Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Memilih Baju Jersey…

7 Tips Memilih Baju Jersey Yang Keren Untuk Olahraga Futsal

Dalam melakukan aktifitas olahraga apapun termasuk futsal, menggunakan baju jersey yang nyaman jelas menjadi suatu hal penting yang dibutuhkan oleh banyak orang. Maka dari itu untuk mendapatkan kenyamanan saat berolahraga penting bagi anda untuk memilih baju yang tepat baik dari segi bahan, ukuran dan modelnya.

Pengertian Jersey Futsal

Baju jersey futsal merupakan baju yang dirancang khusus untuk olahraga futsal. Sebuah permainan  bola beregu yang dimainkan oleh dua tim dan masing-masing tim tersebut beranggotakan 5 orang. Selain membuat tampilan menjadi lebih keren jersey futsal ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri pemakainya.

Jersey Futsal

Sumber : https://www.hbfarena.com.au/

Jersey futsal sendiri secara umum tersedia dalam berbagai macam model yang berbeda, beberapa ada yang dilengkapi dengan lengan raglan namun ada juga yang dilengkapi dengan lengan setali.

  1. Lengan licin merupakan lengan yang dijahitkan pada lingkar kerung lengan.
  2. Lengan raglan merupakan lengan yang dijahitkan dari garis leher menuju ketiak.

Jersey Futsal

Sumber : https://www.theguardian.com/

Fungsi Jersey Futsal

Sebagai pelengkap gaya penampilan, saat ini sangat banyak jersey futsal keren yang didesain dalam berbagai model dan warna tetapi pada intinya semua memiliki fungsi yang sama. Beberapa fungsi utama dari jersey futsal yang perlu anda ketahui diantaranya:

  1. Sebagai tanda pengenal antara lawan dan juga kawan, sehingga para pemain futsal tidak akan salah bila nantinya ingin mengoper bola kepada kawan.
  2. Membuat pemain menjadi lebih nyaman dan percaya diri saat bertanding di lapangan.
  3. Jersey futsal berguna untuk melindungi tubuh agar tetap aman dan terlindung bila terjadi cidera yang tidak diinginkan.

Kriteria Jersey Futsal

Untuk memaksimalkan performa dari para pemain futsal, jersey yang digunakan dalam permainan futsal inipun minimal harus memenuhi sejumlah kriteria khusus. Kriteria jersey futsal yang bagus untuk aktifitas olahraga diantaranya:

  1. Memiliki desain yang keren namun tetap terasa nyaman saat dikenakan.
  2. Terbuat dari bahan yang mampu menyerap keringat, lembut dan tidak kaku sehingga membuat pemakainya jadi lebih bebas bergerak dan nyaman saat di lapangan.
  3. Tekatur kainnya enak dan lembut untuk disentuh. Kelembutan dalam bahan pakaian ini sangat mempengaruhu tingkat kenyamanan baju jersey.
  4. Memiliki jahitan yang rapi dan kuat sehingga tidak mudah robek.
  5. Memiliki ukuran yang sedikit lebih longgar dari ukuran badan supaya tetap terasa nyaman saat dipakai untuk berolahraga.
  6. Memiliki tanda pengenal dengan nama dan juga nomor punggung yang berbeda-beda.
  7. Ringan, mudah dibersihkan, tidak mudah kusut dan cepat kering saat dijemur.

Tips Memilih Jersey Futsal

Biasa memilih baju jersey futsal hanya berdasarkan warna yang anda suka namun hal ini justru membuat anda mengabaikan faktor kenyamanannya?. Mulai dari sekarang sebaiknya anda berfikir ulang karena kenyamanan dalam berolahraga tidak hanya dipengaruhi oleh warna pakaian saja tapi juga bahan dan jahitannya.

1. Pilih Yang Nyaman Digunakan

Pilih kaos futsal yang nyaman digunakan agar anda bisa bergerak lebih leluasa dan tidak merasa terbatasi saat bermain futsal di lapangan. Dengan memakai jersey futsal yang nyaman aktifitas yang anda lakukan pasti juga akan berjalan dengan baik dan lebih menyenangkan.

Jersey Futsal

Sumber : http://www.thefa.com/

2. Pilih Bahan Yang Tepat

Untuk menunjang aktifitas di lapangan sebaiknya pilih bahan jersey futsal yang nyaman, mudah menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan begitu keringat yang keluar dari dalam tubuh anda bisa dengan cepat diserap ke luar pakaian.

  • Jersey futsal hendaknya dibuat dari bahan kain yang lentur dan tidak mengganggu  ruang gerak pemakainya.
    • Jersey futsal yang lentur tidak akan menggangu gerakan saat berlarian di lapangan.
    • Selain itu jika modelnya lentur andapun akan merasa nyaman mengenakannya saat berolahraga.
  • Bahan jersey futsal yang baik tidak boleh menyimpan dan menahan kelembaban tetapi harus mampu melakukan penguapan dengan baik jadi harus dipilih yang berpori dan memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Bahan kain yang dipilih untuk membuat jersey futsal minimal harus memiliki daya serap keringat yang bagus dan terasa nyaman saat dipakai.
  • Memberikan efek lebih sejuk dan tidak panas saat digunakan berolahraga.
  • Ringan dan mudah dilipat menjadi kriteria berikutnya yang harus dimiliki bahan jersey futsal.
  • Bahan jersey futsal sebaiknya juga tidak mudah kusut agar tampilannya senantiasa terlihat rapi meski digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Terkait dengan bahan kain yang dapat dipakai untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain yang biasa dijadikan jersey futsal keren, mulai dari kain drifit, kain hyget dan kain lotto.

a. Kain Drifit

Kain drifit merupakan salah satu jenis bahan jersey olahraga yang biasa terbuat dari serat polyester, nilon dan campuran katun. Sebagai bahan pembuatan kaos jersey, kain drifit secara umum tersedia dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Drifit Mtiis

Drifit mtiss merupakan salah satu jenis kain drifit yang berpori-pori zig-zag dan berkarakteristik halus, sangat lembut, ringan dan mudah menyerap keringat.

  • Drifit Nike

Drifit nike merupakan salah satu varian dri fit yang berpori-pori seperti lubang jarum. Kain ini sangat populer untuk membuat pakaian olahraga.

  • Drifit Polymesh

Drifit polymesh yang juga dikenal dengan drifit wafel merupakan jenis drifit yang bertekstur seperti kue waffle dan cukup elastis.

  • Drifit MU

Drifit MU merupakan varian drifit yang memiliki motif seperti sisik ikan. Kain ini secara umum bersifat sangat ringan dan adem.

  • Drifit Ferrari

Drifit ferrari merupakan jenis drifit yang memiliki pori-pori rapat namun berkarakter ringan dan lembut. Kain ini juga mempunyai daya serap dan stretch yang tinggi.

  • Drifit Sulkul

Kain drifit sulkul yang juga dikenal dengan nama drifit bobin secara umum bertekstur lembut dan sejuk sehingga sangat pas untuk membuat kaos olahraga.

  • Drifit Jala Erbin

Drifit jala erbin memiliki pori-pori seperti lubang jarum dengan tekstur lembut sehingga sangat pas digunakan untuk membuat pakaian olahraga.

  • Drifit Smash

Drifit smash dikenal sangat baik menangkal sinar UV dan menghalau bakteri yang menimbulkan bau tidak sedap saat berolahraga.

  • Drifit Wave

Sama halnya seperti drifit smash, kain yang satu ini juga sangat baik dalam menangkal UV dan termasuk anti bakteri.

  • Drifit Rabbit

Terakhir ada kain drifit rhabit yang fungsinya sama dengan drifit wave maupun smash, yakni memiliki anti UV dan anti bakteri. Ketiganya hanya dibedakan dari corak masing-masing saja.

b. Kain Hyget

Kain hyget merupakan sejenis bahan kaos yang dibuat dari campuran polyester dan cotton tetapi lebih tipis. Bahan hyget terbaik yang banyak digunakan untuk membuat kaos-kaos olahraga yaitu berupa hyget super, hyget serena dan hyget spandek.

c. Kain Lotto

Kain lotto merupakan sejenis kain yang memiliki karakteristik yang halus dan lemas. Pakaian yang dibuat dari kain lotto cocok dipakai untuk semua jenis cuaca, baik dalam suhu panas ataupun lembab karena jenis bahannya yang memiliki daya serap tinggi.

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey futsal atau pakaian olahraga lainnya?. Sebagai bahan referensi sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drifit, Kain Lotto dan Kain Hyget kami Di Sini.

Jersey Futsal

Sumber : https://www.edgesoccertraining.com/

3. Pilih Sesuai Kebutuhan

Pastikan anda memilih desain jersey yang anda sukai karena hal tersebut dapat mempengaruhi mood anda saat bertanding di tengah lapangan futsal.

  • Untuk meningkatkan kualitas penampilan supaya makin keren sebaiknya pilih baju jersey futsal dengan desain warna dan corak yang simpel dan tidak terlalu ramai.
  • Hindari juga memilih baju futsal dengan banyak pola jahitan agar baju yang anda miliki  nantinya lebih awet saat digunakan.

4. Pilih Yang Ukurannya Pas

Sebisa mungkin pilih baju jersey futsal yang pas dan sesuai dengan ukuran badan anda. Idealnya jersey futsal ini harus sedikit longgar supaya bisa memberikan rasa rasa nyaman pada penggunanya saat berolahraga.

Unsur paling penting yang harus diperhatikan untuk mendapatkan ukuran kaos jersey futsal yang tepat yaitu:

  • Sambungan bahu kaos harus berada pas di sudut bahu, tidak jatuh namun juga tidak berada diatas bahu.
  • Untuk kaos futsal yang berlengan pendek ujungnya harus berada pas di tengah antara bahu dan siku.
    • Jika ujungnya menyentuh siku berarti lengan kaos terlalu panjang atau kebesaran.
    • Jika lengannya sangat pendek maka ketiak akan dapat terlihat.
  • Panjang kaos futsal yang baik harusnya tidak melebihi batas pingang.
    • Jika bagian bawah kaos mengatung sampai pinggang dan celana dapat terlihat berarti kaos tersebut terlalu pendek atau kekecilan.
    • Jika kaos saat dikenakan jatuhnya sampai paha berarti kaos tersebut terlalu panjang.

Jersey Futsal

Sumber : https://sportsregras.com/

5. Sesuaikan Dengan Budget

Untuk menghemat pengeluaran sebaiknya sesuaikan harga jersey futsal yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan. Jangan sampai hanya demi mendapatkan baju jersey futsal yang harganya sangat mahal lantas anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain.

  • Biasakan untuk membeli baju jersey futsal yang benar-benar berkualitas baik sehingga anda tidak asal membeli jersey futsal karena harganya murah.
  • Kalau anda ingin mendapatkan jersey futsal yang berkualitas tapi dari segi harga tetap terjangkau anda bisa bandingkan dulu dengan model jersey futsal yang sejenis.
  • Tidak masalah bila anda anda membeli jersey futsal dengan harga miring, asal kualitasnya bagus pasti pakaian tersebut akan tetap terasa nyaman saat dikenakan.

6. Utamakan Kualitas Jersey Futsal

Untuk anda yang berencana membeli jersey futsal, utamakan kualitas ketimbang kuantitasnya. Jangan sampai hanya karena tergiur dengan harga pakaian yang murah lantas anda mengorbankan kenyamanan saat berolahraga.

Untuk investasi tidak ada salahnya bila anda membeli satu atau dua jersey futsal asli dengan branded ternama. Brand bisa mempengaruhi gaya penampilan kamu dan dengan jersey branded anda bisa menginvestasikan jersey tersebut, siapa tahu suatu saat anda ingin menjualnya kembali.

Jersey Futsal

Sumber : https://www.adidas.co.uk/

7. Teliti Jahitan Baju Futsal

Telitilah jahitan baju futsal sebelum anda membelinya. Untuk memastikan bahwa jersey futsal yang anda beli memang benar-benar berkualitas baik perhatikan bentuk jahitanya. Jersey futsal yang bagus seharusnya dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus.

  • Jahitan jersey futsal yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng,  tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Obrasan pada tepi jersey futsal harus memiliki bentuk yang halus dan rapi serta warna benang yang disesuaikan dengan warna kain yang dijahit.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang maupun pelengkap lainnya.

Tips Merawat Jersey Futsal

Sudah menemukan jersey futsal yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda?. Supaya jersey futsal keren yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya usahakan untuk selalu merawat jersey tersebut dengan cara yang baik dan benar.

Beberapa cara paling mudah yang dapat diterapkan untuk merawat baju jersey futsal diantaranya:

  1. Cuci baju jersey futsal secara manual jangan menggunakan mesin cuci.
    • Baju jersey futsal kurang cocok dicuci dengan mesin cuci karena sebagian besar kainnya memiliki karakter padat dan berpori besar.
    • Supaya lebih awat sebaiknya cuci baju jersey dengan cara manual yakni menggunakan tangan.
  2. Siapkanlah sebuah ember lalu diisi air dingin kira-kira setengahnya lalu taburkan deterjen kira-kira setengah genggaman. Jika sudah aduk detergen hingga rata sampai semua butiran-butirannya larut bersama air.
  3. Masukkan jersey futsal ke dalam ember yang telah berisi air yang dicampur deterjen tadi lalu diamkan selama beberapa saat. Untuk mengangkat kotoran yang menempel pada baju jersey waktu perendaman yang disarankan jangan sampai lebih dari 5 menit.
  4. Bilas jersey futsal dengan cara memasukkannya ke dalam ember yang berisi air bersih, lalu angkat dan celupkan berulang-ulang sampai deterjen dan buih deterjen hilang.
  5. Sebaiknya hindari kebiasaan memeras atau memelintir baju jersey setelah proses pencucian, karena dapat menyebabkan kusut dan membuat sablon kaos menjadi rusak.
  6. Untuk mengeringkan jersey futsal jangan menjemurnya dibawah terik sinar matahari langsung. Sebagai gantinya anda bisa menjemur jersey futsal dengan cara diangin-anginkan saja di tempat yang bersih dan tidak terpapar sinar matahari.
  7. Bila anda ingin menyetrika jersey futsal, gunakanlah suhu setrika yang rendah (tidak terlampau panas). Lebih bagus lagi lapisi bagian atas jersey futsal dengan selembar kain supaya jersey tidak kontak langsung dengan setrika dan sablonnya tidak cepat rusak.
  8. Simpan jersey futsal keren yang anda miliki dengan cara menggantungnya. Dengan cara tersebut, maka sablon yang terdapat pada jersey futsal anda terhindar dari kerusakan akibat terkelupas atau retak.

Kesimpulan

Dari berbagai tips di atas bisa diketahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih jersey futsal keren. Hal terpenting yang perlu diingat, untuk mendapatkan kenyamanan saat berolahraga usahakan untuk selalu memilih baju jersey yang lentur dan mudah menyerap keringat, memiliki jahitan yang bagus.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda dalam memilih baju jersey futsal keren yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan jersey atau bahan lainnya untuk membuat pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.