Article

Homepage Article Kain 8 Alasan Mengapa Kain Rayon…

8 Alasan Mengapa Kain Rayon Twill Menjadi Kain Favorit Banyak Orang

Di antara banyaknya varian kain rayon yang ada, kain rayon twill dikenal sebagai salah satu bahan kain yang yang unik dan dapat digunakan untuk banyak keperluan. Untuk mengetahui apa saja keunggulan kain rayon twill dan produk yang dibuat dari bahan tersebut langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Rayon Twill

Kain rayon twill merupakan sejenis kain dari keluarga rayon yang dibuat dengan menggunakan pola keper sebagai jenis tenunannya, sehingga memiliki karakteristik khusus berupa motif diagonal searah / sejajar pada permukaannya. Karena mempunyai anyaman twill (miring) maka kain rayon twill ini umumnya juga lebih jatuh, tebal dan nyaman dipakai.

Kain Rayon Twill Kain Rayon Twill

Sumber : https://fitinline.com/

Keunggulan Kain Rayon Twill

Sama seperti bahan tekstil lainnya yang biasa digunakan sebagai bahan pakaian, kain rayon twill ini secara umum juga memiliki sejumlah keunggulan tersendiri. Beberapa keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain rayon twill untuk pelengkap gaya sehari-hari diantaranya:

1. Memiliki Tampilan Yang Khas

Kain rayon twill mempunyai tampilan yang sangat khas yakni bertekstur diagonal miring hanya saja ukurannya cenderung kecil.

2. Bahannya Sangat Adem

Kain rayon twill sangat adem dan cocok digunakan untuk iklim Indonesia yang cenderung panas karena bahan rayon sendiri terbuat dari serat buatan hasil regenerasi selulosa. Serat tersebut umumnya berasal dari pulp kayu yang terdiri dari unsur karbon, hidrogen dan oksigen.

3. Memiliki Handfeel Super Soft

Kain rayon twill memiliki handfeel yang super soft dan lembut karena terbuat dari full 100% serat rayon. Dengan karakteristik bahannya yang sedemikian lembut, kain ini akan terasa nyaman saat bersentuhan dengan permukaan kulit.

4. Ketebalan Kainnya Medium

Kain rayon twill memiliki tingkat ketebalan medium. Tekstur twill yang identik dengan garis-garis diagonal, membuat kain rayon twill terlihat lebih tebal dan lebih kuat dari pada bahan lain yang tidak memiliki tekstur twill.

5. Bahannya Tidak Menerawang

Kain rayon twill cenderung tiddak menerawang karena memiliki konstruksi benang yang rapat dan lumayan tebal. Ketika dijadikan sebagai bahan pakaian, kain rayon twill ini bahkan tidak perlu lagi tambahan furing atau lapisan lain didalamnya.

6. Bahannya Terkesan Jatuh

Kain rayon twill mempunyai anyaman miring (twill) jadi kainnya lebih jatuh. Meski demikian, saat digunakan sebagai bahan pakaian kain rayon twill ini tidak akan menempel di kulit dan tidak mencetak lekukan tubuh.

7. Warnanya Tidak Luntur

Kain rayon twill dibuat memakai pencelupan reactive sehingga warnanya akan terkunci  dengan baik di kain dan tidak mudah luntur. Walau sudah dicuci berulang kali, warnanya pun akan tetap cerah dan tidak terkesan kusam.

8. Tahan Terhadap Panas Setrika

Kain rayon twill tahan terhadap panas setrika. Hanya saja jika pemanasan dilakukan dalam waktu yang lama, maka serat rayon twill bisa berubah menjadi kekuningan.

Pemanfaatan Kain Rayon Twill

Terkait denggan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain rayon twill ini pada prinsipnya sangat populer digunakan untuk membuat berbagai produk yang menarik seperti kemeja, baju koko, blus, piyama, gamis, tunik, mukena, celana, kerajinan tangan, masker dan kebutuhan produk fashion lainnya.

1. Kemeja

Kemeja termasuk ke dalam jenis produk fashion yang dapat dibuat dari kain rayon twill. Tak hanya cocok dipakai untuk membuat kemeja pria, namun kain rayon twill ini bisa juga dipakai untuk membuat kemeja wanita.

Kain Rayon Twill

Sumber : https://id.carousell.com/

2. Baju Koko

Selain kemeja, kain rayon twill juga sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan baju koko yang memiliki ciri khas berkerah tegak.

Kain Rayon Twill

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Blus Wanita

Blus wanita juga termasuk ke dalam salah satu fashion item yang bisa dibuat dari kain rayon twill. Mau dipakai untuk acara formal maupun acara casual, blus yang diciptakan dari kain rayon twill ini akan membari kesan rapi pada penampilan.

4. Piyama

Berikutnya ada set piyama yang terdiri dari baju berkancing depan sementara bagian bawahnya dibuat dalam bentuk celana elastis. Piyama yang dibuat dari kain rayon twill ini sangat nyaman dipakai untuk tidur dan juga bersantai di rumah.

Kain Rayon Twill

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Gamis

Untuk pelengkap gaya penampilan saat lebaran, anda bisa memanfaatkan kain rayon twill sebagai bahan pembuatan gamis. Dengan karakteristik bahannya yang tidak menerawang gamis yang dibuat dari kain rayon twill pun tidak perlu lagi diberi tambahan furing.

Kain Rayon Twill

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Tunik

Kain rayon twill yang adem juga sangat ideal digunakan untuk membuat tunik. Beberapa model tunik kekinian yang bisa anda jadikan referensi dalam membuat tunik diantaranya: 

  • Simple tunik yang memilili potongan sederhana dan tidak terlalu banyak detail.
  • Tunik asimertis yang memiliki potongan tak simetris, kebanyakan di bagian bawahnya.
  • Tunik abaya yang diperoleh dari kombinasi antara tunik dan abaya.
  • Tunik ruffle yang dilengkapi dengan detail ruffle yang cantik.
  • Tunik full kancing yang memiliki bukaan dengan banyak kancing di bagian depan.

7. Mukena

Untuk keperluan ibadah kain rayon twill yang halus, lembut dan adem saat dipakai dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan mukena. Biar tampilannya makin cantik, mukena dari bahan rayon  twill bisa juga dikombinasikan dengan renda ataupun ruffle.

Kain Rayon Twill

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Simak juga Trend Mukena 2023 Yang Bisa Jadi Inspirasi Untuk Ramadhan dan Idul Fitri.

8. Celana

Fashion item berikutnya yang juga bisa dibuat dari kain rayon twill yakni berupa busana penutup tubuh bagian bawah dengan model kulot. Kulot yang dibuat dari bahan rayon twill inipun bisa dijadikan outfit andalan saat hangout atau sekedar bersantai di rumah.

9. Masker

Tak kalah menarik dari sejumlah fashion item yang sudah disebutkan di atas, kain rayon twill sebenarnya juga sangat bagus dipakai untuk membuat masker.

  • Masker dari kain rayon twill dapat digunakan ulang-ulang dan lebih ramah lingkungan.
  • Masker dari kain rayon twill dapat dicuci dan dikeringkan jadi lebih higienis.
  • Masker dari kain rayon twill tersedia dalam berbagai jenis dan warna, jadi mudah dipadupadankan sesuai dengan gaya pribadi.

Kain Rayon Twill

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan kain rayon twill lengkap dengan berbagai macam fashion item yang dibuat dari bahan tersebut. Dengan mengetahui banyaknya keunggulan yang dimiliki kain rayon twill semoga anda bisa lebih mudah menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai kebutuhan ya.

Butuh bahan kain rayon twill berkualitas dengan harga murah untuk membuat kemeja, blus, gamis, tunik dan berbagai model busana lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Rayon Twill (MTK) yang kami miliki.

Download juga Pola Baju dan Pola Masker siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat kemeja, baju koko, blus, gamis, celana kulot dan masker sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.