Article

Homepage Article Kain Tekstil Ciri Khas Bahan Kain Spandek,…

Ciri Khas Bahan Kain Spandek, Kelebihan dan Kekurangan Serta Pemanfaatannya Dalam Industri Sandang

Sebagai salah satu jenis bahan kain yang cukup populer di kalangan wanita kain spandek bisa dibi-lang memiliki karakteristik yang cukup unik dibanding bahan lainnya. Buat anda yang penasaran cari tahu dulu yuk seperti apa ciri khas kain spandek, kelebihan, kekurangan serta pemanfaatan kain spandek dalam industri fashion.

Pengertian Bahan Spandek

Bahan spandek merupakan sejenis bahan kain yang biasa dibuat dari polimer sintetis seperti halnya nilon atau polyester. Bahan kain yang juga dikenal dengan nama lain elastane ini umumnya cenderung bersifat elastis dan memiliki kemampuan merenggang sangat tinggi hingga mencapai 5 kali dari ukuran aslinya.

Kain Spandek

Sumber : https://www.mmtex.top/

Sebagai bahan pakaian olahraga dan bahan pelengkap kebutuhan fashion, spandek konon ditemukan pertama kali pada tahun 1947 oleh perusahaan Du Pont dan diperkenalkan dengan sebutan “fiber K”. Serat temuan Du Pont tersebut selanjutnya terus dikembangkan sebagai bahan pengganti karet yang diberi nama “lycra”.

Kain Spandek

Sumber : https://www.instagram.com/

Dilihat dari susunan benangnya kain spandek sendiri secara umum terdiri dari kumpulan benang-benang polimer yang memiliki dua jenis segmen, yaitu segmen pendek dan panjang.

  1. Segmen pendek memiliki sifat kaku dan berperan sebagai pengikat atau penghubung antara satu benang dengan benang yang lainnya.
  2. Sedangkan segmen panjang berperan agar spandek memiliki sifat elastis.

Kain Spandek

Sumber : https://spandexwarehouse.com/

Sebagai pengganti bahan karet, spandek pada prinsipnya dinilai lebih unggul karena cenderung san-gat kuat, ringan dan lebih fleksibel. Walaupun pada kenyataannya serat spandek tidak dapat berdiri sendiri menjadi sebuah bahan kain, tetapi harus dikombinasikan dengan serat lain seperti katun ray-on maupun jenis serat lainnya.

Kain Spandek

Sumber : https://www.globalsources.com/

Jenis-Jenis Kain Spandek

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya, kain spandek sendiri sampai saat ini banyak dikem-bangkan menjadi berbagai macam varian. Sebut saja spandek katun, spandek rayon, spandek semi rayon, spandek rayon super, spandek jersey, spandek korea, spandek PE, spandek korea, spandek denim, hyget spandek hingga spandek balon.

Kain Spandek

Sumber : https://www.dhgate.com/

1. Spandek Katun

Spandek katun merupakan bahan kain yang dibuat dari campuran serat spandek dan benang katun atau kapas dengan polyurethane. Kombinasi keduanya akan menghasilkan bahan kain yang cenderung elastis, kuat dan tahan lama dibanding kain katun.

2. Spandek Rayon

Spandek rayon merupakan sejenis bahan kain yang diperoleh dari campuran serat spandek dan rayon. Kombinasi keduanya menghasilkan jenis kain yang lebih lembut, adem dipakai, menyerap keringat dan lebih fleksibel di badan karena cukup mudah melar.

3. Spandek Semi Rayon

Spandek semi rayon pada dasarnya memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan spandek rayon yakni sama-sama bersifat halus, lembut, dingin, nyaman dan bersifat menyerap keringat. Bedanya jumlah campuran spandek pada kain ini sedikit lebih banyak.

4. Spandek Rayon Super

Spandek rayon super merupakan sejenis bahan kain yang diperoleh dari kombinasi benang rayon dengan campuran spandek. Teksturnya menyerupai permukaan katun, tapi cenderung lebih halus dan memiliki kemampuan merenggang yang sangat baik.

5. Spandek Jersey

Perpaduan benang spandek yang memiliki tingkat kelenturan tinggi, serat rayon yang memiliki karakteristik menyerap panas, serta benang dari serat bambu yang ringan, membuat kain span-dek rayon jersey sangat cocok untuk dikenakan sebagai bahan baju harian.

6. Spandek Korea

Spandek korea yang sering disebut juga sebagai spandek ITY (interlocked twisted yarn) secara keseluruhan terlihat sangat mirip dengan jersey, meskipun dari segi bobotnya spandek korea ini terbilang lebih berat dari pada spandek rayon maupun spandek jersey.

7. Spandek PE

Sesuai dengan namanya spandek PE dapat didefinisikan sebagai sebuah bahan kain yang dibuat dari bahan dasar PE (Polyester). Bentuknya sepintas tampal seperti bahan kaos tetapi lebih tipis. Dari segi harga kain spandek PE ini biasanya relatif lebih murah.

8. Spandek Sutra

Spandek sutra merupakan bahan kain yang dibuat menggunakan benang utama polyester dan serat spandek. Campuran keduanya mampu menghasilkan kain yang dapat meregang dengan sangat baik, sangat lentur, agak mengkilap, ringan dan mudah melepas panas.

9. Spandek Denim

Spandek denim atau denim spandek merupakan sejenis bahan kain yang dibuat dari perpaduan bahan denim dengan spandek hingga akhirnya menghasilkan sebuah bahan yang terlihat seper-ti denim tapi tetap bersifat elastis seperti halnya kain spandek.

10. Kain Hyget Spandex

Kain hyget spandek termasuk kedalam jenis kain jersey yang secara umum memiliki karakteris-tik sedikit elastis, daya serapnya lebih kecil dibanding dengan kain drifit namun dalam proses pencuciannya mudah atau tidak perlu perawatan khusus.

11. Kain Spandek Balon

Kain spandek balon merupakan kain dengan bahan spandek yang memiliki sifat stretch dan dapat dapat di printing atau di sublim. Kain ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan baselayer maupun innersuit untuk pakaian olahraga maupun jersey.

Sebagai bahan pembuatan pakaian yang berkualitas kain spandek balon ini umumnya juga dapat dibedakan dalam berbagai tingkat ketebalan yang berbeda-beda, beberapa ada yang dibuat cukup tebal namun ada juga yang tipis.

  1. Untuk kain spandek balon yang tebal gramasi atau berat bahan kainnya antara 200 sam-pai dengan 220 gram/m2.
  2. Untuk kain spandek balon yang tipis gramasi atau berat bahan kainnya antara 150 sam-pai dengan 200 gram/m2.

Butuh bahan kain spandek berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos maupun produk pakaian yang lainnya?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi kain spandek dari kami.

  1. Kain Hyget Spandex (Semua Warna)
  2. Kain Spandek Balon Tebal Warna
  3. Kain Spandek Balon Tipis Warna
  4. Kain Spandek Balon Tebal Putih
  5. Kain Spandek Balon Tipis Putih

Ciri Khas Kain Spandek

Tidak jauh berbeda dengan bahan pakaian yang lainnya kain spandek ini secara umum juga memiliki ciri khas tersendiri yang mungkin tidak dapat dijumpai pada bahan kain yang lainnya. Untuk memu-dahkan anda dalam memilih dan menemukan kain spandek yang berkualitas kenali dulu yuk ciri-cirinya.

Berikut beberapa ciri paling khas dari bahan kain spandek yang perlu anda ketahui:

  1. Bahan kain spandek umumnya cenderung bersifat licin.
  2. Bahan kain spandek kada yang tebal dan ada yang tipis. Meskipun tipis namun bahan kain ini kuat dan lebih awet jika dibandingkan dengan jenis bahan katun yang biasa.
  3. Bahan spandek cenderung lebih ketat dan bahan kainnya agak panas apabila mengandung polyurethane dalam jumlah tinggi.
  4. Bahan spandek lumayan nyaman saat digunakan.
  5. Bahan spandek juga memiliki sifat elastis yang tinggi dan tidak membatasi ruang gerak bagi yang memakainya.
  6. Bahan spandek mampu mempertahankan ukuran aslinya, sehingga jika direnggangkan tidak akan cepat rusak.
  7. Bahan spandek akan menempel pada tubuh, jadi saat dikenakan akan menyesuaikan bentuk tubuh pemakainya.

Kelebihan Kain Spandek

Dari beberapa ciri khas kain spandek yang telah disebutkan di atas terdapat beberapa poin yang juga menjadi kelebihan dari kain spandek. Beberapa kelebihan yang ditawarkan dari kain spandek antara lain berupa:

  1. Kain spandek termasuk ke dalam jenis kain memiliki karakteristik istimewa karena sebelum akhirnya menjadi sebuah kain, bahan spandek biasanya dikombinasikan dengan berbagai bahan lain terlebih dahulu.
  2. Kain spandek kebanyakan bersifat halus dan lembut. Selain lembut, kain ini juga memiliki daya elastisitas yang tinggi sehingga dapat mengikuti bentuk tubuh.
  3. Kain spandek memiliki bahan yang ringan dan dapat merenggang hingga 5 kali dari ukuran aslinya. Dengan sifatnya yang sedemikian unik kain spandek ini ketika digunakan tidak akan membatasi ruang gerak pemakainya.
  4. Kain spandek tidak mudah berkerut sehingga cara perawatannya cenderung sangat mudah. Setelah dicuci dan dikeringkan pakaian berbahan spandek bahkan bisa langsung disimpan tanpa harus disetrika.
  5. Bahan spandek tahan terhadap asam dan akali, termasuk juga keringat, air laut serta suntan lotion (sejenis lotion yang berguna untuk menggelapkan kulit).
  6. Bahan spandek juga memiliki ketahanan warna yang lebih tinggi sehingga warna kainnya tidak akan cepat pudar.
  7. Bahan spandek juga tahan terhadap sinar ultraviolet dan minyak dari kulit, jadi kalaupun terpapar dua bahan tersebut tidak akan cepat rusak.

Kekurangan Kain Spandek

Dibalik sejumlah keunggulan yang ditawarkannya kain spandek sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Sekalipun keunggulan kain spandek lebih banyak dibanding kelemahannya, tetapi tidak ada salahnya juga bila anda mengetahui kelemahan dari jenis kain yang satu ini.

  1. Kain spandek memiliki daya serap keringat yang kurang begitu baik, namun hal ini juga sangat bergantung pada seberapa banyak material spandek yang digunakan.
  2. Kain spandek merupakan salah satu jenis kain yang sensitif terhadap panas. Jadi apabila anda tidak ingin merusak serat kainnya sebaiknya jauhkan kain spandek dari air panas, mesin pengering dan suhu setrika yang terlalu tinggi.
  3. Dengan sifat kainnya yang elastis, ketika digunakan untuk membuat pakaian ketat kain span-dek justru akan menonjolkan bentuk tubuh dari pemakainya.

Pemanfaatan Kain Spandek

Berlanjut ke pembahasan berikutnya yakni tentang pemanfaatan kain spandek. Jika dilihat dari segi kualitasnya penggunaan kain spandek ini cukup luas cakupannya, terutama untuk pakaian- pakaian yang memerlukan elastisitas cukup tinggi. Beberapa contoh produk fashion yang dapat dibuat dari kain spandek diantaranya:

  1. Pakaian renang.
  2. Bra straps.
  3. Tank top.
  4. Sabuk ikat pinggang.
  5. Sarung tangan.
  6. Legging.
  7. Kostum ballet.

Khusus di Indonesia sendiri kain dengan campuran spandek saat ini juga mulai banyak digunakan untuk pembuatan baju-baju muslim termasuk gamis dan hijab instan dengan model bergo. Selain pilihan warnanya sangat beragam banyak orang yang menyukai kain spandek karena karakternya cukup lembut dan halus.

Tertarik untuk membuat gamis wanita dari bahan kain spandek tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi mungkin anda bisa mendownload pola gamis wanita siap pakai dari kami.

1. Pola Baju Gamis Wanita Model Lurus

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

2. Pola Baju Gamis Wanita Model Berpinggang

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badann-ya memiliki lekukan pinggang.

Menjahit Kain Spandek

Untuk menjahit bahan spandek yang memiliki karakteristik stretch pada prinsipnya dibutuhkan teknik dan keterampilan yang sangat tinggi. Penggunaan alat pemotong yang baik pun menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dipersiapkan, oleh karena itu gunakan gunting yang sangat tajam un-tuk memotong kain dan meminimalisir peregangan kain.

  1. Dalam menjahit kain spandek usahakan untuk memakai benang berkualitas dari bahan polyes-ter atau nylon serta jarum baru yang berujung tajam sehingga diperoleh suatu jahitan yang lebih rapi, kuat dan tidak merusak bahan kain. 
  2. Sebagai penyelesaian bagian tepi kain gunakan mesin overlock benang tiga atau empat untuk mempertahankan tingkat keelastisan bagian tersebut.
  3. Gunakan kertas sebagai pelapis bagian atas serta bawah kain untuk menahannya agar tidak tergelincir dan mengalami peregangan yang terlalu banyak ketika kain dijahit.
  4. Sesuaikan ketegangan benang atas dan bawah pada mesin jahit untuk menghindari timbulnya kerutan pada hasil jahitan.

Kalau anda ingin menjahit bahan kain kaos yang stretch tapi tidak memiliki mesin yang memadahi maka anda bisa juga menggunakan mesin jahit standar.

  1. Caranya lapisi bahan kain yang bersifat stretch kemudian jahit kertas dan kain tersebut secara bersamaan.
  2. Selesai melakukan proses menjahit selanjutnya tarik kertas secara perlahan hingga terlepas dari jahitan.

Cara lain yang juga bisa anda pakai untuk menjahit bahan stretch yaitu dengan menggunakan jarum jahit khusus bernama ballpoint needle yang ujungnya bulat. Dengan ujungnya yang membulat, bal-loint needle akan lebih mudah menembus sela-sela rajutan bahan spandek tanpa perlu merusak be-nang atau serat penyusun bahan kainnya.

Tipe Merawat Pakaian berbahan Spandek

Punya sejumlah koleksi pakaian berbahan spandek?. Penting untuk diketahui bahwa pakaian berba-han spandek sebenarnya tidak bisa disetrika dengan suhu yang panas. Maka dari itu proses mencuci dan menjemurnya juga harus disiasati dengan cara-cara tertentu supaya kualitas pakaian tetap terjaga dengan baik.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pakaian yang tidak diinginkan coba terapkan beberapa tips sederhana sebagai berikut untuk merawat pakaian berbahan spandek yang anda miliki.

  1. Pisahkan pakaian spandek yang berwarna putih, berwarna terang dan juga berwarna gelap. Pisahkan pula pakaian spandek yang paling kotor dengan pakaian lainnya agar kotorannya tidak menyebar ke pakaian yang lebih bersih.
  2. Untuk merawat produk pakaian yang dibuat dari bahan kain spandek, sahabat Fitinline cukup merendamnya menggunakan detergen kemudian menguceknya secara perlahan.
    • Saat mencuci pakaian dengan bahan spandek sebaiknya jangan merendamnya terlalu la-ma.
    • Merendam pakaian berbahan spandek terlalu lama akan membuat warna kain menjadi cepat pudar.
  3. Hindari menyikat pakaian berbahan spandek karena dapat merusak serat kain dan menjadi-kannya cepat molor. Cukup kucek-kucek saja pakaian kesayangan anda secara perlahan dengan menggunakan tangan.
  4. Saat mencuci pakaian spandek anda bisa menambahkan pelembut atau pewangi pakaian agar bahan spandek tetap lembut dan wangi.
  5. Hindari penggunaan mesin pengering yang ada dalam mesin cuci. Untuk mengeringkan paka-ian spandek jemur dengan posisi yang benar agar warnanya tidak mudah pudar.
  6. Saat menyetrika pakaian spandek pastikan anda juga menerapkan prinsip kehati-hatian. Kalau mau aman sebaiknya gunakan suhu setrika yang sedang saja dan jangan terlalu panas.

Demikian pembahasan singkat mengenai ciri khas kain spandek, kelebihan dan kekurangan spandek serta pemanfaatan spandek dalam industri fashion yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan bahan kain lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.