Article

Homepage Article Kain 5 Bahan Kain Terbaik Untuk…

5 Bahan Kain Terbaik Untuk Membungkus Buket Bunga

Buket bunga menjadi salah satu alternatif hadiah yang cocok diberikan kepada orang-orang tersayang. Untuk mempercantik tampilannya agar lebih menarik buket bunga sendiri biasanya dihias pula dengan berbagai ornamen lain seperti halnya kain, pita maupun kertas.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Buket Bunga

Buket bunga yang biasa disebut juga dengan rangkaian bunga merupakan kumpulan beberapa jenis bunga yang disusun kreatif dalam bentuk tertentu untuk hadiah pernikahan, ulang tahun, wisuda, kelulusan, perpisahan dan sebagainya.

Dilihat dari sejarahnya penggunaan rangkaian bunga dalam kehidupan manusia sendiri sebenarnya sudah ditemukan paling tidak sejak 4000 tahun yang lalu. Hal ini diperkuat dengan banyaknya bukti yang menunjukkan bahwa peradaban kuno seperti Mesir, Yunani dan Cina sangat menyukai kegiatan merangkai bunga.

Pada masa itu, rangkaian bunga tidak hanya dibuat untuk keperluan dekoratif saja namun juga untuk persembahan kebutuhan religius. Karenanya banyak arti-arti bunga yang berasal dari kebudayaan masa lampau.

Dari yang semula hanya dibuat dalam bentuk polos yakni terdiri dari beberapa jenis bunga yang disatukan, kini berkembang pula buket bunga yang dikombinasikan dengan berbagai material lain seperti pita dan berbagai jenis bahan kain untuk mempercantik tampilannya agar lebih menarik.

Bahan Pembungkus Buket Bunga

Untuk pilihan bahannya terdapat banyak sekali jenis kain yang dapat dijadikan sebagai pembungkus buket bunga. Beberapa contoh bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kain Spunbond

Kain spunbond termasuk kedalam salah satu kain non woven yang memiliki terkstur sedikit kaku, halus dan berserat rapat, sehingga cukup kuat.

Dalam pembuatan buket bunga, kain spunbond yang biasa dijadikan sebagai pembungkusnya sendiri dapat dibedakan kedalam berbagai jenis dan variasi yang berbeda. Mulai dari kain spunbond yang polos maupun kain spunbond embos.

  • Kain Spunbond Polos

Kain spunbond polos yang dapat dipakai untuk buket bunga antara lain berupa kain spunbond 50 gram, kain spunbond 75 gram, hingga kain spunbond 100 gram. Semakin tebal semakin kuat pula bahan kainnya.

Buket Bunga

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kain Spunbond Embos

Selain kain spunbond polos terdapat pula kain spunbond embos yang dapat dijumpai dalam berbagai macam corak yang berbeda.

Buket Bunga

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Kain Organza

Kain organza merupakan salah satu kain yang berasal dari negara Prancis. Dulu kain organza ini biasa dibuat dari serat sutra, namun karena harganya yang cukup mahal kini banyak yang dibuat dari bahan sintetis seperti serat nilon dan serat poliester.

  • Kain organza cenderung mengkilap dan semi transparan sehingga memberi kesan mewah.
  • Kain organza bobotnya ringan dan mudah mengembang sehingga sangat cocok dipakai untuk mempercantik buket bunga.

Buket Bunga

Sumber : https://id.aliexpress.com/

3. Kain Tile

Kain tile atau dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan “tulle” termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki ciri khas seperti jaring kecil yakni permukaannya berlubang-lubang.

Untuk membuat buket bunga kain tile sendiri dapat dijumpai dalam berbagai variasi bahan yang berbeda, mulai dari kain tile kaku, tile stripwave maupun kain tile salju.

  • Kain Tile Kaku

Kain tile kaku  termasuk ke dalam varian kain tile yang teksturnya sangat kaku. Selain dipakai untuk buket bunga, kain ini biasanya juga banyak digunakan bungkus aksesoris pernikahan atau detail dekorasi rumah.

Buket Bunga

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kain Tile Stripwave

Kain tile stripwave merupakan varian dari kain tille yang dilengkapi dengan pola garis bergelombang seperti ombak.

Buket Bunga

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kain Tile Salju

Sementara untuk kain tile salju, kain ini disebut demikian karena memang memiliki tekstur yang sangat khas seperti butiran salju.

  • Kain tile salju yang bertekstur membuat kado menjadi indah berkelas.
  • Kain tile salju sangat cantik untuk membungkus bunga.

Buket Bunga

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Kain Jaring

Selain tile terdapat pula kain jaring (wrapping net) yang memiliki tampilan sangat khas yakni tampak seperti jaring. Untuk mempercantik buket bunga maupun dekorasi lainnya, kain jaring ini dapat dijumpai dalam berbagai tekstur dan tingkat ketebalan yang berbeda.

Kain Jaring Tebal

Buket Bunga

Sumber : https://shopee.co.id/

Kain Jaring Tipis

Buket Bunga

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk pilihan motifnya ada kain jaring memiliki bentuk lingkaran ada juga yang berbentuk kotak.

Buket Bunga

Sumber :  https://www.tokopedia.com/

5. Kain Goni

Kain goni merupakan sejenis kain bertekstur kasar yang awalnya kerap digunakan untuk membuat karung atau kantong namun belakangan juga dikembangkan untuk membuat berbagai jenis kerajinan, termasuk buket bunga.

Buket Bunga

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Untuk keperluan buket bunga, sejumlah bahan di atas dapat pula dikombinasikan dengan material lain seperti kertas kraft, cellophane (kertas kaca) maupun kertas koran vintage.

  • Kertas Kraft

Kertas samson atau kertas kraft merupakan sejenis kertas berwarna coklat polos atau coklat kayu dengan tekstur yang terkadang agak kasar dan berserat sehingga memiliki nuansa yang natural.

  • Kertas kraft merupakan kertas yang dibuat dari kertas daur ulang modern.
  • Kertas kraft memberikan kesan artistik dan modern pada tampilan buket bunga.

Buket Bunga

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Cellophane

Cellophane merupkan lembaran tipis transparan dari selulosa yang diregenerasi. Motif dan warna yang tersedia sangat banyak, ada yang 1 warna untuk kedua sisinya namun ada juga yang berbeda warna di setiap sisinya.

  • Kertas cellophane memiliki tekstur licin seperti plastik, tipis dan tidak mudah sobek.
  • Kertas cellophane ada yang memiliki tampilan mengkilap dan mate.
  • Kertas cellophane memiliki kesan mewah dan cantik sehingga sangat cocok digunakan sebagai pembungkus kado maupun buket bunga.

Buket Bunga

Sumber : https://www.bukalapak.com/

  • Kertas Koran Vintage

Kertas koran vintage merupakan sejenis kertas yang memiliki tektur mate seperti kertas koran pada umumnya, tipis, berwarna coklat kekuningan atau coklat krem pudar dan dengan tulisan-tulisan seperti layaknya koran.

Buket Bunga

Sumber : https://shopee.co.id/

Cara Membuat Buket Bunga

Ingin membuat buket bunga sendiri untuk kado pernikahan, kado ulang tahun, wisuda dan berbagai keperluan lainnya?. Sebelum memulainya siapkan terlebih dahulu beberapa bahan-bahan sederhana yang terdiri dari:

  • 1 Ikat bunga segar
  • Selotip/karet gelang
  • 1 Lembar kertas kraft warna coklat
  • 1 Lembar bahan kain yang dipotong persegi
  • Pita atau tali berwarna

Selesai menyiapkan bahan-bahan di atas sekarang anda bisa mulai membuat bunga sederhana dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Siapkan beberapa batang bunga dan potong batang yang terlalu panjang.
  • Ikat bunga dengan selotip atau karet.
  • Tempatkan satu lembar kertas kraft warna coklat di atas meja kemudian letakkan bunga di atasnya.
  • Selimutkan sisi kiri kertas hingga menutupi batang bunga begitu juga untuk sisi kanannya hingga menutupi sisi kiri kertas yang sudah dilipat.
  • Letakkan buket bunga di atas potongan kain, kemudian ulangi langkah-langkah yang sudah dilakukan sebelumnya.
  • Terakhir ikat buket bunga yang sudah jadi dengan pita atau tali sebagai pemanis.

Buket Bunga

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis bahan kain yang dapat dipakai untuk mempercantik tampilan buket bunga. Selain dipakai untuk membungkus buket bunga, bahan tersebut bisa juga digunakan untuk buket hijab, buket snack, buket make up serta buket pakaian lho.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membungkus buket bunga?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.