Article

Homepage Article Kain Tekstil 2 Macam Teknik Pewarnaan…

2 Macam Teknik Pewarnaan Bahan Denim

Sebagian besar dari anda pasti sudah sangat familiar dengan bahan denim. Namun sudahkah anda tahu seperti apa proses pewarnaan yang biasa diterapkan pada kain denim tersebut?. Ditinjau dari proses pewarnaannya kain denim sebenarnya dapat dibuat dengan dua macam cara, pertama dengan cara tradisional dan yang kedua dengan pewarnaan sulfur. 

Pewarna Denim

Sumber : http://www.ounewsbureau.com/

Pewarnaan denim secara tradisional (indigo) biasa dilakukan untuk menciptakan warna biru pada denim, bahan pewarna yang digunakan yaitu berupa zat pewarna indigo. Sementara pewarnaan sulfur lebih banyak digunakan untuk menciptakan warna denim selain biru (non biru).

Pewarna Denim

Sumber : http://blueowlworkshop.blogspot.co.id/

Pewarna Indigo

Warna indigo adalah sumber yang sangat penting untuk sebuah denim. Pewarna indigo awalnya merupakan jenis pewarna yang diekstrak dari tanaman indigofera, sejenis tanaman perdu yang diambil bagian daun dan rantingnya untuk menghasilkan warna biru yang khas.

Pewarna Denim

Sumber : http://global.rakuten.com/

Pewarna alam mulai bergeser penggunaannya sejak tahun 1800-an setelah ditemukannya cara pewarnaan denim secara kimiawi seperti sintesa indigo pada tahun 1897. Berkembangnya produksi indigo sintetis menyebabkan penggunaan indigo alami dalam industri tekstil kian menurun.

Pewarna Denim

Sumber : http://www.heddels.com/

Sepintas tidak ada perbedaan yang signifikan dari kedua jenis pewarna indigo tersebut, baik yang natural maupun yang sintesis. Meskipun dari segi durability dan kualitas warnanya, pakaian yang dibuat menggunakan pewarna indigo natural memiliki daya tahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan indigo sintetis.

Pewarna Denim

Sumber : http://global.rakuten.com/

Proses pembuatan indigo yang cukup lama menjadikan kuantitas produk yang dibuat dengan pewarna indigo natural juga lebih sedikit sehingga limbah yang dihasikan juga sangat minim, tidak seperti indigo sintetis yang dapat diproduksi secara masal.

Pewarna Denim

Sumber : https://www.coggles.com/

Pewarna Sulfur

Selain menggunakan pewarna indigo ada juga denim yang menggunakan pewarna berbahan sulfur atau belerang. Pewarnaan sulfur dapat dikategorikan ke dalam jenis teknik pewarnaan denim yang paling popular diantara pewarnaan lain (selain warna indigo). Bahan ini marak digunakan karena biaya produksinya dikenal jauh lebih murah.

Pewarna Denim

Sumber : https://www.heddels.com/

Bahan denim yang dibuat dengan teknik pewarnaan sulfur hasil akhirnya tidak berwarna biru melainkan berwarna hitam kecoklatan. Untuk yang mengalami heavy wash kemungkinan warnanya akan berubah menjadi coklat keputihan namun masih ada semburat warna gelapnya.

Pewarna Denim

Sumber : http://anchordivision.blogspot.co.id/

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain denim berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain denim kami Di Sini.

Kain Denim

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.