Article

Homepage Article Fashion Muslim 8 Tips Memilih Sajadah Yang…

8 Tips Memilih Sajadah Yang Nyaman Untuk Sholat Tarawih di Masjid

Berencana untuk membeli sajadah untuk keperluan pribadi atau hadiah untuk orang lain?. Jika kamu ingin mendapatkan sajadah sholat yang benar-benar bagus dan nyaman dipakai untuk Tarawih selama bulan suci Ramadhan, alangkah baiknya jika kamu mempertimbangkan delapan hal berikut. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Memilih Sajadah Berkualitas

Memilih sajadah untuk sholat tarawih bisa menjadi keputusan yang penting karena kamu akan menggunakannya dalam waktu yang cukup lama selama bulan Ramadhan. Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa memilih sajadah sholat yang berkualitas sangat penting yaitu:

  • Sajadah yang berkualitas tinggi kebanyakan lebih nyaman digunakan untuk beribadah.
  • Sajadah yang berkualitas baik umumnya cenderung lebih tahan lama karena dibuat dengan bahan yang kuat dan tahan terhadap aus, robek dan kerusakan lainnya.
  • Sajadah yang berkualitas mampu memberikan perlindungan yang baik terhadap lutut, siku dan bagian tubuh lainnya saat sujud.
  • Sajadah yang berkualitas juga dapat membantu mempertahankan fokus ketika sholat dan meningkatkan kualitas spiritual dalam ibadah.
  • Dengan memilih sajadah yang tahan lama, kamu bisa lebih berhemat karena tidak perlu sering-sering membeli sajadah dalam waktu yang singkat.

Sajadah Sholat Tarawih

Sumber : https://shopee.co.id/

Tips Memilih Sajadah Untuk Tarawih

Terkait dengan hal tersebut, lantas apa saja hal terpenting yang harus diperhatikan saat memilih sajadah untuk keperluan sholat tarawih selama bulan Ramadhan?. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba untuk memilih sajadah sholat yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Kualitas Material

Pertama pilih sajadah sholat yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan tahan lama agar sajadah yang kamu miliki tetap nyaman saat dipakai untuk beribadah. Untuk pilihan bahannya beberapa material yang umum digunakan untuk membuat sajadah antara lain berupa:

  • Bahan bludru yang memiliki tekstur sangat halus, rata dan relatif ringan.
  • Bahan poliester yang memiliki karakteristik kuat, lembut, tidak muah kusut dan tidak mudah luntur.
  • Bahan tenun yang umum dibuat dengan mesin tradisional sehingga mampu menghasilkan keindahan tersendiri yang merepresentasikan budaya lokal.
  • Bahan kanvas yang memiliki karakteristik ringan dan mudah untuk diwarnai.
  • Bahan rasfur yang memiliki tekstur bulu-bulu halus pada bagian permuakaannya.

2. Ketebalan Sajadah

Kedua pilih sajadah sholat yang memiliki ketebalan yang cukup, untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan saat sujud. Sebab jika sajadah yang kamu pilih terlalu tipis kamu mungkin akan merasa tidak nyaman terutama jika sholat tarawih di lantai yang keras.

Sajadah Sholat Tarawih

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Ukuran Sajadah

Ketiga pilih ukuran sajadah yang sesuai dengan kebutuhan kamu, dalam artian bisa menampung seluruh tubuh tanpa membuat kamu merasa terlalu sempit saat sujud dan lebih fokus dalam menjalankan ibadah sholat Tarawih selama bulan suci Ramadhan.

Meski demikian, pastikan juga bahwa sajadah yang kamu pakai tidak terlalu besar supaya tidak memakan tempat dan mengganggu kenyamanan orang lain ketika melaksanakan ibadah sholat Tarawih di masjid.

Sajadah Sholat Tarawih

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Untuk ukuranya sendiri, berikut beberapa contoh ukuran sajadah yang biasa dijual dipasaran.

  • Ukuran Kecil

Pertama ada sajadah kecil dengan ukuran panjang sekitar 90-110 cm dan lebar sekitar 50-60 cm. Sajadah ini cocok untuk anak-anak atau orang dewasa dengan postur tubuh yang lebih kecil.

  • Ukuran Standar

Kedua ada sajadah standar dengan ukuran panjang sekitar 120-140 cm dan lebar sekitar 70-80 cm yang umum digunakan oleh banyak orang dewasa.

  • Ukuran Besar

Ketiga ada sajadah besar dengan ukuran panjang sekitar 150-180 cm dan lebar sekitar 80-100 cm yang cocok digunakan oleh orang yang memiliki postur tubuh lebih besar.

  • Ukuran Khusus

Keempat ada sajadah dengan ukuran khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu.

4. Desain Sajadah

Keempat pilih sajadah yang memiliki desain cukup menarik tapi tidak mengganggu konsentrasi kamu saat sedang sholat. Selain itu pastikan desain sajadah juga cocok / tidak terlalu berbeda dengan dekorasi dan lingkungan tempat kamu menjalankan ibadah sholat.

  • Hindari sajadah dengan banyak detail yang rumit atau gambar yang terlalu mencolok yang dapat mengalihkan perhatian.
  • Untuk keperluan ibadah sholat Tarawih pilihlah desain sajadah yang sederhana dan tidak terlalu ramai.

5. Warna Sajadah

Kelima pilih sajadah dengan warna netral atau warna-warna lain yang lebih soft dan tidak terlalu mencolok. Untuk pilihan warnanya, warna-warna seperti putih, krem, biru muda, hijau muda atau abu-abu sering kali lebih menenangkan dan tidak mengganggu konsentrasi.

Sajadah Sholat Tarawih

Sumber : https://www.tokopedia.com/

6. Motif Sajadah

Keenam pilih sajadah sholat yang memiliki motif menarik dan sesuai dengan selera kamu.

  • Motif geometris sederhana atau motif simbolis yang memiliki makna mendalam dalam agama Islam bisa menjadi pilihan yang baik.
  • Selain itu kamu bisa juga memilih sajadah dengan motif bunga-bunga kecil, garis-garis sederhana untuk keperluan sholat Tarawih.

Sajadah Sholat Tarawih

Sumber : https://www.tokopedia.com/

7. Kemudahan Perawatan

Ketujuh pilih sajadah yang mudah dibersihkan dan dirawat untuk memperpanjang umur pakai sajadah dan membuat tampilannya senantiasa tetap cemerlang.

8. Harga Sajadah

Kedelapan sesuaikan sajadah dengan anggaran yang kamu miliki. Sajadah berkualitas tinggi mungkin memiliki harga yang lebih tinggi, tetapi juga dapat bertahan lebih lama dan memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa hal terpenting yang harus kamu perhatikan ketika memilih sajadah untuk keperluan sholat tarawih di masjid selama bulan suci Ramadhan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa membantu kamu untuk memilih dan menemukan sajadah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Simak juga 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sajadah Travel.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.