Article

Homepage Article Fashion Design 12 Tips Memulai Karir Sebagai…

12 Tips Memulai Karir Sebagai Fashion Blogger

Memiliki minat yang besar dengan dunia mode dan ingin menjadikannya sebagai pekerjaan yang serius?. Khusus untuk anda yang punya banyak ide-ide kreatif mungkin memilih berkarir sebagai fashion blogger bisa menjadi opsi paling tepat yang bisa anda coba. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fashion Blogger

Fashion blogger merupakan salah satu profesi dalam dunia mode yang memiliki tanggung jawab utama untuk menulis konten tentang fashion, mempublikasikan dan mereview produk fashion di media social / website dengan tujuan untuk menarik perhatian audiens.

  • Menjadi fashion blogger tak hanya sekedar menampilkan gaya dalam bentuk visual foto, tapi juga dalam bentuk tulisan yang enak dibaca dan berkualitas.
  • Dalam hal ini fashion blogger bisa berperan sebagai model, jurnalis dan stylist di industri fashion.

Fashion Blogger

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tips Menjadi Fashion Blogger

Tertarik untuk menekuni profesi fashion blogger tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Jika anda ingin menjadi fashion blogger yang sukses mungkin beberapa tips yang kami bagikan berikut ini bisa sedikit membantu anda.

1. Tentukan Topik Spesifik

Tentukan topik spesifik supaya anda bisa lebih fokus dalam membuat tulisan dan menyampaikan informasi yang tepat kepada audiens. Setelahnya secara bertahap anda bisa mulai memperluas cakupan topik untuk memperkaya isi blog yang anda buat.

Beberapa contoh topik yang bisa anda pilih misalnya:

  • Tentang inspirasi gaya pakai dress untuk perempuan plus size.
  • Tentang evolusi dress dari masa ke masa.
  • Inspirasi gaya celana kulot yang modis untuk wanita.
  • Rekomendasi baju yang cocok dipakai untuk gaya berhijab.
  • Tips berpenampilan yang modis dan stylish untuk ke kantor.

2. Berfikir Kreatif dan Aktif

Seperti halnya fashion journalist, fashion blogger juga dituntut untuk bekerja secara aktif dan berfikir kreatif dalam mengulik fashion dari berbagai sisi. Misalnya saja dengan memperkenalkan trend mode terbaru dan mengenakannya dengan cara yang berbeda untuk diikuti publik.

Sebagai fashion blogger anda juga bisa membuat konten review produk dan merekomendasikan produk yang bermanfaat untuk para audiens. Beritahu apa yang anda gunakan dan apa pengalaman anda dengan produk tersebut.

Fashion Blogger

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Buat Konten Yang Berkualitas

Mengedepankan kualitas dibanding kuantitas menjadi prinsip penting yang harus dipegang oleh seorang fashion blogger, karena orang-orang bisa jadi tidak akan tertarik dengan apa yang anda sajikan apabila konten yang anda buat tidak berkualitas.

  • Perbanyak peferensi style untuk mencari inspirasi.
  • Minta masukan dari orang lain untuk sumber ide kemudian mulai kembangkan sesuai kreatifitas yang anda miliki.
  • Perhatikan cara penulisan dan selalu lengkapi dengan foto yang berkualitas bagus.
  • Jika anda ingin menambahkan video pada konten yang anda buat persiapkan dengan matang konsep video, editing, sudut kamera, hingga kualitas suara.

4. Pertahankan Jati Diri

Pertahankan jati sebagai fashion blogger yang otentik dan memiliki ciri khas tersendiri. Dalam mengeksplorasi gaya dan berekspresi melalui fashion pun anda tidak harus selalu menggunakan barang-barang mahal untuk bisa terlihat fashionable dan menarik.

  • Fashion blogger dengan gaya yang khas, kebanyakan lebih bisa membuat pembaca untuk berekspektasi sama mengenai informasi yang ingin disampaikannya.
  • Kalaupun anda berniat untuk beralih haluan gaya jelaskan secara jujur kepada audiens atau penggemar yang mengikuti konten anda.

5. Keterampilan Komunikasi Yang Baik

Tingkatkan keterampilan komunikasi yang anda miliki(tertulis maupun lisan), karena pada prinsipnya blogging sendiri secara teknis merupakan bentuk komunikasi.

  • Untuk menyampaikan gaya dan sudut pandang kepada audiens penting bagi seorang fashion blogger untuk dapat berkomunikasi dengan cara yang mudah dipahami.
  • Dalam menulis postingan, penting bagi seorang fashion blogger untuk menggambarkan gaya dengan jelas dan dengan cara yang menginspirasi orang lain.
  • Keterampilan komunikasi yang baik juga akan memudahkan fashion blogger ketika mencari informasi dari banyak sumber.

6. Pertimbangkan Sudut Pandang Pembaca

Ketika membuat postingan di blog maupun social media lainnya sebisa mungkin fokuslah pada topik yang sudah anda pilih dan juga segmen audiens yang menjadi sasaran dengan mempertimbangkan sudut pandang pembaca.

7. Paham Cara Kerja Media Sosial

Untuk bisa bersaing dengan sesama fashion blogger lainnya, penting bagi seorang fashion blogger untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang cara kerja media sosial, termasuk algoritma yang digunakan pada setiap platform dan konvensi umum tentang jenis posting dan frekuensinya.

Fashion Blogger

Sumber : https://id.pinterest.com/

8. Pelajari Dasar-Dasar Fotografi

Untuk menarik minat audiens seorang fashion blogger juga harus memahami dasar-dasar fotografi dan menyajikan gambar yang secara estetika menyenangkan. Kalau pengetahuan anda tentang fotografi masih sangat minim, coba investasikan waktu anda untuk belajar aturan fotografi dasar.

9. Keterampilan Membuat Montase

Selain fotografi bekali diri anda dengan keterampilan membuat montase yang menarik. Montase sendiri merupakan karya seni tempel yang mengkombinasikan gambar-gambar dari berbagai sumber untuk menjadi susunan karya seni baru, baik itu berupa video, kolase foto atau karya seni lainnya.

10. Posting Konten Secara Konsisten

Posting konten baru secara konsisten baik dalam bentuk visual maupun tulisan sebagai umpan untuk lookbook ataupun sumber inspirasi audiens dalam mengembangkan gaya mereka sendiri.

Fashion Blogger

Sumber : https://id.pinterest.com/

11. Bangun Jaringan Yang Luas

Bangun jaringan yang luas dengan cara berkenalan atau bertemu orang-orang baru untuk mendapatkan berbagi ide segar yang akan membantu anda dalam membuat konten dan membangun jumlah pengikut di media sosial.

12. Bekerjasama Dengan Brand

Mulailah untuk bekerja sama dengan brand atau merek agar audiens lebih yakin bahwa blog yang anda kelola memiliki kredibilitas dan profesionalitas. Untuk merasakan pengalaman berbisnis, sebagai permulaan anda bisa mencoba mendekati brand lokal.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang perlu anda perhatikan untuk menjadi fashion blogger yang sukses. Yang pasti untuk bisa menghasilkan konten-konten menarik, seorang fashion blogger dituntut untuk selalu berfikir kreatif dan mengikuti perkembangan trend.

Untuk anda yang mau tahu lebih banyak lagi tentang macam-macam profesi lain yang termasuk ke dalam ruang lingkup dunia mode simak juga pembahasan mengenai 21 Profesi di Dunia Fashion dan Peran Masing-Masing.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.