Article

Homepage Article Kain 9 Macam Varian Kain Spandek

9 Macam Varian Kain Spandek

Kain spandek merupakan sejenis bahan kain elastis (stretch) yang terbuat dari polimer seperti nilon atau polyester. Jenis bahan kain yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pakaian olah raga dan bahan pelengkap kebutuhan fashion ini ditemukan pertama kali pada tahun 1947 oleh perusahaan Du Pont dan diperkenalkan dengan sebutan “fiber K”. Serat spandek ini selanjutnya terus dikembangkan sebagai bahan pengganti karet yang diberi nama “lycra” pada tahun 1959. 

Varian Spandek

Sumber : http://www.aliexpress.com/

Serat spandek yang difungsikan untuk mengganti bahan karet dinilai lebih unggul karena fiber spandek dikenal sangat kuat, lebih ringan, dan lebih fleksibel dari pada bahan karet. Meski pada kenyataannya serat spandek tidak dapat berdiri sendiri menjadi sebuah bahan kain, tetapi harus dikombinasikan dengan serat lain seperti katun rayon atau serat lainnya. 

Varian Spandek

Sumber : http://www.gobizkorea.com/

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya, kain spandek sendiri banyak dikembangkan menjadi beberapa macam varian. Mulai dari spandek katun, spandek rayon, spandek semi rayon, spandek rayon super, spandek jersey, spandek korea, spandek PE, spandek korea, hingga spandek denim. 

Varian Spandek

Sumber : http://www.trimfabric.com/

Spandek Katun

Spandek katun atau cotton spandek merupakan bahan kain yang dibuat dari campuran serat spandek dan benang katun atau kapas dengan polyurethane. Kombinasi kedua bahan ini menjadikan pakaian yang dibuat dari bahan katun spandek memiliki sifat yang cenderung lebih elastis, lebih kuat dan tahan lama disbanding kain katun. 

Varian Spandek

Sumber : http://www.trade2cn.com/

Spandek Rayon

Spandek rayon atau rayon spandek merupakan sejenis bahan kain yang diperoleh dari campuran serat spandek dan rayon. Kombinasi keduanya menghasilkan jenis kain yang lebih lembut, adem dipakai, menyerap keringat dan lebih fleksibel di badan karena cukup mudah melar. 

Varian Spandek

Sumber : http://www.aliexpress.com/

Spandek Semi Rayon

Spandek semi rayon pada dasarnya memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan spandek rayon, bedanya jumlah campuran spandeknya sedikit lebih banyak sehingga bisa meregang lebih panjang dari pada spandek rayon super. Permukaan kainnya cenderung halus, lembut, dingin, nyaman, dan bersifat menyerap keringat seperti halnya spandek rayon.

Varian Spandek

Sumber : http://www.merricksart.com/

Spandek Rayon Super

Spandek rayon super merupakan sejenis bahan kain yang diperoleh dari kombinasi benang rayon dengan campuran spandek. Teksturnya menyerupai permukaan katun, tapi cenderung lebih halus dan bisa meregang karena ada campuran spandek di dalamnya. 

Varian Spandek

Sumber : https://chelseaboutique.wordpress.com/

Spandek Jersey

Perpaduan benang spandek yang memiliki tingkat kelenturan tinggi, serat rayon yang memiliki karakteristik menyerap panas, serta benang dari serat bambu yang ringan, membuat kain spandek rayon jersey sangat cocok untuk dikenakan sebagai bahan baju harian.

Varian Spandek

Sumber : http://www.globaltextiles.com/

Spandek Korea

Spandek korea yang sering disebut juga sebagai spandek ITY (interlocked twisted yarn) pada dasarnya memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan jersey. Sama-sama bersifat elastis, halus, lembut, mengkilap, dan jatuh. Meskipun dari segi bobotnya spandek korea ini terbilang lebih berat dari pada spandek rayon maupun spandek jersey. 

Varian Spandek

Sumber : http://www.dinomarket.com/

Spandek PE

Sesuai dengan namanya spandek PE dapat didefinisikan sebagai sebuah bahan kain yang dibuat dari bahan dasar PE (Polyester). Bentuknya sepintas mirip bahan kaos tetapi lebih tipis. Tidak mengherankan jika model baju yang terbuat dari spandek PE harganya cenderung murah. 

Varian Spandek

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Spandek Sutra

Spandek sutra atau silky spandek merupakan sejenis bahan kain yang dibuat menggunakan benang utama polyester dan campuran serat spandek. Kain ini memiliki kemampuan meregang yang sangat baik, sangat lentur, agak mengkilap, ringan, dan mudah melepas panas.

Varian Spandek

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Spandek Denim

Spandek denim atau denim spandek merupakan sejenis bahan kain yang dibuat dari perpaduan bahan denim dengan spandek hingga akhirnya menghasilkan sebuah bahan yang terlihat seperti denim tetapi bersifat elastis.

Varian Spandek

Sumber : http://es.aliexpress.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.