Article

Homepage Article Kain 8 Kelebihan Bahan Seersucker…

8 Kelebihan Bahan Seersucker dan Cara Mudah Untuk Merawatnya

Butuh rekomendasi bahan kain yang sangat cocok dipakai untuk musim panas?. Jika anda mencari bahan kain katun ringan yang tidak perlu disetrika, maka bahan katun seersucker bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anda.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Bahan Seersucker

Seersucker merupakan sejenis bahan turunan dari kain katun, hanya saja kain ini jauh lebih tipis, ringan dan memiliki tekstur berkerut pada permukaan kainnya. Kain ini konon banyak digunakan sebagai bahan pakaian untuk cuaca hangat, karena tergolong ringan, tidak menimbulkan rasa gerah dan tahan lama.

Kelebihan Bahan Seersucker

Layaknya bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian sehari-hari, bahan seersucker sendiri pada prinsipnya juga memiliki sejumlah ciri khas tersendiri. Beberapa ciri khas yang juga menjadi kelebihan bahan seersucker diantaranya:

1. Teksturnya Sangat Khas

Bahan seersucker memiliki tekstur yang sangat khas yakni cenderung tampak berkerut pada permukaannya namun disitulah justru letak keistimewaannya.

2. Lembut dan Nyaman di Kulit

Bahan seersucker termasuk ke dalam jenis bahan kain yang sangat lembut dan nyaman di kulit. Kain ini bahkan juga memiliki sifat hypoallergenic jadi tidak akan menyebabkan efek iritasi pada orang-orang yang memiliki kulit sensitif atau menyebabkan alergi.

3. Bahannya Tergolong Ringan

Bahan seersucker tergolong ke dalam jenis bahan katun yang ringan. Jadi ketika diaplikasikan pada pakaian, bahan ini akan membuat tubuh lebih leluasa saat bergerak atau melakukan berbagai aktifitas.

4. Mudah Menyerap Keringat

Bahan seersucker memiliki daya serap keringat yang sangat baik dan adem di kulit. Karena mudah menyerap keringat, bahan ini sangat cocok digunakan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia.

5. Cocok di Segala Cuaca

Bahan seersucker bisa dipakai di segala cuaca, baik itu cuaca panas ataupun cuaca dingin. Saat cuaca panas sekalipun anda akan tetap merasa sejuk dan nyaman menggunakan pakaian yang dibuat dari bahan ini.

6. Pilihan Motifnya Banyak

Bahan seersucker dapat dijumpai dalam berbagai macam motif yang berbeda. Biasanya bahan seersucker ini memiliki motif seperti gingham, motif stripes, motif floral dan berbagai jenis motif lainnya.

  • Motif Gingham

Motif gingham merupakan motif berbentuk kotak-kotak atau berpetak-petak yang dibuat dari benang lungsin dan benang pakan halus yang berlainan warna. Motif gingham ini dalam bahasa bahasa melayu biasa disebut juga dengan nama genggang.

Motif Seersucker

Sumber : https://www.onlinefabricstore.com/

  • Motif Stripes

Motif stripes merupakan salah satu motif yang bersifat timeless dan populer dari zaman ke zaman. Motif ini secara umum tersusun atas sekumpulan garis-garis sejajar yang berdekatan. 

Motif Seersucker

Sumber : https://www.mapetitemercerie.com/

  • Motif Floral

Motif floral dapat didefinisikan sebagai salah satu motif kain berhiaskan tumbuhan atau bunga-bunga. Pada sebuah busana motif ini bisa menghadirkan kesegaran bagi setiap orang yang meemakainya.

Motif Seersucker

Sumber : https://lamazifabrics.com/

Selain didominasi oleh ketiga motif di atas terdapat pula beberapa produsen bahan kain yang berinovasi untuk mengkombinasikan dua motif sekaligus dalam satu kain. Salah satu contohnya yaitu berupa motif stripes dengan karakter hewan atau kartun yang lucu dan menggemaskan.

Motif Seersucker

Sumber : https://www.tokopedia.com/

7. Kuat dan Serbaguna

Bahan seersucker memiliki karakteristik cukup kuat dan sangat cocok digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian yang menarik seperti halnya kemeja, tunik, dress, setelan, blus dan celana pendek. 

  • Kemeja

Kemeja merupakan pakaian yang sangat populer di berbagai kalangan masyarakat karena dari segi fungsi bisa dipakai dalam berbagai acara. Untuk pelengkap gaya penampilan pria model kemeja inipun ada banyak, beberapa diantaranya:

  • Kemeja reguler yang memiliki model dan ukuran standar.
  • Kemeja slim fit yang dibuat dalam ukuran pas badan.
  • Kemeja oversized yang ketika dikenakan tampak terlihat kebesaran.

Baju Seersucker

Sumber : https://www.tradeinn.com/

  • Tunik

Untuk pelengkap gaya penampilan wanita, bahan seersucker juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar tunik. Yakni sejenis pakaian longgar yang biasa didesain dalam ukuran panjang sampai menutupi lutut bahkan pertengahan betis.

Baju Seersucker

Sumber : https://www.cefinn.com/

  • Dress

Buat anda yang mau tampil lebih feminim saat hangout anda bisa mengenakan dress yang dibuat dari bahan seersucker. Untuk pilihan motifnya bebas, anda bisa memakai dress yang bermotif gingham, motif striped ataupun motif floral.

Baju Seersucker

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Setelan

Setelan alias selengkap pakaian (celana dan baju) menjadi fashion item berikutnya yang juga dapat dibuat dari bahan seersucker. Mau dikenakan untuk hangout atau sekedar bersantai di rumah setelan ini akan memberi kesan modis pada penampilan.

Baju Seersucker

Sumber : https://www.papinelle.co.nz/

  • Celana Pendek

Untuk menunjang gaya penampilan pria dan wanita, bahan seersucker dapat pula diandalkan sebagai bahan celana pendek yang didesain khusus dengan ukuran panjang sebatas lutut atau justru di atas lutut.

Untuk ide padupadannya anda bisa mengenakan celana seersucker dengan kaos oblong, kaos tanpa lengan, tank top dan juga crop top.

Baju Seersucker

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Blus

Tak kalah menarik dari sejumlah fashion item yang sudah disebutkan di atas, bahan seersucker busa juga dipakai untuk membuat blus. Selain menarik dari segi tampilan blus yang dibuat dari bahan ini juga dapat memberi rasa nyaman dan sejuk pada tubuh.

Baju Seersucker

Sumber : https://ie.maxandco.com

Berkeinginan untuk membuat kemeja, gamis dan blus sendiri sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Kemeja, Pola Gamis dan Pola Blus siap pakai dari kami.

8. Tidak Perlu Disetrika

Bahan seersucker tidak perlu disetrika meski sering dicuci dan digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama, jadi sangat memudahkan anda untuk melakukan perawatannya.

Cara Merawat Bahan Seersucker

Sekalipun termasuk ke dalam jenis kain yang kuat dan memiliki banyak keunggulan, bahan seersucker sendiri pada prinsipnya tetap memerlukan perawatan khusus agar awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk merawatnya yaitu:

  • Sebisa mungkin hindari penggunaan air panas untuk merendam pakaian yang dibuat dari bahan seersucker.
  • Selain itu jangan menggosok dan memeras pakaian dari bahan seersucker dengan kuat karena hal ini akan mempengaruhi ketahanan tekstur kainnya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan bahan seersucker. Dengan mengetahui karakteristik yang dimiliki bahan seersucker tersebut, semoga kedepannya anda jadi lebih mudah untuk menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai kebutuhan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.