Article

Homepage Article Batik Inovasi Teknik Membatik…

Inovasi Teknik Membatik Dengan Canting Elektrik

Berkeinginan untuk membuat kreasi kain batik sendiri tapi takut terkena asap dari kompor yang digunakan untuk mencairkan lilin malam. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi karena kini sudah ditemukan canting elektrik yang lebih mudah digunakan. Baik itu pembatik pemula hingga pembatik profesional.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Canting Elektrik

Canting elektrik atau canting listrik dapat didefinisikan sebagai sebuah canting yang biasa digunakan untuk membatik dengan memanfaatkan aliran listrik. Dibandingkan dengan canting batik konvensional, teknologi ini justru mampu memberikan kemudahan bagi pembatik dengan menjadikan canting sebagai alat lukis sekaligus pemanas lilin malam.

Bagian-Bagian Canting Elektrik

Sebagai alat bantu yang bisa dipakai untuk membuat batik, canting elektrik sendiri secara keseluruhan juga memiliki bagian-bagian penting yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Bagian-bagian yang dimaksud antara lain berupa mata canting, gagang, kabel canting dan tabung canting.

Canting Batik

Sumber : https://depoinovasi.co.id/

  • Mata Canting

Mata canting merupakan bagian dari canting elektrik yang berbentuk seperti pena. Bagian ini berfungsi sebagai tempat keluarnya cairan lilin malam ketika digunakan untuk membatik.

  • Gagang Canting

Gagang canting merupakan bagian dari canting elektrik yang umumnya banyak dibuat dari bahan kayu atau bambu. Fungsi utama dari gagang ini yaitu sebagai pegangan canting.

  • Kabel Canting

Kebel canting merupakan bagian dari canting elektrik yang memiliki peran sangat penting untuk menyambungkan canting dengan sumber listrik.

  • Tabung Canting

Tabung canting merupakan bagian dari canting elektrik yang biasa dari bahan konduktor, fungsi utamanya yaitu untuk menghantarkan panas dan melelehkan lilin malam. Cairan lilin yang ada pada tabung canting ini nantinya akan keluar melalui ujung canting yang berbentuk seperti pensil.

  • Tabung canting berfungsi seperti layaknya nyamplung dalam canting batik konvensional.
  • Tabung pada canting elektrik umumnya berdiameter kurang lebih lima sentimeter.
  • Tabung canting biasa didesain dalam bentuk terbuka pada bagian atasnya sehingga sangat memudahkan pengrajin untuk memasukkan potongan-potongan lilin malam ke dalamnya.

Cara Kerja Canting Elektrik

Hadir untuk meringankan pekerjaan para perajin batik canting elektrik sendiri sebenarnya memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan canting batik konvensional, hanya saja untuk melelehkan lilin malam tidak lagi diperlukan yang namanya wajan dan juga kompor tapi bisa langsung dilakukan pada tabung canting.

  • Untuk anda yang ingin mencoba membuat batik dengan canting elektrik anda bisa langsung menyambungkan canting elektrik dengan sumber listik.
  • Potong-potong lilin malam dalam ukuran kecil lalu masukkan pada tabung canting.
  • Tunggu hingga lilin malam mencair kemudian anda bisa langsung menorehkannya pada kain sesuai desain motif batik yang ingin anda buat.

Kelebihan Canting Elektrik

Meski memiliki sejumlah kemiripan dengan canting batik konvensional, tapi tetap saja canting elektrik juga memiliki kelebihan tersendiri yang mungkin tidak dapat ditemukan pada canting lainnya. Beberapa kelebihan dari canting elektrik yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Mudah Untuk Digunakan

Canting elektrik lebih mudah digunakan dibandingkan dengan canting batik konvensional. Dengan canting elektrik inipun anda bisa membuat batik tulis dengan lebih praktis seakan-akan menulis menggunakan spidol atau bolpoin di atas kain.

  • Canting batik lebih mudah untuk digunakan karena pembatik tidak perlu memantau suhu di dalam cantingnya.
  • Pembatik tidak perlu meniup-niup canting seperti yang biasa dilakukan oleh pembatik tradisional.
  • Selain itu cucuk atau mata canting pun dapat diganti-ganti sesuai keperluan.

2. Cocok Untuk Pembatik Pemula

Canting elektrik atau canting elektrik sangat cocok digunakan untuk para pembatik pemula, terutama jika mereka tidak mau terkena asap dari kompor yang digunakan untuk mencairkan lilin malam.

3. Cara Pengoperasiannya Mudah

Dibandingkan dengan canting batik konvensional, cara pengoperasian canting elektrik ini juga sangat praktis. Dalam hal ini pembatik hanya perlu mengisikan lilin malam pada tabung canting, menyambungkan canting dengan sumber listrik, kemudian menorehkan malam pada kain jika sudah panas.

Ketika aliran listrik dihubungkan pada canting elektrik, arus listrik tersebut selanjutnya akan dikonversi menjadi panas oleh elemen pemanas yang ada di dalam bodi canting elektrik. Canting yang sudah dialiri listrik akan menjadi panas dan mencair sehingga dapat digunakan lebih lanjut untuk membatik.

4. Meringankan Pekerjaan Membatik

Canting elektrik dinilai mampu menggantikan peran canting konvensioanal dan pada saat bersamaan juga berhasil meringankan pekerjaan pengrajin batik. Meski demikian dalam proses pembuatan batik dengan canting elektrik tetap diperlukan ketelitian dan ketekunan yang sama.

  • Menggunakan canting elektrik membuat pekerjaan membatik jadi lebih efisien, hemat waktu dan tentu saja hemat biaya.
  • Malam yang dipakai untuk membatik pun juga dapat langsung tembus ke belakang kain yang dibatik tanpa harus di bolak balik, alhasil proses pembuatan batik jadi lebih cepat selesai.

5. Lebih Aman dan Nyaman

Dibandingkan dengan canting konvensional tingkat keamanan dan kenyamanan canting elektrik dinilai lebih tinggi. Sebab dengan menggunakan canting batik elektrik ini risiko pembatik untuk terkena lilin malam yang panas juga dapat diminimalisir semaksimal mungkin.

6. Bisa Dipakai Pada Media Lain

Kelebihan lain yang ditawarkan canting elektrik yaitu dapat digunakan untuk melukis di atas kaca dan bahan material lainnya seperti gerabah dan kayu. Sekalipun canting batik tulis sebenarnya juga bisa dipakai untuk media selain kain, tapi batik yang dibuat dari canting elektrik pasti juga memiliki keistimewaan tersendiri.

Kekurangan Canting Elektrik

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya tetap saja canting elektrik juga tidak luput dari kekurangan. Salah satunya yaitu canting elektrik bertenaga listrik cenderung mengeluarkan lilin malam yang tingkat likuiditasnya sama. Padahal dalam proses membatik dibutuhkan lilin malam yang memiliki tingkat kepekatan berbeda, tergantung pola yang diinginkan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai pengenalan bagian canting elektrik, lengkap dengan cara kerja serta kelebihan dan kekurangannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Meski desainnya sedikit berbeda, tapi canting elektrik ini tetap saja memiliki fungsi yang sama penting untuk menjaga budaya membatik tradisional dengan cara modern.

Butuh bahan kain mori dan juga lilin batik berkualitas dengan harga murah untuk membuat kreasi kain batik?. Sebagai referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain mori dan lilin malam kami berikut ini.

Kain mori termasuk kedalam jenis kain tenun berwarna putih yang biasa digunakan untuk bahan membatik. Bahan baku kain mori ini kebanyakan berasal dari serat alam seperti katun, rayon dan sutra.

Lilin malam merupakan sejenis lilin khusus yang menjadi salah satu bahan utama untuk membuat batik. Fungsi utama dari lilin malam ini yaitu untuk perintang warna.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.