = 2 cm
1-1 ½ = tinggi leher dan lebar leher = ½ lebar kepala lebar bahu = 2 x lebar kepala
2 = batas ketiak / dada
3 = batas pinggang dan siku, lebar pinggang = lebar kepala
4 = batas pinggul dan pergelangan tangan, lebar panggul = 2 x lebar kepala
4 ¾ = Ujung jari tangan
5 3/4 = lutut dan jarak lutut = lebar kepala
7 = betis
8 = pergelangan kaki
8 1/6 = tumit dan jarak tumit = lebar kepala
8 ½ = ujung jari kaki dan jarak ujung jari kaki = lebar kepala

Sketsa Tubuh

Sketsa Tubuh

Sumber: http://anaarisanti.blogspot.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Langkah ketiga, bentuk bagian tubuh sehingga terlihat seperti sudah ada dagingnya dengan bantuan garis di atas.

Sketsa Tubuh

Sketsa Tubuh

Sumber: http://anaarisanti.blogspot.com

Langkah keempat, hapus garis bantu dan rapikan gambar anatomi yang dibuat sehingga diperoleh sebuah anatomi tubuh yang utuh yang dapat divariasikan gerak dan gayanya.

Anatomi Tubuh

Anatomi Tubuh

Sumber: http://anaarisanti.blogspot.com

Langkah kelima, sempurnakan gambar dengan melengkapi bagian-bagian wajah dan menyempurnakan bentuk bagian-bagian tubuh seperti bentuk badan, pinggang, panggul, paha, betis, tangan, dan kaki seperti pada gambar di bawah ini. Letak bagian-bagian wajah, yaitu: ubun-ubun, batas dahi, letak mata, letak hidung, letak telinga, letak bibir, dagu.

Anatomi Tubuh

Anatomi Tubuh

Sumber: http://anaarisanti.blogspot.com

Anatomi ini dapat diubah gerak dan gayanya dengan cara membuat rangka benang atau rangka balok. Anatomi tubuh sudah dapat digunakan sebagai pedoman dalam menggambar bermacam-macam busana.

Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.