Article

Homepage Article Fashion Design 8 Kriteria Jaket Bikers…

8 Kriteria Jaket Bikers Terbaik Untuk Touring

Berencana untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan kendaraan roda dua. Untuk menjamin keselamatan anda saat berkendara pastikan anda memilih jaket bikers yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket

Jaket merupakan salah satu riding gear yang wajib dikenakan saat mengendarai sepeda motor sekalipun jarak dekat. Fungsi utamanya yaitu untuk melindungi tubuh dari terpaan air dan angin saat hujan ringan, panas matahari yang menyengat saat cuaca panas, serta meminimalisasi luka saat terjadi kecelakaan.

Kriteria Jaket Bikers

Sebagai salah satu pelengkap penampilan saat berkendara, jaket sendiri jenisnya ada banyak. Untuk pelengkap keperluan touring misalnya anda bisa mengenakan jaket bikers yang tentunya memiliki spesifikasi berbeda dengan jaket harian terutama untuk bagian protectornya.

Untuk anda yang ingin membeli jaket bikers sebagai pelengkap gaya peampilan saat touring berikut kami bagikan sejumlah kriteria penting yang harus dimiliki jaket touring.

Karakteristik Bahannya Ringan

Dari aspek bahan, jaket bikers harus dibuat dari bahan kain yang ringan dan mempunyai fitur waterproof ataupun fitur water reistant yang bisa menahan air hujan. Dalam hal ini beberapa contoh bahan kain yang biasa dipakai untuk membuat jaket bikers ini antara lain berupa:

  • Kain Taslan

Kain taslan termasuk ke dalam salah satu bahan jaket yang bagus dan eksklusif karena memiliki kerapatan serat bahan yang tinggi karena terbuat dari benang sintetis bertekstur yang ditenun secara modern.

  • Kain Parasut

Kain parasut merupakan kain berbahan serat sintetis yang dihasilkan melalui serangkaian proses pengolahan minyak bumi. Untuk bahan jaket kain ini sebenarnya cenderung tipis tapi cukup efektif melindungi tubuh dari hawa dingin.

  • Kain Mayer

Kain mayer merupakan sejenis kain parasut polyester yang memiliki karakteristik relatif tipis, tidak kaku, lembut, lemas dan mengkilap, bersifat hidrofobik sehingga terkesan lebih mewah dan ekslusif.

  • Kain ZN

Kain ZN termasuk ke dalam jenis bahan jaket yang bagus, awet, lebih lemas dan lebih berat meski ketebalannya sama dengan kain taslan.

  • Kain Micro

Kain micro merupakan sejenis bahan kain microfiber terbaik untuk yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil. Sekalipun permukaannya tampak lembut tapi kain ini sebenarnya  sangat kuat untuk menahan angin dan udara dingin.

  • Kain Despo

Kain despo merupakan sejenis kain yang kalau dipegang cenderung licin, halus, ringan, tidak mudah kusut dan beberapa ada yang bersifat waterproof (anti air). Kain ini umumnya memiliki karakteristik cukup kuat, awet, mudah kering dan tidak mudah kusut.

  • Bahan Kulit

Selanjutnya ada bahan kulit, baik itu kulis asli maupun kulit sintetis yang dikenal kuat, tahan lama dan memiliki tekstur yang sangat khas.

Jaket Bikers

Sumber : https://www.flipkart.com/

Untuk pelapis bagian dalamnya, furing yang dipakai pada jaket bikers harus menambah nyaman pada tubuh. Dalam hal ini kain furing yang ditambahkan pada jaket bikers bisa berupa kain jala atau kain mesh supaya sirkulasi udaranya lebih lancar.

Kalau anda ingin membuat jaket bikers sendiri tapi masih bingung dimana bisa mendapatkan bahan kain yang berkualitas, maka anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Taslan, Kain Parasut, Kain Mayer, Kain ZN, Kain Micro, Kain Despo dan Bahan Kulit Sintetis yang kami miliki.

2. Tahan Terhadap Terpaan Angin

Selain ringan dan mempunyai fitur anti air, bahan jaket bikers mestinya juga harus tahan terhadap terpaan angin kencang. Jadi ketika digunakan saat berkendara jaket tersebut bisa memberikan perlindungan yang maksimal pada tubuh.

3. Bahannya Tidak Mudah Kusut

Kriteria lain yang wajib dimiliki jaket bikers yaitu bahannya tidak mudah kusut meski digunakan dalam jangka waktu lama. Dengan memilih bahan jaket yang tidak mudah kusut andapun bisa tetap tampil percaya diri saat berkendara di jalanan.

Jaket Bikers

Sumber : https://barneysoriginals.com/

4. Memiliki Ventilasi Udara

Karena dipakai terus sepanjang perjalanan, jaket bikers sudah semestinya jaket bikers dilengkapi denga cukup ventilasi. Ventilasi ini wajib ada di bagian depan dan belakang jaket bikers agar udara mengalir lancar dan tidak menimbulkan rasa gerah di tubuh.

5. Dilengkapi Dengan Protektor

Untuk alasan keamanan jaket bikers biasanya dilengkapi pula dengan protektor di sejumlah bagian, hhususnya di bagian bahu, lengan dan punggung. Fungsi utamanya yaitu untuk mencegah luka ketika terjatuh serta melindungi bagian tubuh ketika terjadi benturan.

Jaket Bikers

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Dilengkapi Dengan Reflektor

Sama halnya dengan jaket harian, jaket bikers juga harus dilengkapi dengan pita scotlinght atau reflektor yang bisa memantulkan cahaya di malam hari. Tujuannya yaitu supaya pengendara bisa dilihat oleh pengendara lain sehingga terhindar dari kecelakaan.

Jaket Bikers

Sumber : https://www.lazada.co.id/

7. Dilengkapi Dengan Adjuster

Hal lain yang juga tidak kalah penting, jaket bikers juga harus bisa menyesuaikan badan penggunanya alias fit. Karena alasan itulah jaket bikers biasanya dilengkapi pula dengan velcro adjuster di pergelangan tangan, lengan dan pinggang yang membuatnya lebih pas di badan.

Jaket Bikers

Sumber : https://www.ridestore.com/

Velcro sendiri merupakan sebuah rangkaian bahan tekstil yang terdiri dari dua bagian yang dapat menyatu jika dipertemukan. Komponen pertama terdiri dari bagian yang kasar seperti pengait, sementara bagian yang lainnya sekilas seperti rambut halus.

8. Memiliki Banyak Kantong

Selanjutnya jaket bikers juga harus dilengkapi banyak kantong penyimpanan untuk menyimpan banyak barang penting saat bepergian.
Kantong pada bagian luar jaket biasanya ada di bagian depan maupun belakang.

  • Untuk kantung depan jaket jumlahnya bervarariasi mulai dua hingga empat.
  • Untuk kantung belakang jumlahnya biasa hanya satu tapi berukuran besar dan dapat dipakai untuk menyimpan sarung tangan hingga jas hujan.
  • Sementara kantung di dalam jaket biasanya lebih banyak lagi, bisa untuk menyimpan gadget, dompet bahkan power bank.

Jaket Bikers

Sumber : https://www.flipkart.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan sngkat mengenai sejumlah kriteria jaket bikers yang bagus untuk keperluan touring. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan jaket bikers yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Hal terpenting yang harus diingat adalah dalam memilih jaket bikers jangan hanya terpaku pada ketebalan bahan, namun anda juga harus menyesuaikannya dengan kondisi cuaca dan lingkungan yang akan anda lalui saat berkendara.

Kalau anda ingin membuat jaket sendiri dengan menggunakan pola yang sudah jadi anda bisa mendownload Pola Jaket siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.