Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Menarik Tentang…

7 Fakta Menarik Tentang Warna Hijau Emerald dan Aplikasinya di Dunia Fashion

Dikenal sebagai salah satu elemen warna yang cukup populer dalam dunia fashion karena bisa memunculkan kesan mewah, warna hijau emerald yang biasa disebut pula dengan hijau zamrud ternyata juga menyimpan banyak sekali fakta unik dan menarik yang sayang jika anda lewatkan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Hijau Emerald

Emerald green alias warna hijau emerald merupakan salah satu turunan warna hijau yang lebih terang dan ringan serta memiliki unsur kebiru-biruan di dalamnya. Layaknya unsur warna yang lain, warna hijau emerald sebenarnya juga menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Hijau Emerald / Emerald Green

Sumber : https://rainbowsoflight.com/

Fakta Menarik Hijau Emerald

Mau tau apa saja fakta menarik yang dimiliki warna hijau emerald ini?. Untuk menjawab rasa penasaran anda simak pembahasan berikut yuk.

1. Asal Mula Nama Emerald

Eemerald sendiri penamaannya berasal dari bahasa inggris abad pertengahan yaitu “Emeraude”, bahasa prancis lama “Ésmeraude” dan bahasa latin abad pertengahan “Esmaraldus” yang berarti hijau atau permata hijau.

2. Nama Lainnya Hijau Zamrud

Warna hijau emerald alias emerald green biasa disebut pula dengan nama lain hijau zamrud karena dari segi tampilan memang sangat identik dengan warna khas batu permata zamrud.

  • Warna emerald merupakan representasi dari warna batu permata zamrud.
  • Warna emerald resmi dijadikan sebagai nama warna pada tahun 1598.

Zamrud sendiri termasuk mineral silikat beryl (mengandung beryllium) yang sebagian besar digunakan untuk cincin, anting-anting, gelang dan perhiasan lainnya. Warna hijaunya yang khas berasal dari senyawa kromium dan terkadang juga vanadium yang terkandung dalam mineral tersebut.

3. Termasuk Kedalam Warna Tua

Warna emerald termasuk ke dalam golongan hijau tua, tapi tentu saja warna ini secara umum memiliki perbedaan dengan warna hijau tua. Untuk masuk klasifikasi emerald suatu warna harus yang memiliki tone warna hijau ke hijau gelap.

4. Kesan Yang Ditampilkan Beragam

Karena terinspirasi dari batuan berharga, warna hijau emerald sering dikaitkan atau diasosiasikan dengan kemewahan. Padahal selain menampilkan kesan mewah, warna ini sebenarnya juga dapat memberikan berbagai kesan yang berbeda tergantung pada persepsi masing-masing individu.

  • Warna hijau emerald sangat lekat dengan kesegaran, karenanya dapat menciptakan kesan fresh.
  • Warna hijau emerald dapat menimbulkan perasaan yang stabil, dan memberikan keyakinan diri yang kuat.
  • Warna hijau emerald dapat digunakan untuk menciptakan keseimbangan, baik fisik maupun emosional.
  • Warna hijau emerald dapat memberikan perasaan damai dan kebahagiaan.
  • Warna hijau emerald dapat menimbulkan perasaan kedamaian dan ketenangan.

Hijau Emerald / Emerald Green

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Mewakili Irlandia (Emerald Island)

Warna emerald atau hijau zamrud juga mewakili Irlandia, sebuah negara yang terletak di bagian barat laut benua Eropa. Irlandia sendiri sering disebut sebagai pulau zamrud (Emerald island) karena pemandangan hijau pada pedesaan di negara tersebut memang sangat kental.

Selain Irlandia kata zamrud juga menjadi perumpamaan dari alam Indonesia yang subur dan indah. Sebab jika dilihat dari atas, Indonesia yang dikelilingi hutan, pegunungan, hingga sabana, tampak hijau dan menyejukkan layaknya batu zamrud.

6. Punya Banyak Turunan Warna

Warna hijau emerald punya banyak turunan, sebut saja paolo veronese green, spanish emerald, vivid emerald dan iluminating emerald. Tergantung pada campuran dan intensitas warna hijau, turunan hijau emerald umumnya memiliki nuansa yang berbeda-beda namun semua masih mengandung nuansa hijau yang khas.

7. Warna Emerald Dalam Fashion

Terkait dengan aplikasinya dalam dunia fashion, warna hijau emerald sendiri sangat cocok dipadupadankan dengan beberapa warna lainnya, seperti warna putih, warna emas atau perak, warna hitam, warna pink, warna biru, warna kuning dan warna beige.

  • Kombinasi hijau emerald dengan warna putih akan menciptakan kesan yang segar dan natural.
  • Kombinasi hijau emerald dengan emas atau perak akan menambah kesan elegan dan mewah pada warna hijau emerald.
  • Kombinasi hitam dan hijau emerald akan menambah kesan kontras yang menarik.
  • Kombinasi hijau emerald dan pink akan menciptakan kesan yang romantis dan feminin.
  • Kombinasi hijau emerald dengan warna biru akan membuat kesan yang segar.
  • Kombinasi hijau emerald dengan warna kuning dapat menciptakan kesan ceria dan hangat.
  • Kombinasi hijau emerald dan warna beige bisa menciptakan kesan calm dan elegan tanpa berlebihan.

Hijau Emerald / Emerald Green

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain itu warna hijau emerald atau hijau zamrud juga akan terlihat bagus jika dipadupadankan dengan warna lime green meskipun keduanya sama-sama termasuk ke dalam jenis warna yang sangat bold.

Padupadan Outfit Hijau Emerald

Tertarik untuk memasukan unsur hijau emerald ke dalam gaya penampilan anda?. Buat anda yang lebih suka tampil simple dengan berbagai outfit sederhana, anda bisa mencoba untuk memadupadankan sweater dengan boyfriend jeans. Perpaduan sweeter warna emerald green dengan celana jeans longgar akan membuat penampilan anda semakin menarik dipandang.

Hijau Emerald / Emerald Green

Sumber : https://www.buzzfeed.com/

Untuk menciptakan look yang anggun dan elegan saat menghadiri acara resmi atau pesta, anda bisa mencoba dress dengan warna hijau emerald yang glamor. Setelahnya tambahkan aksesoris dari bahan perak atau emas agar penampilan anda makin terlihat elegan.

Hijau Emerald / Emerald Green

Sumber : https://www.popsugar.co.uk/

Untuk anda yang mau tampil sedikit beda saat hangout, anda bisa memadupadankan blus hijau emerald  yang distyling dengan cara diikat pada bagian ujungnya dengan celana kulot yang dibuat dalam model highwaist. Biar makin keren tambahkan pula tas dan topi yang berwarna netral.

Hijau Emerald / Emerald Green

Sumber : https://id.pinterest.com/

Look berikutnya yang bisa anda coba yaitu padupadankan kaos warna putih dengan setelan blazer dan rok yang dibuat dari bahan yang sama yakni bahan berwarna hijau emerald.

Hijau Emerald / Emerald Green

Sumber : https://id.pinterest.com/

Cara lain kenakan kaos warna hijau emerald dengan setelan blazer dan celana yang bermotif kotak-kotak. Setelahnya tambahkan pula high heels atau sneakers yang sesuai dengan personal style anda.

Hijau Emerald / Emerald Green

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk mendapatkan tampilan yang edgy sekaligus seksi, cukup padupadankan dress warna hijau emerald dengan knee high boots dan coat yang berwarna netral.

Hijau Emerald / Emerald Green

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain menerapkan sejumlah tips di atas, anda bisa juga memadupadankan kaos motif stripe dengan celana hitam dan outer warna emerald green. Dengan cara ini pastinya penampilan anda akan berubah jadi tampak semakin standout.

Hijau Emerald / Emerald Green

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta unik dan menarik seputar warna hijau emerald atau emerald green yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui sejumlah fakta-fakta yang sudah disebutkan di atas semoga pengetahuan anda tentang unsur warna jadi semakin bertambah.

Butuh bahan pewarna batik berkualitas dengan harga murah untuk mewarnai kain?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Pewarna Kain Sintetis yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.