Article

Homepage Article Desain Fesyen 8 Cara Mudah Merawat Kemeja…

8 Cara Mudah Merawat Kemeja Pria Agar Awet dan Tahan Lama Sesuai Jenis Bahan Kainnya

Kemeja yang anda miliki serat kainnya jadi terkesan rapuh dan warnanya tampak kusam sementara baru beberapa kali dicuci?. Bisa jadi bahan yang dipakai untuk kemeja tersebut memang kurang bagus atau malah justru cara perawatannya masih kurang tepat. Padahal beda bahan kain beda cara perawatannya lho.

Pengertian Kemeja

Kemeja merupakan sejenis pakaian penutup tubuh bagian atas pria yang dilengkapi dengan kerah, saku dan kancing pada bagian depannya. Selain memiliki desain dan tampilannya yang cukup beragam, jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat kemeja rupanya juga sangat bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Kemeja Pria

Sumber :  https://www.daraz.pk/

Tidak hanya terbatas pada bahan kain katun saja namun kini banyak juga kemeja pria yang dibuat dari bahan lain seperti kain oxford, kain chambray, kain denim, kain flanel, kain acrylic, kain drill, kain linen, hingga kain batik. Karena beda jenis kain beda karakteristik bahannya maka cara perawatannya juga tidak bisa disamakan. 

Kemeja Pria

Sumber : https://www.sorabel.com/

Kemeja Katun

Kemeja pria berbahan katun termasuk ke dalam jenis kemeja yang cukup nyaman karena kain katun sendiri umumnya dibuat dari bahan dasar serat kapas yang memiliki karakteristik tidak mudah kusut saat dicuci, tidak luntur untuk bahan berwarna, sedikit kaku namun terasa dingin dan menyerap keringat saat digunakan. 

Kemeja Pria

Sumber : https://sea.banggood.com/

Sebagai bahan kain yang sangat bersahabat dengan kulit manusia harganya kain katun ini bisa dikatakan cukup terjangkau dan jenisnya pun berbeda-beda, bagi orang awam mungkin sulit membedakannya. Dua contoh bahan kain katun yang bagus untuk membuat kemeja yakni berupa Kain Katun Toyobo dan Kain Katun Kenzo.

  1. Katun toyobo merupakan salah satu jenis katun jepang yang mempunyai permukaan halus, lembut dan agak mengkilap.
  2. Kain kenzo merupakan sejenis kain polikatun yang serat-serat slub elegan. Jenis kain ini memadukan kenyamanan pemakaian dan kemudahan dalam perawatannya.

Kemeja Pria

Sumber : https://www.blibli.com/

Sekalipun dari segi harga cenderung lebih terjangkau dan perawatannya juga mudah, jangan abaikan cara mencuci kemeja yang dibuat dari bahan kain katun ya. Sebab kain katun sendiri pada prinsipnya tetap memerlukan perhatian khusus yang tidak bisa disamakan dengan bahan lain terutama saat mencucinya.

Kemeja Pria

Sumber : https://sea.banggood.com/

Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk merawat kemeja berbahan katun diantaranya:

  1. Segera cuci kemeja katun yang terpapar noda dengan cara merendamnya terlebih dahulu dalam larutan detergen kemudian kucek hingga nodanya tidak lagi berbekas.
    • Untuk mencuci kemeja katun dengan warna putih atau warna-warna terang anda bisa memakai air hangat.
    • Namun jika bahan dasar kainnya berwarna gelap sebaiknya gunakan air dingin saat mencucinya.
    • Untuk menjaga kehalusan kemeja katun rendam dengan softener.
  2. Usahakan untuk selalu mencuci kemeja katun dengan menggunakan teknik hand-wash atau mencuci dengan tangan karena cara ini akan memberikan umur lebih panjang pada kemeja katun.
  3. Pada saat menjemur lebih baik gantung kemeja katun anda dengan menggunakan hanger agar bentuknya tetap terjaga dan jangan melipatnya menjadi dua saat meletakkannya pada tali jemuran.
  4. Hindari kebiasaan menjemur kemeja katun dengan memanaskannya di bawah sinar matahari langsung, cukup diangin-anginkan saja agar warnanya tetap terjaga.
  5. Setelah melewati fase pencucian dan penjemuran yang benar selanjutnya setrika kemeja katun dengan temperatur hangat bukan panas.
  6. Terakhir simpan kemeja katun dengan cara yang baik dan rapi dalam almari pakaian. Jangan lupa untuk menghindarkan kemeja dari suhu lembab dan sinar matahari langsung.

Kemeja Oxford

Kemeja oxford merupakan jenis kemeja pria yang biasanya lebih banyak digunakan untuk keperluan baju kantoran, seragam kerja dan seragam sekolah. Dari segi bahan, kain oxford yang biasa dipakai untuk membuat kemeja pria ini umumnya bertekstur cenderung rata dan memiliki tampilan seperti titik-titik pixel dalam resolusi gambar. 

Kemeja Pria

Sumber : https://www.dhgate.com/

Dengan karakteristiknya yang demikian unik kemeja oxford memang akan terasa nyaman saat digunakan untuk gaya casual maupun formal.  Tapi harus diingat juga bahwa kain oxford ini juga memiliki kelemahan yakni seratnya bisa menjadi kaku dan rentan robek bila terkena detergen yang berlebihan. 

Kemeja Pria

Sumber : https://www.fabricfindersinc.com/

Supaya kemeja oxford yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya coba yuk cara pencucian dan perawatan berikut.

  1. Sebisa mungkin cuci kemeja oxford dengan tangan karena cara ini memang lebih efektif untuk mencuci jenis kain apapun, termasuk kemeja pria berbahan kain oxford.
  2. Bila anda ingin mencuci kemeja oxford dengan menggunakan tangan pastikan takaran detergent yang anda pakai sudah tepat dan putaran mesin cucinya tidak terlalu keras.
  3. Untuk melunturkan noda kemeja oxford cukup gunakan detergent saat melakukan pencucian, bila sekiranya anda perlu merendam kemeja sebaiknya gunakan pewangi pakaian saja.
  4. Bilas kemeja hingga airnya jernih dan tidak ada sisa sabun yang tertinggal kemudian keringkan di tempat yang tidak terpapar panas matahari langsung.
  5. Untuk menyetrika kemeja oxford atur suhunya agar menjadi hangat (mid), bila terlalu panas kemungkinan besar bahan oxford akan makin menipis dan tidak nyaman dipakai.
  6. Selesai disetrika gantung kemeja tersebut dengan menggunakan hanger jangan dilipat karena bahan dasar kain ini mudah kusut.

Kemeja Chambray

Kemeja chambray merupakan jenis kemeja yang memiliki tampilan fisik seperti bahan denim namun terkesan lebih halus dan lembut kerena diciptakan dari serat alami berupa kapas. Jenis kain chambray yang biasa digunakan untuk kemeja yakni berupa Kain Katun Oxford Chambray dan Kain Katun Fantasi Denim Chambray

Kemeja Pria

Sumber : https://global.llbean.com/

Sebagai bahan kemeja yang berkualitas, kain chambray sebetulnya dikenal cukup populer karena mampu memberikan rasa nyaman saat dikenakan. Sayangnya jika tidak dirawat dengan cara yang baik dan benar bahan ini bisa menjadi rentan rusak jadi harus rutin dicuci usai dikenakan. 

Kemeja Pria

Sumber : https://gearmoose.com/

Sama halnya dengan kemeja katun yang dicuci berdasarkan warna kainnya, kemeja chambray ini juga bisa dicuci dengan air hangat untuk yang berwarna putih dan dengan air dingin untuk yang berwarna gelap. Utamakan untuk mengeringkan kemeja chambray dengan di jemur dan hindari penggunaan alat pengering pakaian.

Kemeja Denim

Kemeja denim termasuk ke dalam jenis kemeja yang memiliki karakteristik cukup unik karena dibuat dari bahan yang sama dengan jeans yaitu berupa kain denim meski tingkat ketebalannya berbeda. Untuk kemeja bahan kain denim yang dipakai biasanya memiliki tekstur yang lebih lembut dan tipis supaya lebih nyaman dipakai. 

Kemeja Pria

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Berbicara mengenai cara perawatannya, kemeja dengan bahan kain denim sebenarnya tidak terlalu membutuhkan banyak perlakuan khusus tapi supaya warnanya tidak cepat pudar dan dari teksturnya tetap terjaga dengan baik tetap saja memerlukan perawatan yang tepat.

  1. Sebelum melakukan proses pencucian sebaiknya pisahkan kemeja denim dari bahan pakaian yang lain. Lebih baik tempatkan pada di wadah perendaman yang berbeda.
  2. Rendam kemeja denim dengan menggunakan air hangat agar kotoran yang menempel pada serat denim menjadi lebih mudah dihilangkan.
  3. Jika kualitas warna dan kain kemeja denim ingin tetap terjaga, jangan gunakan detergen maupun pemutih dalam proses perendaman atau pencucian.
  4. Cukup bagian yang kotor atau bagian yang terkena noda saja yang diberi detergen lalu kucek secara perlahan dengan menggunakan tangan.
  5. Hindari kebiasaan menjemur kemeja denim di bawah terik matahari langsung karena cara ini bisa membuat warna denim menjadi cepat pudar.
  6. Dengan bahannya yang agak tipis kemeja denim tetap perlu disetrika agar terlihat rapi tapi pastikan jangan menggunakan suhu setrika yang terlalu panas.
  7. Selesai disetrika simpan kemeja denim dalam almari pakaian dengan keadaan digantung menggunakan hanger, karena jika dilipat nanti akan muncul bekas lipatannya.

Kemeja Flanel

Kemeja flanel merupakan sejenis kemeja berbahan kain flanel yang memiliki tekstur lembut dan halus karena dibuat melalui serangkaian proses pemanasan dan penguapan. Dengan karakteristiknya yang cukup tebal dan memberikan rasa hangat kepada pemakainya, kain flanel sangat cocok untuk dibuat kemeja kasual yang modis dan trendy.

Kemeja Pria

Sumber : https://www.rockymountainflannel.com/

Untuk mempertahankan kualitas kemeja pria yang dibuat dari kain flanel terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, sebab cara perawatan yang kurang tepat dapat membuat kemeja flanel menjadi kusam atau bahkan berbulu-bulu.

  1. Pisahkan kemeja flanel dengan jenis bahan pakaian yang lainnya.
  2. Usahakan untuk mencuci kemeja flanel dengan menggunakan air dingin dan deterjen yang bebas pemutih supaya warna kainnya tetap terjaga dengan baik.
  3. Untuk mencuci kemeja flanel mula-mula gabungkan beberapa potong pakaian yang memiliki warna sejenis.
  4. Kucek kemeja flanel seperti layaknya anda mencuci pakaian biasa kemudian bilas dengan air hingga bersih. Jika diperlukan tambahkan pula sedikit pelembut pakaian.
  5. Jangan menyikat kemeja flanel menggunakan sikat yang berbulu kasar karena cara ini hanya akan membuat permukaannya menjadi cepat berbulu.
  6. Jemur kemeja flanel di bawah sinar matahari langsung dan biarkan mengering dengan sendirinya tapi jangan dibiarkan terlalu lama.
  7. Untuk mendapatkan hasil yang lebih rapi, setrika bagian dalam pakaian mengikuti serat kain flanel tersebut mulai dari bagian kerah, kemudian dilanjutkan ke bagian badan dan lengan.
  8. Selesai disetrika anda tinggal menyimpan kemeja flanel dalam almari dengan cara menggantung atau melipatnya.

Butuh bahan kain flanel berkualitas untuk membuat kemeja pria?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi kain flanel kami Di Sini.

Kemeja Drill

Kemeja drill merupakan pakaian berbahan kain drill yang bertekstur halus, lembut, kuat serta dingin. Secara umum kain drill sendiri sebenarnya mempunyai tekstur berupa garis miring pada dua sisi bahannya dan dapat dijumpai dalam berbagai macam merk bahan, sebut saja merek japan drill, american drill dan local drill.

Kemeja Pria

Sumber : https://www.onlineworkwear.com.au/

Meski kuat dan tahan robek, kain drill pada dasarnya tetap membutuhkan perawatan dan pencucian yang benar agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

  1. Perawatan paling mudah yang dapat dilakukan yaitu merendam kemeja dengan air dan dapat dicuci dengan deterjen.
  2. tidak disarankan merendam kemeja drill dalam waktu yang cukup lama maksimal setengah jam dari waktu pertama direndam. Serat kain drill biasanya akan lebih mudah rusak jika direndam terlalu lama.
  3. Cuci dan keringkan kemeja drill seperti anda mencuci pakaian biasa kemudian keringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.
  4. Perhatikan kelembapan bahan kain saat anda hendak menyetrika kemeja drill. Proses yang paling baik yaitu saat kemeja drill masih lembap namun tidak terlalu basah.
  5. Hindari menyetrika kemeja drill dengan panas yang terlalu tinggi dan jangan terlalu lama menempelkan permukaan setrika ke permukaan kain berbahan dasar kain drill.
  6. Simpan pakaian seragam atau kemeja drill dalam almari dengan menggunakan hanger untuk mencegah timbulnya lipatan yang tidak enak dilihat dan membuat tampilan kemeja jadi kurang menarik.

Kemeja Linen

Kemeja linen merupakan jenis kemeja yang bahannya dibuat dari serat alami tumbuhan rami atau pohon flax (Linum usitatissimum). Khusus untuk membuat kain linen bagian yang diambil bukanlah bunganya melainkan kulit pohonnya. Seperti halnya kain katun kain linen untuk kemeja ini umumnya memiliki sifat yang cukup sejuk dan nyaman. 

Kemeja Pria

Sumber : https://johnhenric.com/

Supaya kemeja linen yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya terapkan beberapa cara berikut untuk merawatnya.

  1. Biasakan untuk segera membersihkan kemeja linen bila terkena noda atau kotoran, agar noda tersebut tidak semakin menempel pada serat kain dan menjadi susah dihilangkan.
  2. Untuk membersihkan noda pada bahan linen selalu gunakan sabun atau detergen berbahan lembut yang dicampur dengan air bersuhu sedang antara hangat hingga panas.
  3. Untuk mencuci kemeja linen anda bisa memilih untuk menggunakan tangan maupun mesin cuci. Kalau ingin memakai mesin cuci, gunakan tingkat putaran yang lembut (gentle cycle).
  4. Selesai melakukan pencucian segera keringkan kemeja linen di bawah sinar matahari.
  5. Untuk merapikan permukaan linen yang sedikit kusut sebaiknyay setrika bahan tersebut dalam keadaan sedikit basah (lembab) , karena kalau terlalu basah panas dari setrika justru dapat membakar serat kainnya.
  6. Cara terbaik untuk menyimpan kemeja linen adalah dengan cara digantung agar permukaan kainnya tidak menjadi kembali kusut.

Kemeja Batik

Kemeja batik menjadi salah satu jenis kemeja pria yang sangat populer di seluruh belahan dunia. Selain memiliki tampilan yang cukup menarik, motif dan warna kain batik yang unik juga semakin menambah eksklusif kemeja batik itu sendiri. Untuk jenisnya ada yang berupa kain batik tulis, kain batik cap dan kain batik jumputan. 

Kemeja Pria

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Punya banyak koleksi kemeja batik dalam almari pakaian anda?. Untuk menjaganya agar tetap awet sebaiknya hindari penggunaan sabun biasa karena justru akan membuat warnanya cepat pudar.

  1. Untuk mencuci kemeja batik sebaiknya gunakan sabun cuci khusus batik yang memiliki kandungan lerak. Jika memang tidak anda anda dapat menggunakan shampo sebagai gantinya.
  2. Hindari mencuci kemeja batik dengan mesin cuci karena akan mebuat warnanya menjadi mudah pudar , kalau bisa lebih baik cuci kemeja batik dengan menggunakan tangan.  
  3. Untuk mengeringkan kemeja batik jangan menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung, cukup diangin-anginkan di tempat yang teduh saja hingga kering.
  4. Bila anda ingin menambahkan wewangian pada kemeja batik hindari menyemprotkan parfum secara langsung pada kain batik tetapi lapisi dulu dengan kertas koran. Hal ini berlaku juga untuk kain batik yang berbahan sutra.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mudah merawat kemeja pria sesuai jenis bahannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Selamat mencoba tips dari kami sahabat Fitinline.

Tertarik untuk membuat kemeja pria sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar pola dan teknik menjahitnya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload video Cara Membuat Pola Kemeja dan Teknik Menjahit Kemeja dari kami.

Kalau anda ingin membuat kemeja dengan pola yang sudah jadi anda bisa juga mendownload pola kemeja siap pakai yang sudah Fitinline sediakan. 

  1. Pola Kemeja Pria (Standar)
  2. Pola Kemeja Kasual Reguler
  3. Pola Kemeja Kasual Slimfit

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.