Article

Homepage Article Desain Fesyen Desain Sketsa Busana (Fashion…

Desain Sketsa Busana (Fashion Sketching)

Berbicara mengenai fashion, barangkali tidak ada ungkapan yang cukup untuk melukiskan betapa melimpahnya trend busana wanita yang dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Namun tahukah anda, bahwa untuk menghasilkan busana yang trendy dan fashionable diperlukan rancangan atau desain yang kreatif dari seorang desainer.

Desain Sketsa Busana

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sebelum memasuki tahap produksi, seorang desainer mula-mula harus menentukan terlebih dahulu tema atau konsep seperti apa yang akan diusung dalam busana rancangannya. Setelah mendapatkan tema atau konsep tersebut, barulah dibuat sketsa diatas kertas agar tidak salah dalam proses produksinya.

Desain Sketsa Busana

Sumber : https://id.pinterest.com/

Desain sketsa busana atau fashion sketching yang dibuat oleh para desainer ini bentuk dasarnya memang masih berupa gambaran atau draft yang diselesaikan dengan pensil hitam, pena atau alat tulis lainnya. Dimana fungsi utama dari desain ini biasanya hanya untuk tujuan pengenalan.

Desain Sketsa Busana

Sumber : https://www.thoughtco.com/

Karena desain sketsa busana ini dibuat dengan tujuan untuk mengenalkan suatu outline atau garis besar rancangan mode, maka tampilannya pun hanya terbatas pada garis-garis sederhana, sehingga seseorang dapat menampilkannya dengan cepat. 

Desain Sketsa Busana

Sumber : https://id.pinterest.com/

Bagi mereka yang belajar di bidang busana atau berkecimpung dalam dunia mode, keberadaan desain sketsa busana menjadi sangat penting. Sebab garis-garis yang ada dalam sketsa sebuah busana biasanya mampu berbicara lebih jelas mengenai berbagai macam bentuk dan model pakaian dibandingkan dengan sederet kata atau kalimat. 

Desain Sketsa Busana

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk proses pembuatan sketsa busana sendiri, bakat menggambar dari seseorang memang sangat membantu. Tapi ingat, untuk membuat desain sketsa busana yang berkualitas seseorang juga harus mengetahui proporsi tubuh manusia menurut proporsi fashion atau fashion figure, bukan proporsi normal. 

Desain Sketsa Busana

Sumber : https://play.google.com/

Penyajian tekanan garis-garis pada sketsa atau ilustrasi busana pun mutlak diperhatikan agar desain sketsa yang dihasilkan lebih jelas, mudah untuk dipahami orang lain dan dapat diwujudkan dalam bentuk busana yang sesungguhnya. Intinya dibutuhkan banyak sekali praktik membuat sketsa dengan berbagai model (bentuk pakaian). 

Desain Sketsa Busana

Sumber : http://bcatthreads.com/

Bagi anda yang ingin menggambar desain, anda bisa membuat sketsa dengan menggunakan lead pensil yang terbuat dari graphite. Pensil ini sangat baik untuk digunakan dan tersedia dalam beberapa ukuran yang berbeda. Jangan lupa untuk tetap membuat garis yang ringan, dan jangan menekan kertas gambar terlalu keras.

Desain Sketsa Busana

Sumber : https://id.pinterest.com/

Semoga bermanfaat.

 

Mau tahu lebih banyak tentang segala hal yang berkaitan dengan teknik menggambar desain fashion?. Sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book desain baju dari kami Di Sini.

E-Book Mendesain

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.