Article

Homepage Article Fashion Design 8 Perlengkapan Penting Yang…

8 Perlengkapan Penting Yang Harus Digunakan Saat Bersepeda

Tertarik untuk menekuni olahraga bersepeda sebagai salah satu cara menjaga kebugaran tubuh?. Untuk menunjang safety dan kenyamanan, pastikan anda sudah memiliki beberapa perlengkapan berikut sebelum memulai bersepeda ke tempat yang jaraknya cukup jauh.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Perlengkapan Bersepeda

Bersepeda menjadi salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh. Sebab selain membantu menguatkan kondisi kaki dan membuat tubuh tetap aktif, aktifitas bersepeda juga dapat dilakukan untuk membantu membentuk gaya hidup sehat baik secara fisik maupun mental.

Jersey Sepeda

Sumber : https://vshopd.tk/

Tapi ingat untuk meningkatkan performa dan menjaga tubuh tetap fit, penting bagi anda untuk menyiapkan sejumlah perlengkapan khusus untuk bersepeda yang dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan terutama jika anda gemar melakukan aktivitas bersepeda dengan jarak yang cukup jauh.

Jersey Sepeda

Sumber : https://loffi.cc/

Jenis-Jenis Perlengkapan Bersepeda

Mau tahu apa saja perlengkapan penting yang wajib dikenakan saat bersepeda dengan jarak yang cukup jauh?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan pembahasan selengkapnya hanya untuk anda.

1. Jersey Sepeda

Jersey sepeda merupakan salah satu pakaian atau baju yang dirancang secara khusus untuk untuk mengurangi hambatan dari udara atau angin. Pemilihan warna, model, ukuran dan bahan dari jersey sepeda inipun hendaknya juga disesuaikan dengan kebutuhan.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.adidas.co.id/

Dalam memilih jersey sepeda sesuaikan jenisnya dengan kegiatan yang anda lakukan.

  • Untuk keperluan rekreasi atau bersepeda gunung pilih jersey sepeda tipe relax fit yang didesain agak longgar dan tidak terlalu ketat di badan.
  • Untuk kegiatan sepeda cepat pilih jersey sepeda tipe race yang didesain dalam potongan fit to body dan dilengkapi dengan kantong di bagian belakang.
  • Untuk pengendara pro racing atau road bike kenakan jersey sepeda tipe aero (pro) yang bersifat aerodinamis (meminimalkan hambatan yang ditimbulkan oleh angin).

Simak juga 3 Jenis Jersey Sepeda dan Kegunaan Masing-Masing.

Sementara untuk pilihan bahannya, jersey olahraga yang bagus umumnya banyak dibuat dari bahan kain yang bisa menghilangkan kelembapan di tubuh selama bersepeda. Beberapa jenis bahan kain yang memenuhi syarat tersebut misalnya saja berupa kain drifit, kain hyget dan kain lotto.

2. Celana Sepeda

Gunakanlah celana sepeda dengan bahan yang lentur dan memiliki padding (busa dibagian belakang) untuk mengurangi sakit pada bokong dan ketidaknyamanan saat di jalan.

  • Padding atau busa pada bagian belakang untuk menopang tubuh agar tidak terkena gesekan kursi sepeda.
  • Keberadaan padding pada celana sepeda bisa mengurangi rasa sakit dan membuat duduk jadi lebih nyaman.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.alibaba.com/

3. Helm

Helm juga menjadi perlengkapan yang tidak boleh sampai ketinggalan ketika bersepeda. Dalam hal ini pastikan helm yang anda pilih memiliki ukuran yang pas dan desainnya sesuai dengan medan yang anda lalui.

  • Helm merupakan alat yang wajib digunakan ketika bersepeda selain jersey dan celana.
  • Helm sepeda sangat berbeda dengan helm motor karena bobotnya sangat ringan di kepala.
  • Helm sepeda berfungsi untuk melindungi kepala dari kemungkinan terburuk apabila terjadi kecelakaan saat dijalan.

Jersey Sepeda

Sumber : https://vshopd.tk/

4. Sarung Tangan / Gloves

Sarung tangan merupkan sejenis aksesoris yang didesain khusus untuk menutupi tangan, baik secara sebagian ataupun secara keseluruhan.

  • Sarung tangan berfungsi untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari dan permukaan tangan saat terjatuh.
  • Sarung tangan juga menambah grip dan feel berkendara yang lebih baik dan membantu meredam getaran saat dijalan.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.blibli.com/

5. Sepatu Sepeda

Gunakan sepatu khusus sepeda yang sesuai dengan medan yang hendak anda lalui. Dengan menggunakan sepatu yang tepat kemungkinan terjadinya cidera yang tidak diinginkan bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.blibli.com/

Khusus untuk aktivitas bersepeda sepatu yang digunakan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu sepatu sepeda downhill, sepeda XC dan sepatu untuk sepeda road.

  • Sepatu Downhill didesain hampir menyerupai sepatu kets namun melindungi hingga ke pergelangan kaki dan tidak memiliki gigi dibagian bawahnya.
  • Sepatu XC memiliki banyak gigi dibagian bawah sepatu.
  • Sedangkan sepatu road memiliki permukaan sol yang rata.

Terdapat pula beberapa sepatu sepeda yang didesain dengan cleat, semacam komponen yang berfungsi untuk mengaitkan telapak kaki dengan pedal.

  • Cleat terdiri dari pin pada lubang slot yang menempel pada bagian tapak sepatu sepeda.
  • Cleat digunakan untuk menggantikan peran clip yang terpasang pada pedal.
  • Cleat membantu dorongan dari pangkal paha menuju telapak kaki lebih efektif.
  • Cleat mengunci posisi kaki jauh lebih rapat, sehingga memudahkan pemakainya menghentak pedal atau mengangkat sepeda guna menghindari gundukan atau lubang di jalan.
  • Sepatu sepeda yang dilengkapi dengan cleat sering disebut pula dengan istilah clipless.

Berdasarkan tipe cleatnya, sepatu sepeda yang beredar di pasaran inipun dapat dibedakan dalam tiga kategori utama yakni:

  • Sepatu sepeda dengan cleat tersembunyi (recessed).
  • Sepatu sepeda dengan cleat timbul (non-recessed).
  • Sepatu sepeda dengan cleat melayang (floating).

6. Knee Pad dan Elbow Pad

Berikutnya kenakan knee pad dan elbow pad untuk melindungi bagian lutut dan siku dari resiko cidera saat bersepeda.

  • Knee pad dan elbow pad harus terbuat dari material yang empuk (untuk meredam benturan).
  • Knee pad dan elbow pad harus tebal tapi disisi lain tidak membatasi pergerakan sendi-sendi saat bersepeda.
  • Elastisitas knee pad dan elbow pad juga perlu diperhatikan untuk mendukung fleksibilitas penggunanya. 

7. Kacamata

Penggunaan kacamata untuk bersepeda sifatnya opsional. Tapi dengan menggunakan kacamata tersebut pastinya pengalaman bersepeda yang anda rasakan akan jadi lebih menyenangkan.

  • Kacamata berfungsi untuk melindungi mata riders dari paparan dan radiasi sinar matahari.
  • Kacamata juga memiliki peran penting untuk mencegah masuknya debu dan kotoran ke dalam mata saat dijalan sehingga menambah kenyamanan dan keamanan riders saat bersepeda.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.blibli.com/

8. Buff

Untuk berjaga-jaga siapkan buff, sejenis kain syal multifungsi yang didesain sebagai pelindung wajah dari asap dan debu. Jadi ketika melewati kondisi jalan yang berdebu anda bisa menggunakan buff tersebut selayaknya masker.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.walmart.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah perlengkapan yang harus anda siapkan apabila ingin menekuni olahraga bersepeda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan anda tentang perlengkapan yang sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu sebelum bersepeda.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey sepeda atau pakaian olahraga lainnya?. Sebagai bahan referensi sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Drifit, Kain Lotto dan Kain Hyget yang kami miliki.

Simak juga pembahasan mengenai 9 Tips Memilih Baju Jersey Yang Keren Untuk Bersepeda kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih jersey sepeda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.