Article

Homepage Article Fashion Design 8 Tips Merawat Baju Brokat…

8 Tips Merawat Baju Brokat Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Merawat baju berbahan brokat membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga keindahan dan kualitas kainnya. Jadi kalau kamu punya beberapa koleksi kebaya, blus, gamis, tunik atau model baju lainnya yang dibuat dari bahan brokat, maka kamu juga harus tahu cara merawatnya agar tetap awet.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Brokat

Kain brokat termasuk ke dalam salah satu jenis bahan kain yang selama berabad-abad sudah menjadi pilihan populer untuk busana formal seperti kebaya di Indonesia dan juga busana pengantin khususnya dalam desain-desain mewah ala Victoria.

  • Kain brokat merupakan jenis kain yang kaya akan dekorasi dan seringkali dibuat menggunakan sutra berwarna, dengan atau tanpa benang emas maupun perak.
  • Kain brokat mudah ditemukan dengan ragam dan corak yang sangat indah, misalnya saja corak bunga-bunga, tanaman dan unsur-unsur alam lainnya.
  • Kain brokat termasuk ke dalam jenis bahan kain yang tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan senantiasa tetap rapi walau tanpa disetrika.

Merawat Baju Brokat

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Tapi meskipun kain brokat memang terkenal indah jika digunakan sebagai bahan pakaian, tetap saja baju yang dibuat dari bahan tersebut membutuhkan perawatan khusus untuk bisa mempertahankan kualitasnya.

Merawat Baju Berbahan Brokat

Mau tahu bagaimana cara terbaik yang dapat diterapkan untuk merawat pakaian berbahan brokat supaya tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya?. Berikut kami bagikan cara mencuci baju brokat dan merawat baju brokat yang bisa kamu coba.

1. Periksa Label Perawatan

Selalu periksa label perawatan pada baju brokat untuk mengetahui instruksi spesifik yang disarankan oleh produsen, termasuk suhu air yang tepat dan cara mencuci yang aman.

  • Perhatikan suhu air yang direkomendasikan untuk mencuci baju brokat kesayangan kamu.
  • Untuk menghindari penyusutan dan kerusakan serat, biasanya air dingin atau hangat lebih disarankan.

Merawat Baju Brokat

Sumber : https://www.stillwhite.com.au/

Namun jika label yang terdapat pada baju brokat menyarankan kamu untuk merawatnya dengan cara cuci kering, sebaiknya bawa baju brokat ke layanan dry cleaning profesional.

2. Pisahkan Dengan Pakaian Lain

Cuci baju brokat secara terpisah dari pakaian lain yang bahannya mungkin mudah luntur atau bahannya lebih kasar dan dikhawatirkan dapat merusak serat kain brokat, seperti jaket deni, celana jeans atau pakaian dengan ritsleting dan kancing yang tajam.

Jika memungkinkan kamu juga bisa mencuci baju brokat berwarna terang dan gelap secara terpisah untuk menghindari perubahan warna.

3. Cuci Dengan Menggunakan Tangan

Usahakan untuk selalu mencuci baju brokat secara manual dengan menggunakan tangan, jangan mencuci baju dengan brokat dengan mesin cuci karena gesekan yang ditimbulkan dari putaran mesin cuci dapat merusak kain dan hiasan pada baju.

Merawat Baju Brokat

Sumber : https://www.amazon.com/

4. Jangan Merendamnya Terlalu Lama

Jangan merendam baju berbahan brokat terlalu lama karena bisa membuat seratnya jadi mudah rusak. Cukup rendam baju berbahan brokat selama 5 hingga 15 menit dalam campuran air dan deterjen yang berbahan lembut kemudian cuci dan bilas seperti biasa.

5. Jangan Memerasnya Terlalu Keras

Setelah selesai dicuci dan dibilas jangan memeras baju berbahan brokat terlalu kuat. Cukup angkat baju brokat yang sudah benar-benar bersih dan biarkan air menetes dengan sendirinya.

6. Hindari Sinar Matahari Langsung

Jemur baju brokat di tempat yang teduh dan terlindung dari paparan sinar matahari langsung yang dapat memudarkan warna kain brokat. Beberapa tips tambahan yang bisa kamu pertimbangkan untuk menjemur baju brokat diantaranya:

  • Jemur baju brokat di tempat terbuka dan memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Hindari menjemur baju brokat dengan gantungan kawat yang bisa merusak bentuk pakaian.
  • Jemur baju brokat dalam posisi terbalik, dalam artian bagian dalamnya berada di luar.
  • Jangan biarkan baju brokat terlalu lama dijemur. Angkat segera setelah kering untuk menghindari kerutan dan menjaga kelembutan kain.

Merawat Baju Brokat

Sumber : https://poshmark.com/

7.  Simpan Dengan Baik dan Benar

Hindari kebiasaan menyimpan baju brokat dengan cara digantung, karena lama-lama bisa membuat ukurannya melebar dan melar. Sebagai gantinya kamu bisa menyimpan baju berbahan brokat dengan cara dilipat dan memasukannya ke dalam kantong khusus pakaian.

Kalau pun kamu ingin menyimpan baju berbahan brokat dengan cara digantung, lebih baik gunakan gantungan baju yang empuk atau berlapis kain untuk menghindari bekas lipatan atau kerutan pada baju brokat.

Merawat Baju Brokat

Sumber : https://www.unboxthedress.com/

Simak juga  8 Tips Memilih Gantungan Baju Yang Tepat Sesuai Jenis Busana.

8. Jangan Menyemprotkan Parfum ke Baju 

Jangan menyemprotkan parfum langsung pada baju brokat karena bahan kimia yang terkandung didalamnya dapat merusak serat dan warna kain brokat. Selain parfum, hindari menyemprotkan hairspray, deodorant atau produk kimia lainnya langsung pada baju brokat.

Merawat Baju Brokat

Sumber : https://www.musk.ch/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk merawat dan mempertahankan kualitas baju berbahan brokat biar tetap bagus. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Tapi jika baju brokat yang habis kamu terkena noda yang sulit dihilangkan atau perlu perawatan khusus, lebih baik bawa baju tersebut ke penyedia layanan laundry profesional yang memiliki pengalaman dalam merawat baju brokat.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk furing baju brokat tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan bahan kain yang kamu butuhkan?.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.