Article

Homepage Article Fashion Design 8 Jenis Baju dan Perlengkapan…

8 Jenis Baju dan Perlengkapan Yang Dibutuhkan Ibu Menyusui

Mulai memasuki fase menjadi ibu menyusui?. Untuk memudahkan ibu menyusui dalam memberikan ASI pada buah hati jangan lupa siapkan baju menyusui dan sejumlah perlengkapan berikut ya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fase Menyusui

Fase menyusui merupakan fase atau periode ketika seorang ibu memberikan ASI (Air Susu Ibu) kepada bayinya. Selama fase ini pula penting bagi ibu untuk memiliki perlengkapan yang tepat agar proses menyusui dapat berjalan dengan nyaman dan lancar.

Perlengkapan Menyusui

Sumber : https://mamita.in/

Baju dan Perlengkapan Menyusui

Terkait dengan hal tersebut lantas apa saja baju dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh ibu menyusui ya?. Agar aktifitas menyusui jadi lebih nyaman berikut kami bagikan beberapa referensi baju dan perlengkapan yang wajib dimiliki oleh ibu menyusui.

1. Baju Yang Busui Friendly

Pertama miliki baju yang busui friendly yakni memiliki nursing acess untuk memudahkan seorang ibu dalam memberikan ASI ke anak. Dari segi desain, baju ibu menyusui inipun dapat dijumpai dalam berbagai model yang berbeda dan pastinya bisa kamu gunakan di berbagai kesempatan.

  • Nursing access bisa berupa belahan yang dibuat khusus di bagian samping dada.
  • Selain belahan, nursing access juga bisa berupa kancing atau ritsleting yang terdapat di bagian depan maupun samping baju.

Tujuan dari adanya nursing acess ini yaitu agar ibu menyusui bisa mengeluarkan areola tanpa harus membuka seluruh bagian payudara. Dengan adanya nursing access kamu pun tidak perlu repot lagi mencari tempat menyusui.

Perlengkapan Menyusui

Sumber : https://www.mooimom.id/

Untuk pilihan modelnya beberapa contoh baju ibu menyusui yang bisa kamu gunakan untuk pelengkap gaya penampilan sehari-hari antara lain berupa:

  • Pertama ada baju ibu menyusui model dress yang memiliki detail bukaan pada bagian dada, sehingga saat dipakai bisa memberi kemudahan bagi para ibu saat menyusui buah hati.
  • Kedua ada baju ibu menyusui model oversized blouse yang berpotongan longgar untuk memudahkanmu ketika memberikan ASI kepada anak tapi di sisi lain juga membuat penampilanmu lebih stylish.
  • Ketiga ada baju ibu menyusui model tunik yang dilengkapi dengan sejumlah resleting atau kancing di bagian depan.
  • Keempat ada baju ibu menyusui model gamis yang memiliki akses mudah di area payudara, seperti kancing atau resleting di depan atau samping yang memungkinkan akses cepat dan nyaman saat menyusui.

Perlengkapan Menyusui

Sumber : https://www.mooimom.id/

Sementara dari segi bahan gunakan bahan kain yang mudah menyerp keringat, sejuk dan lembut di kulit, seperti bahan kain katun atau kain rayon yang jika kamu termasuk tipe orang yang mudah berkeringat.

Tapi jika kamu ingin baju ibu menyusui yang lebih stretch, pilihlah baju dengan campuran spandeks yang memiliki karakteristik elastis dan dapat mengikuti bentuk gerakan tubuh dengan mudah.

Adapun manfaat baju yang busui friendly untuk ibu dan si kecil diantaranya:

  • Memudahkan pemberian ASI kapan saja tanpa perlu melepas seluruh baju.
  • Memudahkan pemberian ASI meski di luar rumah.
  • Memberikan kenyamanan ekstra pada ibu dan buah hati.

2. Inner atau Manset Menyusui

Inner atau manset menyusui yang dapat dipadankan dengan blazer, cardigan, kimono outer atau berbagai model outer yang lain supaya proses memberi ASI atau pumping pun lebih lancar.

Perlengkapan Menyusui

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Bra Menyusui

Bra menyusui yang dilengkapi dengan bukaan untuk memudahkan ibu saat menyusui buah hati. Bra untuk menyusui ini biasanya juga dibuat tidak berkawat sehingga nyaman digunakan sepanjang hari.

  • Bra menyusui biasa dilengkapi dengan kait atau akses di bagian bahu atau depan yang memungkinkan ibu untuk membuka dan menutup bagian payudara dengan mudah saat menyusui.
  • Bra menyusui umumnya memiliki dukungan yang baik untuk payudara, membantu mengurangi ketidaknyamanan dan potensi perkembangan masalah seperti mastitis.

Hal terpenting yang harus diingat dalam memilih bra menyusui yaitu pastikan ukurannya sesuai dengan perubahan ukuran payudara yang mungkin terjadi selama periode menyusui.

Perlengkapan Menyusui

Sumber : https://www.walmart.com/

4. Breast Pad (Pelindung Payudara)

Selain bra siapkan pula breast pad atau pelindung payudara untuk menyerap kelebihan ASI yang mungkin bocor dari payudara yang tidak sedang disusui.

  • Breast pad (pelindung payudara) dapat dipakai untuk membantu menjaga baju tetap kering dan mencegah bercak-bercak pada baju.
  • Untuk pelengkap keperluan menyusui breast pad (pelindung payudara) juga dapat dijumpai dalam beberapa pilihan, seperti breast pad sekali pakai atau yang bisa dicuci ulang.

5. Nursing Cover

Nursing cover yang dirancang khusus untuk memberikan privasi kepada ibu yang menyusui juga menjadi salah satu perlengkapan penting yang wajib dimiliki ibu menyusui terutama ketika hendak memberi makan bayi di tempat umum.

  • Nursing cover berguna untuk menutupi bagian dada dan bayi saat sedang menyusui.
  • Nursing cover berguna untuk memberikan privasi kepada ibu saat menyusui di tempat umum. Nursing cover berguna untuk membantu ibu merasa lebih nyaman dan bebas dari pandangan orang lain sehingga mereka dapat memberi makan bayi dengan lebih tenang.
  • Nursing cover berguna untuk membantu menciptakan lingkungan yang nyaman bagi ibu dan bayi saat menyusui.
  • Nursing cover berguna untuk melindungi bayi dari cuaca yang kurang bersahabat seperti sinar matahari yang terik atau angin kencang.

Perlengkapan Menyusui

Sumber : https://www.amazon.sa/

Dari segi desain nursing cover sendiri umumnya memiliki desain yang terbuka di bagian atas sehingga ibu dapat melihat dan berinteraksi dengan bayinya saat menyusui. Sementara bagian yang membentang di atas bahu dan dada memungkinkan nursing cover tetap di tempatnya.

6. Cooler Bag

Cooler bag juga termasuk ke dalam salah satu jenis perlengkapan menyusui yang wajib dimiliki oleh para ibu menyusui untuk menyimpan asi. Dalam memilih coller bag sebaiknya pilih cooler bag yang dilengkapi dengan menggunakan insulator pada bagian dalamnya sehingga dapat menjaga suhu dan kualitas asi.

Perlengkapan Menyusui

Sumber : https://momlovesbest.com/

7. Pompa ASI

Untuk mengeluarkan ASI dari payudara siapkan pula pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan. Selain mengeluarkan ASI dari payudara, pompa ASI juga bisa membantu meningkatkan pasokan ASI jika diperlukan.

8. Botol ASI

Selain poma ASI jangan lupa menyiapkan botol ASI untuk menyimpan ASI yang telah dipompa, sehingga bayi dapat diberi makan oleh orang lain jika ibu tidak hadir. Biar ga ribet pilihlah botol yang cocok untuk bayi dan mudah digunakan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah baju dan perlengkapan yang wajib dimiliki oleh para ibu menyusi. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih baju dan perlengkapan menyusui yang tepat sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju menyusui?. Sebagai bahan pertimbangan intip dulu koleksi bahan Kain Katun dan Kain Rayon yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.